Logo Daihatsu
Menu

Cara Membuat Grill Mobil Sendiri, Menentukan Desain Sesuai Selera

Otomotif

2021-03-17

membuat grill

Grill mobil adalah komponen luar yang kerap kali menjadi komponen yang bisa dipamerkan karena mobil tampak lebih gagah. Terlebih, bagi pecinta otomotif dan menyukai untuk memodifikasi kendaraan, grill menjadi komponen yang harus dirawat dengan baik bahkan banyak yang tahu cara membuat grill sendiri.

Loh? Bisa? Bisa dong. Sahabat bisa membuat grill sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan di toko otomotif atau bengkel. Untuk tahu cara membuat grill mobil sendiri, Sahabat bisa menyimak penjelasan berikut ya.

Menentukan Desain Grill yang Diinginkan

Langkah pertama dari cara membuat grill mobil sendiri adalah dengan mengetahui desain grill yang Sahabat inginkan. Apakah cukup dengan ventilasi besar dari potongan baca atau juga harus menggunakan jaring kasa.

Sahabat bisa mencari tahunya di internet. Cari desain yang memang dirasa sesuai selera. Jika memang ini adalah pertama kali membuat, cari desain yang memang mudah dibuat.

Membeli Bahan untuk Grill Baru

Ketika sudah tahu desain grill yang akan dibuat, cara membuat grill mobil sendiri adalah dengan membeli bahan grill. Cari toko yang memang menjual perlengkapan otomotif yang lengkap.

Mungkin Sahabat membutuhkan mesh grill untuk mempercantik desain grill yang akan dibuat. Mesh grill juga bisa digunakan untuk melindungi mesin mobil di belakang grill dari kayu atau batu yang bisa saja masuk dan merusak mesin. Mesh girl lebih memiliki bahan yang lebih tebal daripada jaring kasa dan tentu saja harganya lebih mahal.

Selain itu, yang sudah pasti Sahabat butuhkan adalah lem untuk merekatkan bagian-bagian grill. Jika dibutuhkan, Sahabat juga bisa saja memerlukan bahan fiber.

Tonton Cara Membuat Grill Mobil Sendiri di Youtube

Zaman semakin canggih dengan kemajuan teknologinya. Nah, mungkin saja Sahabat kesulitan dalam membuat grill, Sahabat bisa mencari video cara membuat grill mobil sendiri di youtube. Dari sana, Sahabat pasti akan tahu bagaimana langkah-langkah yang baik dan aman.

Dengan mencari video pembuatan grill mobil juga Sahabat bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan. Sahabat bisa terlebih dahulu mencari bahan di internet dan biasanya di video juga terdapat tips tambahan untuk menghemat biaya pembelian bahan.

Memodifikasi Grill Lama

Jika dirasa membuat grill dari awal hingga akhir dirasa kurang mampu, Sahabat bisa kok untuk memodifikasi grill yang lama supaya tampilannya lebih fresh. Yang pasti, Sahabat membutuhkan gergaji elektrik supaya lebih memudahkan.

Biasanya, untuk modifikasi, akan menghilangkan bagian grill yang dirasa kurang bagus. Bagian tersebut bisa digergaji untuk dicopot lalu digantikan dengan desain lain sehingga lebih tampak gagah.

Modifikasi juga bisa hanya berupa pengecatan ulang dengan menambahkan bagian tambahan, misal diberi jaring kasa supaya melindungi mesin mobil di belakang grill, misal seperti kayu atau batu.

Berhati-Hati saat Membuat Grill

Tidak semua orang terbiasa menggunakan peralatan bengkel sehingga bisa saja akan berbahaya dan melukai diri sendiri. Sahabat harus berhati-hati, terlebih ketika bahan yang Sahabat gunakan adalah baja yang proses pemotongannya harus menggunakan gergaji elektrik agar lebih presisi hasilnya.

Tidak hanya gergaji, beberapa peralatan lain seperti lem pun bisa berbahaya karena jenis lemnya tentu berbeda. Sebab, untuk bisa merekatkan besi lebih kuat harus menggunakan lem dengan daya rekat yang tinggi. Lem jenis ini memiliki efek panas yang lebih keras dibanding lem biasanya sehingga bisa melukai kulit jadi harus berhati-hati.

Itulah beberapa tips mengenai cara membuat grill mobil sendiri. Dengan membuatnya sendiri tentu saja Sahabat bisa lebih berkreasi, bukan? Hasilnya juga akan lebih memuaskan karena sesuai dengan keinginan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

2022-08-25

Cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum adalah hal yang perlu dilakukan. Saat aki basah sudah mulai tidak bisa menyimpan setrum lagi pasti terdapat masalah didalamnya.Seb

thumbnail

Tips Memilih Cover Mobil yang Tidak Merusak Cat

2021-01-19

Cover mobil yang tidak merusak cat merupakan dambaan bagi banyak pemilik mobil. Memilih cover mobil yang pas memang tidak mudah. Selain melihat dari sisi harga, merek, d

thumbnail

Beberapa Contoh Pengalaman Pahit Membeli Mobil Bekas dan Penyebabnya

2021-01-29

Membeli mobil bekas tak sepenuhnya menyenangkan. Kadangkala, pembeli suka mengalami pengalaman pahit yang bikin mereka kesal. Atau, bahkan sampai kapok untuk tidak membe

thumbnail

Panduan Belajar Mobil Manual bagi Para Pemula

2020-12-16

Panduan Belajar Mobil Manual bagi Para Pemula - Semenjak kehadiran mobil-mobil matic atau transmisi otomatis membuat lebih banyak orang beralih dari mob