Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Mengakali Kabel Kopling Mobil Putus Agar Berfungsi Kembali
02 Januari 2023
Cara Mengakali Kabel Kopling Mobil Putus Agar Berfungsi Kembali

Ketika Anda mengendalikan mobil dengan transmisi manual, permasalahan kabel kopling putus bisa jadi terjadi sewaktu-waktu. Entah dikarenakan keausan kabel, ataupun penggunaan tuas transmisi yang sembarangan. Jika masalah tersebut terjadi ketika mobil Anda sedang melaju di jalan raya dengan kondisi padat kendaraan. Anda tidak perlu panik, dan khawatir. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara mengakali kabel kopling mobil putus agar bisa berfungsi kembali. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Mengakali Kabel Kopling Mobil yang Putus Agar Bisa Berfungsi Kembali

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengakali kopling mobil yang putus di tengah jalan, antara lain :

1. Segera hentikan laju mobil

Ketika Anda merasakan tanda-tanda bahwa kabel kopling mobil Anda akan putus, maka Anda harus menghentikan laju mobil dengan segera. Pastikan Anda berhenti di pinggiran jalan yang cukup sepi, segera matikan mesin.

Jika Anda berada di jalan raya yang cukup padat kendaraan, pastikan Anda memasang tanda sedang melakukan perbaikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

2. Pindahkan tuas transmisi ke gigi 2

Langkah selanjutnya, Anda pindahkan tuas gigi transmisi ke posisi 2, agar mobil mudah untuk dinyalakan. Hindari memindahkan posisi tuas transmisi ke posisi 1 karena dapat menyebabkan mesin mobil susah untuk dinyalakan.

Baca Juga : 5 Cara Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan, Sangat Mudah!

3. Atur laju mobil dengan kecepatan yang rendah

Setelah mobil berhasil dinyalakan, Anda bisa mulai mengendarai mobil dengan kecepatan yang rendah atau kecepatan sedang.

Seperti diketahui, kabel kopling mobil yang putus dapat berpotensi besar menabrak bumper belakang mobil lain atau kendaraan lain ketika sedang mengerem mobil. Oleh karena itu, mengendarai dengan kecepatan rendah dapat mencegah kondisi tersebut terjadi.

4. Cari jalanan yang lebih ramai atau berkunjung ke bengkel

Cara mengakali kabel kopling mobil putus yang terakhir, Anda bisa mencari jalanan yang cukup ramai. Langkah ini merupakan langkah yang tepat jika Anda berniat ingin meninggalkan mobil Anda sejenak untuk mencari toko perlengkapan otomotif ataupun bengkel.

Anda juga bisa mengunjungi bengkel mobil atau dealer Daihatsu terdekat dari lokasi perjalanan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengganti kabel kopling mobil yang putus dengan yang baru. Selain itu, Anda bisa sekalian melakukan pengecekan dan perawatan komponen-komponen lainnya sehingga perjalanan Anda nyaman dan aman.

Ciri-Ciri Kabel Kopling Mobil Putus

Setelah Anda mengetahui cara mengakali kabel kopling mobil yang putus, Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri kabel kopling yang mau putus. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut. 

1. Pedal kopling terasa lebih longgar

Ciri kabel kopling mobil yang akan putus, biasanya terasa longgar apabila Anda menekan bagian pedal kopling. Bahkan terkadang terasa sangat ringan dan tanpa ada perlawanan sama sekali.

2. Kabel kopling terasa berat atau kurang elastis

Ciri selanjutnya, biasanya kabel kopling akan terasa berat, dan kurang elastis. Bahkan terkadang terasa seperti ada beban yang menahan kinerja kopling. 

Jika ciri-ciri tersebut terdapat pada mobil Anda. Sebaiknya Anda tidak meneruskan perjalanan Anda, dan segera menghubungi teknisi ahli agar keamanan dan kenyamanan Anda terjaga. Dengan bantuan teknisi ahli, kabel kopling Anda yang rusak akan segera diganti, dan disetel sesuai standar.

Penyetelan kabel kopling tersebut dapat memberikan kenyamanan ketika hendak mengoper tuas transmisi mobil. Demikianlah pembahasan mengenai cara mengakali kabel kopling mobil putus. Pastikan Anda melakukan pengecekan seluruh komponen-komponen mobil secara rutin sebelum berkendara agar keamanan Anda selalu terjaga. 

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor