Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengecek Oli Transmisi Mobil Matik Paling Gampang, Bisa Dilakukan Sendiri!

Otomotif

2020-12-22

Oli transmisi

Cara mengecek oli transmisi mobil merupakan satu hal yang harus dilakukan secara berkala untuk mengetahui apakah perlu dilakukan penggantian oli atau tidak. Transmisi matic yang paling sering dijumpai saat ini adalah girboks matic konvensional atau sering disebut power shift transmission.

Transmisi mobil jenis ini mengandalkan cairan berupa oli sebagai distributor penghantar tenaga. Dengan kata lain, oli berperan penting bagaikan darah yang mengalir pada power shift transmission ini. 

Oleh karena itu, mengecek oli transmisi mobil matic perlu dilakukan secara berkala untuk mengetahui kondisinya. Jika sudah terlanjur bermasalah, maka dampaknya bisa merusak fungsi komponen lain, sampai biaya servis jadi lebih mahal. 

Tidak sedikit pemilik mobil matic yang nggak sadar betapa pentingnya mengecek kondisi oli transmisi. Itulah sebabnya banyak yang mengatakan kalau biaya perawatan mobil matic lebih mahal ketimbang mobil manual. 

Padahal, kalau pengecekan dilakukan secara rutin maka biaya perawatannya tidak semahal yang dikira. Karena itu, yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara cek oli transmisi pada mobil matic. 

Cek jarak tempuh 

Kondisi oli transmisi pada mobil matic paling mudah bisa dilihat melalui jarak tempuh mobil kesayangan. Kalau odometer sudah menunjukkan 80.000 hingga 100.000 kilometer, maka penggantian oli transmisi perlu dilakukan. Sebab, oli transmisi memiliki usia pemakaian pada jarak tersebut. 

Kondisi oli yang sudah digunakan sampai jarak di atas biasanya juga sudah berkerak hingga kotor. Kalau sudah begitu, kinerja transmisi mobil bisa terganggu. 

Geser tuas transmisi 

Pengecekan oli transmisi bisa dilakukan dengan menggeser tuas transmisinya. Segera parkir mobil di medan yang datar, tujuannya untuk menyeimbangkan posisi mobil dari berbagai sisi. 

Kemudian hidupkan mesin mobil dan panaskan seperti biasa pada pagi hari. Tarik tuas rem tangan dan cek tuas transmisinya. 

Pindahkan posisi tuas transmisi mulai dari P, R, N, D, sampai S dan L. Tahan setiap pergeseran tuas hingga dua detik. Tujuan dari langkah ini adalah agar solenoid dan jalur body valve terisi oli dengan baik.

Kemudian perhatikan responsnya. Transmisi mobil matic yang sehat akan merespons dalam waktu tidak lebih dari 5 detik untuk mobil bereaksi dari diam hingga bergerak. 

Kemudian hentakan pergerakan mobil juga akan terasa halus jika kondisinya masih prima. Bahkan untuk jenis CVT, seharusnya tidak ada hentakan yang terasa sama sekali. Jika perpindahannya kasar, mungkin ada masalah pada oli atau sistem hidrolisnya. 

Cek oli transmisi melalui dipstick 

Buka dan tarik dipstick oli transmisi, bersihkan lalu celup lagi. Kemudian lihat warna oli dan volumenya. Oli transmisi yang masih bagus tentu berwarna merah. Sedangkan yang perlu diganti jika olinya berwarna hitam pekat atau kecoklatan bahkan disertai bau hangus. 

Volume oli juga harus pas, tidak melebihi batas maksimum dan minimum. Kalau volumenya melewati batas pada dipstick, segera ganti dengan oli baru. Penyebab oli mesin volumenya berkurang adalah faktor penguapan akibat pemanasan mesin. Batas minimum dan maksimum juga harus dilihat berdasarkan dua kondisi, yaitu saat mesin panas dan dingin. 

Sesuaikan jenis oli dan transmisi

Di Indonesia ada dua tipe mobil dengan transmisi matic, yaitu  power shift dan CVT. Keduanya butuh jenis pelumas yang berbeda. 

Pastikan oli yang dibeli sesuai dengan spesifikasi mobil. Untuk transmisi powershift, oli digunakan untuk melumasi roda gigi, sedangkan pada CVT melumasi belt yang terbuat dari logam agar tidak cepat putus. Kalau olinya tidak kompatibel, kerusakan jangka panjang bisa terjadi. 

Demikian informasi cara mengecek oli tranmisi mobil matic yang perlu Sahabat ketahui. Mulai sekarang yuk lebih peka pada kondisi oli transmisi mobil kesayangan! 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Cuci Mobil yang Benar Agar Cat Tidak Cepat Kusam

2021-06-30

Mencuci mobil tidak sekadar membasahi dan menghilangkan kotoran yang menempel di body. Akan tetapi, aktivitas cuci mobil juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan inspeksi

thumbnail

4 Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin

2020-12-30

Turun mesin atau yang dikenal dengan istilah Engine

thumbnail

1 Liter Bensin Berapa Kilometer Mobil? Ini Cara Menghitungnya

2022-12-05

Mungkin pernah terbesit di benak Anda, 1 liter bensin berapa kilometer mobil? Sebenarnya, terdapat aturan baku yang berkaitan dengan hal tersebut. Konsumsi BBM LCGC

thumbnail

Efek Buruk Memposisikan Tuas di D Saat Mobil Matic Berhenti

2022-01-10

Memposisikan tuas di D saat berhenti pada mobil matic, masih menjadi perdebatan, apakah memang memperburuk mobil atau tidak.Bagi pemilik mobil matic pasti mengetahui bahwa persneling mobil m