Logo Daihatsu
Menu

Cara Membersihkan Blok Mesin Dengan Sitrun Cepat Mudah dan Murah

Otomotif

2021-08-06

membersihkan blok mesin mobil

Tahukan Anda, ternyata sitrun yang dijual hanya dengan harga Rp 2.000,00 bisa digunakan untuk membersihkan blok mesin? Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai cara membersihkan blok mesin dengan sitrun yang patut dicoba.

Untuk membersihkan blok mesin biasanya Anda harus pergi ke bengkel atau tempat pencucian. Namun tidak ada salahnya untuk belajar dan mencoba untuk membersihkan blok mesin sendiri di rumah.

Anda bisa mencoba membersihkan blok mesin sendiri di rumah dengan menggunakan produk sitrun atau citric acid. Selain sangat mudah Anda juga bisa mengurangi biaya perawatan kendaraan, dengan menggunakan cara ini.

Cara Mudah Membersihkan Blok Mesin dengan Sitrun di Rumah

Sitrun atau citric acid merupakan benda yang sangat mudah ditemukan di rumah dan juga toko – toko terdekat. Biasanya sitrun digunakan untuk membersihkan noda membandel yang ada di pakaian.

Mungkin sampai saat ini belum banyak orang yang tahu bahwa ternyata sitrun juga bisa digunakan untuk membersihkan blok mesin. Senyawa kimia yang satu ini diketahui bisa membersihkan kotoran pada mesin seperti sisa minyak, oli, bahkan juga bisa untuk membersihkan karatan. 

Berikut cara membersihkan blok mesin dengan sitrun yang wajib Anda coba :

Siapkan peralatan dan bahan

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan pertama untuk membersihkan blok mesin sendiri di rumah adalah menyiapkan peralatan dan bahan. Untuk membuat cairan pembersih Anda hanya membutuhkan sitrun, deterjen, dan air bersih.

Dan untuk peralatannya siapkan ember, lap kain, sikat, dan kuas. Keempat peralatan ini tentu sangat mudah ditemukan di rumah bukan. Jadi Anda tidak perlu bingung jika ingin mencoba membersihkan blok mesin secara mandiri di rumah.

Cara membuat cairan pembersih

Setelah bahan cairan pembersih dan peralatan tersedia lengkap, saatnya Anda mulai membuat cairan pembersih. Berikut rincian mudah bagaimana cara membuat cairan pembersih blok mesin dari sitrun.

  • Sediakan air pada ember jangan terlalu banyak.
  • Kemudian larutkan sitrun pada air sampai benar – benar menyatu.
  • Jika sitrun sudah larut dalam air tambahkan detergen pada ember, kemudian aduk sampai berbusa.

Cara membersihkan blok mesin dengan sitrun

Lalu, Anda bisa langsung menggunakannya untuk membersihkan blok mesin. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membalurkan cairan pembersih pada seluruh bagian mesin.

Untuk membersihkan blok mesin yang berkarat, Anda bisa membersihkannya dengan cara menyikat bagian tersebut dengan cairan pembersih dari sitrun. Sikat secara perlahan dan merata pada seluruh bagina mesin sampai benar – benar bersih.

Jika Anda menginginkan kendaraan yang bersih dan mengkilap, ulangi cara ini selama beberapa kali. Bersihkan kendaraan dan mesin dengan cairan pembersih sitrun secara rutin minimal satu minggu sekali.

Sekarang Anda bisa mencoba untuk membuat cairan pembersih blok mesin dari sitrun. Membersihkan kendaraan dan blok mesin dengan sitrun akan memberi Anda banyak sekali keuntungan.

Yaitu biaya membersihkan blok mesin yang lebih murah, dan proses pembersihan yang pastinya lebih cepat. Jadi jangan ragu untuk mencoba membuat cairan pembersih blok mesin dari sitrun untuk membersihkan kendaraan Anda sendiri.

Daihatsu merupakan salah satu contoh merk kendaraan dengan perawatan yang mudah. Anda juga bisa membersihkan blok mesin Daihatsu hanya dengan cairan pembersih dari sitrun. Produk kami bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan kendaraan sehari – hari dengan perawatan yang praktis dan terjangkau.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Hitung Pajak Mobil Tahunan dan 5 Tahunan

2020-11-17

Saat ingin membayar pajak, menghitung besaran pajak mobil tahunan dan 5 tahunan adalah langkah terbaik. Selain nggak bikin bingung harus menyiapkan dana berapa, Sahabat juga bisa melihat rinci biay

thumbnail

Memahami Pentingnya Injector Cleaner Mobil dan Cara Membersihkannya

2021-02-28

Injector cleaner adalah perangkat yang fungsinya untuk membersihkan sekaligus mencegah lubang pin injector dari sisa residu pembakaran bahan bakar.

thumbnail

Plat R dari Kota Apa? Simak Informasinya Disini!

2024-01-15

Ketika melakukan perjalanan terkadang pengemudi sering melihat beragam plat nomor dengan awalan huruf tertentu. Hal tersebut, terkadang membuat penasaran apabila mel

thumbnail

Ketahui Sebelum Celaka, Ini Ciri Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

2021-01-07

Lazimnya, pemilik mobil bijak akan memperhatikan performa kendaraannya terutama pada komponen yang dimilikinya. Misalnya saja kom