Logo Daihatsu
Menu

Cara Membuat PPT yang Menarik agar Audiens Tertarik

Tips & Trick

2021-01-26

ppt menarik

PPT yang menarik sangat membantu kita dalam melakukan presentasi. Terutama, dalam menarik perhatian audiens. PPT yang menarik akan membuat audiens tertarik dan fokus menyimak presentasi yang hendak kita sampaikan.

Kalau Sahabat mau presentasi dan sedang ingin membuat PPT menarik, jangan abaikan artikel ini. Pasalnya, disini kami akan menyajikan cara-cara membuat PPT yang menarik. apa tahu bisa membantu Sahabat menghasilkan PPT menarik yang bikin audiens tertarik. Lalu, apa saja cara-cara tersebut?

Mempelajari Materi yang Hendak Disampaikan

Mungkin cara yang pertama ini tergolong klise. Namun, bagaimana bisa kita membuat PPT yang menarik tanpa tahu materi apa yang hendak kita sampaikan? Melakukan cara ini juga bisa membantu Sahabat untuk melakukan cara selanjutnya yang ada di bawah ini.

Buatlah Kata Kunci dari Materi yang Hendak Disampaikan

Setelah mempelajari materi yang hendak disampaikan, Sahabat mesti membuat kata kunci berdasarkan materi tersebut. Hal itu bisa membantu Sahabat untuk mengingat materi yang telah Sahabat pelajari. Terutama, saat nanti tengah presentasi.

Agar semakin mudah mengingatnya, Sahabat bisa menambahkan catatan kecil pada kata kunci tersebut. Pastikan catatan kecil itu ditulis dengan kalimat yang singkat dan mudah dipahami.

Manfaatkan Fitur Slide Master

Jika Sahabat membuat PPT via Microsoft Power Point, Sahabat bisa memanfaatkan fitur Slide Master. Fitur tersebut bisa membantu Sahabat menghasilkan latar PPT yang menarik secara konsisten. Dari slide awal hingga slide yang terakhir. Dengan fitur ini, Sahabat jadi tak perlu mengedit satu per satu slide yang Sahabat bikin.

Manfaatkan Pula Fitur Morph

Selain Slide Master, Morph adalah fitur lainnya yang bisa Sahabat manfaatkan. Fitur satu ini hanya bisa ditemukan pada Microsoft Power Point tahun 2016 ke atas.

Lewat fitur Morph, Sahabat bisa menambah unsur animasi atau gambar 3 dimensi ke dalam slide bikinan Sahabat. Hal itu tentu saja bikin slide Sahabat semakin tambah menarik.

Pakailah Layout yang Disediakan Fitur Power Point Designer

Ada satu fitur lainnya yang bisa Sahabat pakai guna membuat PPT menarik. Power Point Designer adalah yang kami maksud. Fitur tersebut menyediakan banyak layout yang bisa Sahabat pilih sesuai keinginan. Fitur ini akan muncul secara otomatis. Terutama, jika Sahabat hendak menambahkan gambar ke dalam PPT Sahabat.

Carilah Referensi dari Internet

Cara satu ini dilakukan jika Sahabat tengah bingung dalam menentukan tampilan slide yang menarik. Sahabat bisa mencari referensi lewat beberapa situs semacam Pinterest, Canva, dan PPT Work.

Sahabat juga bisa mengunduh template layout PPT bila Sahabat merasa layout yang tersedia cukup membosankan. Pastikan template layout PPT yang diunduh sesuai dengan materi yang hendak disampaikan oleh Sahabat.

Lakukanlah Pengecekan PPT Lewat Fitur Periksa Aksesibilitas

Sebelum PPT yang Sahabat buat akan ditampilkan, alangkah lebih baik jika Sahabat mengeceknya terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi slide yang layout-nya kurang menarik, atau ada poin yang lupa dimasukkan ke dalam PPT.

Untuk melakukan hal tersebut, Sahabat bisa memakai fitur periksa aksesibilitas. Fitur semacam ini bakal Sahabat temukan pada Microsoft Power Point tahun 2016 ke atas. Fitur semacam itu bakal memberitahu apa saja kesalahan pada PPT Sahabat, serta penyebab mengapa Sahabat harus memperbaikinya.

Baca juga : Cara Presentasi yang Baik Supaya Bisa Lebih Meyakinkan Audiens

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan, guna membuat PPT yang menarik. Semoga bisa membantu Sahabat guna menghasilkan PPT menarik yang bikin audiens tertarik.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Rekomendasi Tempat Liburan di Jakarta Selain Mall

2020-11-26

Sebagai kota metropolitan yang tidak pernah sepi dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan, banyak orang melihat kota Jakarta sebagai kota yang melelahkan. Kenyataannya, Jakarta tetap punya daya tarik t

thumbnail

Komoditas Ekspor Indonesia

2021-02-03

Sebagai bangsa yang memiliki banyak sekali kekayaan alam, tidak mengherankan jika banyak produk Indonesia yang  diekspor keluar negeri. Apalagi setiap negara memili

thumbnail

Cara Membuat Minyak Zaitun Melalui Tahap Pengolahan

2021-03-23

Nutrisi minyak zaitun yang sehat membuat banyak orang selalu menyimpan stok untuk disimpan di rumah. Minyak nabati yang berasal dari bahan alami ini memiliki banyak nutr

thumbnail

Dari Artis Hingga Gamers, Ini 10 YouTuber Terkaya di Indonesia

2020-11-13

YouTube bisa dikatakan sebagai salah satu media hiburan yang mampu mengalahkan stasiun televisi. Bahkan ada yang menganggap bahwa peran YouTube digunakan sebagai pengganti Google. Tidak heran jika