Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Tips & Trick

2021-05-31

mengatasi rambut rontok

Rambut adalah aset yang patut di banggakan bagi setiap manusia, khususnya bagi perempuan. Rambut dianggap sebagai mahkota yang dapat mempercantik diri. Rambut juga dijadikan sebagai style dari zaman dulu hingga era modern sekarang ini.

Namun apa yang terjadi jika aset yang kita miliki rusak? Mengalami kerontokan rambut adalah hal yang paling di takutkan, apalagi jika kerontokan itu sudah parah sehingga bisa mengalami kebotakan permanen, jangan sampai itu terjadi pada rambut Sahabat.

Banyak faktor yang menjadi penyebab rambut rontok, berikut penyebabnya:

1. Mewarnai Rambut

Kalangan muda mudi yang mewarnai rambut adalah hal yang menurut mereka gaya dan keren, terutama jika mereka menyukai aktris atau aktor favorit. Mereka rela merogoh kocek demi memiliki rambut yang sama dengan artis yang diidolakan. Namun siapa sangka bahwa mewarnai rambut sama saja merusak rambut mereka sendiri. Pewarna rambut terbuat dari minyak yang bisa merusak folikel rambut, yang dapat menyebabkan rambut berhenti tumbuh.

2.  Menggosok Kepala Terlalu Keras Saat Keramas

Pada saat keramas, semua orang pasti menggosok kepala dengan jari-jari agar bersih dari kotoran dan debu yang menempel. Ada hal yang perlu diperhatikan, banyak diantara kita merasa belum bersih secara tidak sadar menggaruk kepala terlalu keras yang menyebabkan akar rambut terluka oleh kuku jari Sahabat.

3. Kekurangan Zat Besi

Kurangnya zat besi akan mengganggu pertumbuhan rambut dan meningkatkan rambut rontok, untuk mengurangi kerontokan rambut ada baiknya mengkonsumsi makan makanan yang mengandung zat besi tinggi .

4. Asupan Makanan

Rambut terdiri dari Keratin yang berfungsi menguatkan rambut, jika sedikit mengonsumsi makanan yang berprotein rendah bisa mempengaruhi kekuatan rambut. Ada baiknya memakan makanan yang berprotein tinggi seperti ikan, telur, daging sapi atau daging ayam.

Dari beberapa penyebab di atas dapat disimpulkan jika kerontokan rambut sangat berpengaruh dari pola hidup sehat dan makan-makan yang sehat.

Selanjutnya, berikut adalah tips mengatasi rambut rontok dengan bahan alami yang mudah didapatkan:

1. Bawang Putih dan Jahe

Keduanya berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi kerontokan pada rambut. 

Caranya cukup simpel di gunakan; cukup ambil jahe atau bawang putih secukupnya, tidak disarankan mencampurkan keduanya. Haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender, yang penting halus lalu oleskan ke bagian kepala yang mengalami rambut rontok sebelum tidur. Saat Sahabat bangun pagi, bilas dengan air atau bisa langsung ditambah shampo penumbuh rambut agar cepat terasa efeknya.

2. Yoghurt

Selain rasanya yang nikmat, yoghurt ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi kerontokan rambut, caranya cukup oleskan yoghurt ke bagian kepala yang mengalami kerontokan layaknya di creambath, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air.

3. Lidah Buaya

Tanaman yang dikenal dengan nama Aloe Vera ini sudah lama digunakan oleh nenek moyang untuk mengobati berbagai penyakit termasuk mengatasi rambut rontok secara cepat dan alami.

Cara menggunakannya cukup mudah, ambil batang lidah buaya kemudian potong menjadi 2 bagian. Ambil bagian daging yang seperti gel, dan usapkan ke seluruh bagian kepala secara merata. Diamkan selama 16 menit, lalu cucilah hingga bersih.

4. Teh Hijau

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam teh hijau sangat efektif mengatasi dan mengurangi rambut rontok.

Caranya; ambil lalu seduh teh hijau dengan air hangat, kemudian balurkan cairan seduhan tadi ke bagian kulit kepala dan rambut, lalu diamkan 1 jam, lalu bilas hingga bersih.

5. Alpukat

Protein yang baik terkandung dalam alpukat di percaya dapat mengatasi kerontokan rambut, tidak heran jika banyak digunakan pakar-pakar rambut dunia untuk bahan creambath dan perawatan wajah.

Caranya; ambil alpukat secukupnya lalu hancurkan didalam wadah sampai kental. Cukup balurkan pada bagian kepala terutama bagian yang mengalami kerontokan kurang lebih selama 30 menit, bilas dengan shampo.

Bahan-bahan pada tips ini menggunakan bahan alami tanpa kimia jadi aman digunakan. Atur juga pola makan Sahabat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, protein dan zat besi untuk menyuburkan kekuatan rambut Sahabat. Selamat mencoba!


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membuat Rute Perjalanan di Google Maps, Mudah & Cepat!

2023-04-13

Mengetahui cara membuat rute perjalanan di Google Maps merupakan hal yang sangat bermanfaat. Pasalnya aplikasi peta ini akan mempercepat perjalanan Anda sampai ke tu

thumbnail

15 Jenis Usaha Rumahan yang Mudah dan Menyenangkan

2020-12-04

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang yang terus memutar otak untuk dapat memanfaatkan sumber daya di sekitarnya untuk membuat usaha. Tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan, usaha ruma

thumbnail

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Pekerjaan

2020-11-24

Salah satu penyebab Sahabat sering kali berpindah-pindah tempat kerja adalah kurangnya pertimbangan ketika memilih pekerjaan. Sebenarnya, sebelum Sahabat melamar pekerja

thumbnail

Pilihan Penyedia Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri

2021-02-16

Jasa pengiriman paket ke luar negeri adalah layanan pengiriman barang yang sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman paket antar negara, baik via laut atau ud