Logo Daihatsu
Menu

Cara Membuat Disinfektan Sendiri dengan Bahan-Bahan yang Mudah Didapat

Tips & Trick

2021-08-08

membuat disinfektan

Dunia sedang diguncang oleh wabah yang cukup mematikan, begitulah kiranya gambaran yang terjadi saat ini. Banyak orang mengalami panic buying akan pembelian cairan disinfektan. Padahal ada berbagai cara membuat disinfektan sendiri yang mudah dilakukan. 

Harga cairan disinfektan memang lumayan mahal, padahal perorangan membutuhkan cairan tersebut dalam jumlah banyak. Tak heran, jika ada banyak orang yang memilih untuk membuat disinfektan sendiri daripada membelinya. 

Bagi sahabat Daihatsu yang butuh mengetahui cara membuat disinfektan sendiri, pastikan untuk membaca artikel ini hingga selesai. Karena kami akan memberikan cara membuat disinfektan yang praktis dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. 

Cara Membuat Disinfektan Sendiri yang Mudah dan Praktis

Cairan disinfektan adalah jenis cairan yang bisa digunakan untuk membasmi bakteri dan virus yang menempel pada barang-barang di lingkungan sekitar. Jenis cairan ini berbahaya jika sampai masuk ke sistem pencernaan makhluk hidup, namun sangat ampuh membasmi virus. 

Inilah mengapa ada banyak orang yang ingin membeli cairan disinfektan untuk melakukan sterilisasi terhadap barang-barang pribadi mereka. Padahal cairan ini juga diutamakan untuk penggunaan pihak medis, dan kini cairan disinfektan mengalami kelangkaan akibat panic buying

Harga dari cairan disinfektan yang ada di pasaran memang cukup tinggi sekarang ini. Oleh karena itu Anda disarankan untuk membuat cairan disinfektan sendiri. Berikut ini beberapa langkah mudah untuk melakukannya : 

1. Persiapkan alat dan bahan pembuatan cairan disinfektan 

Ketika akan membuat cairan disinfektan, pastikan alat dan bahannya juga dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut ini berbagai alat dan bahan pembuatan cairan disinfektan : 

  • Cairan pemutih
  • Air
  • Botol semprotan
  • Lap

2. Pastikan kadar cairan tersebut sesuai 

Ketika Anda membeli cairan pemutih, pastikan untuk melihat kadarnya terlebih dahulu. Jika kadar dari cairan pemutih tersebut terlalu pekat, pastikan untuk membuat cairan tersebut tak terlalu pekat. Contohnya, dengan cara mencampurkan air pada cairan pemutih yang telah dipersiapkan. 

3. Tuang cairan ke dalam botol semprot 

Langkah terakhir, pastikan untuk menuangkan cairan tersebut pada botol semprot yang telah disiapkan. Jika tumpah, lap cairan tersebut dari lantai atau permukaan benda yang terkena tumpahan cairan disinfektan. 

Dengan langkah mudah pembuatan cairan disinfektan tersebut, nantinya Anda bisa lebih mudah mendapatkan cairan disinfektan dengan harga terjangkau. Anda pun tak perlu lagi mengantre di apotik atau pusat penjualan cairan disinfektan untuk membersihkan ruangan atau lingkungan. 

Tips Penggunaan Cairan Disinfektan 

Keberadaan cairan disinfektan memang sangat diperlukan untuk membasmi virus penyebab COVID19. Seiring dengan semakin langkanya produk disinfektan, pastinya Anda tidak bisa bermain-main ketika menggunakan cairan ini. 

Berikut tips penggunaan cairan disinfektan yang perlu sahabat Daihatsu baca : 

  1. Hindari kontak langsung antara cairan disinfektan dengan kulit, karena bisa menyebabkan cedera.
  2. Pastikan untuk menyemprotkan cairan disinfektan hanya pada berbagai jenis barang yang tidak untuk dikonsumsi, selain itu memiliki sifat yang tahan air.
  3. Jika perlu, pastikan untuk membersihkan permukaan benda dengan deterjen atau sabun terlebih dahulu sebelum disemprot disinfektan. Hal ini bermanfaat untuk memperkuat efek dari cairan tersebut.

Itulah berbagai cara membuat disinfektan sendiri yang perlu Anda tahu. Pastinya, membuat cairan disinfektan untuk mensterilkan ruangan dan benda-benda di lingkungan Anda tak terasa begitu sulit. Jadi, pastikan untuk melakukan praktek pembuatan disinfektan sendiri agar biaya yang perlu dikeluarkan tak terlalu banyak. 

Salam sehat!


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jaga Temperatur Mobil Agar Tetap Dingin dengan 6 Cara

2020-08-22

Saat berkendara ditengah teriknya matahari, kadang Sahabat merasa tidak nyaman dengan panas yang bisa meningkatkan suhu didalam mobil meskipun Sahabat sudah menggunakan

thumbnail

Cara Belajar Efektif untuk Dibiasakan Setiap Hari

2020-11-10

Setiap orang pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Pernahkan melihat teman yang sepertinya tidak pernah belajar, tapi selalu memahami materi dengan cepat? Di sisi lain, materi yang sudah d

thumbnail

4 Fungsi Epoxy yang Perlu Diketahui

2021-01-14

Memodifikasi motor kesayangan tidak hanya meningkatkan tampilannya semata, namun juga memberikan perlindungan unggul untuk setiap part kendaraan. 

thumbnail

Tips Jualan di Facebook Marketplace, biar Laris Manis

2021-01-25

Tak hanya berfungsi sebagai media sosial, kini Facebook juga bisa digunakan untuk menjual atau mencari barang yang Sahabat perlukan melalui Facebook Marketplace.