Logo Daihatsu
Menu

Cara Memperbaiki Engine Mounting yang Rusak

Otomotif

2021-02-05

memperbaiki engine mounting

Mesin mobil akan menimbulkan getaran tinggi saat dinyalakan. Namun, penumpang yang ada di dalam kabin mobil tidak terlalu merasakan getarannya bahkan dalam kecepatan tinggi sekalipun. Engine mounting merupakan komponen yang bertugas untuk menahan dan meredam getaran mesin agar tidak masuk ke dalam kabin.

Engine mounting bisa dibilang komponen mobil yang cukup awet dan kuat. Komponen ini cukup slow moving dan jadi salah satu bagian mobil yang jarang mengalami pergantian, tapi bukan berarti tanpa risiko. Sahabat perlu tahu tanda-tanda engine mounting perlu mendapatkan perawatan atau bahkan pergantian.

Tanda Engine Mounting Bermasalah atau Rusak

Mobil disusun dari banyak komponen dan beberapa bagian di antaranya saling terhubung. Jika ada kerusakan di salah satu komponen, pasti akan memengaruhi kenyamanan berkendara. Begitu juga dengan komponen engine mounting yang terhubung dengan mobil secara keseluruhan.

Tanda-tanda engine mounting bermasalah sudah bisa dirasakan sejak pertama kali mobil dinyalakan. Sahabat bisa mendengar bunyi kasar dan keras di bagian mesin. Hal ini terjadi lantaran engine mounting tidak bisa menahan getaran besar dari mesin.

Untuk beberapa jenis mobil yang memiliki penggerak roda belakang, getaran yang ditimbulkan dari kerusakan engine mounting akan lebih terasa. Seringnya, kerusakan terjadi karena karet di dalamnya sobek.

Jika dipaksakan untuk menjalankan mobil, mesin tidak akan ajek dan cenderung bergoyang mengayun. Hal ini akan menyebabkan bunyi gludug dari bagian ruang mesin. Suara akan semakin parah saat mobil melewati jalanan yang kasar dan bergelombang.

Jika menemukan adanya getaran pada bagian mesin, segerakan mengecek kondisi engine mounting. Buka bagian kap mesin dan lihat bagian sisi-sisi mesin yang berupa karet. Biasanya, ada tiga atau empat titik di sisi mesin yang dilengkapi dengan karet.

Perhatikan karet dengan teliti dan lihat apa ada retakan atau pecahan di bagian tersebut. Rusaknya karet bisa terjadi karena beberapa faktor. Bisa jadi karena usia komponen yang sudah semakin tua atau sering mengalami getaran yang kencang pada mobil.

Dampak Kerusakan Engine Mounting yang Dibiarkan

Setelah menemukan tanda-tanda kerusakan pada engine mounting, lakukan perawatan atau pergantian segera. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kerusakan engine mounting akan menurunkan kenyamanan berkendara. Jangan tunda masalah serius ini karena akan berdampak pada komponen mobil lain yang juga penting.

Mesin mobil terhubung langsung dengan selang bahan bakar dan radiator. Getaran mesin yang tidak teredam akan membuat sambungan-sambungan tersebut tergesek atau terbentur dengan bagian lain. Jika dibiarkan terlalu lama, sambungan selang-selang tersebut akan menjadi kendor, malah bisa jadi bocor.

Kebocoran bahan bakar tentunya sangat berbahaya untuk kendaraan. Aliran bahan bakar yang tidak terhubung mungkin akan membuat mesin tidak bisa menyala. Lebih bahayanya lagi, kebocoran ini bisa menimbulkan ledakan dari perapian dalam mesin.

Durasi Mengganti Engine Mounting

Pergantian engine mounting biasanya dilakukan setelah mobil menempuh jarak 50.000 – 60.000 kilometer. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa jalanan kota membuat usia komponen mobil berkurang. Hal ini disebabkan mobil-mobil yang digunakan di jalanan perkotaan menemui kemacetan lebih sering.

Kondisi jalanan juga bisa sangat memengaruhi kondisi komponen mobil yang satu ini. Bukan hanya itu, perjalanan panjang dengan kondisi jalanan yang kurang baik juga bisa mempercepat penurunan kondisi komponen.

Untuk itu, perlu adanya pengecekan rutin untuk setiap komponen mobil, termasuk engine mounting. Lakukan pergantian jika sudah ditemukan adanya kerusakan. Ingat, lakukan pergantian komponen di bengkel resmi supaya suku cadang terjamin keasliannya.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Punya Daya Tahan Tinggi, Ini 5 Fungsi Utama Silinder Head

2021-01-07

Setiap komponen yang ada pada mesin memiliki peran penting bagi kinerjanya, termasuk kepala silinder. Penamaan head cylinder sendiri disesuaikan dengan pos

thumbnail

Penyebab Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

2022-02-14

Bearing adalah salah satu komponen mobil yang paling penting karena berfungsi untuk mendukung putaran poros pada ban atau roda mobil. Jadi, supaya roda mobil bisa digera

thumbnail

7 Daftar Tol Terpanjang di Indonesia Lengkap dengan Jaraknya

2021-03-20

Perkembangan jalan-jalan di Indonesia semakin berkembang dalam beberapa tahun ke belakang. Tentunya ini tak lepas dari peran PT Jasa Marga (Persero) Tbk., yang bertanggu

thumbnail

Performa Jadi Lebih Optimal, Begini Tips Merawat Mobil Injeksi

2021-01-06

Memiliki kendaraan pribadi menjadi impian banyak orang. Namun setiap pemilik kendaraan bukan berarti paham betul mengenai keadaan kendaraannya. Terlebih lagi, kini semua