Logo Daihatsu
Menu

Cara Menghilangkan Rasa Malu dan Tidak Percaya Diri

Family

2021-01-08

anak tidak percaya diri

Rasa malu dan tidak percaya diri adalah sifat alami yang dimiliki oleh manusia. Rasa malu dan tidak percaya diri menghalangi seseorang dalam beraktivitas sehari-hari. Sehingga sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada kehidupan sehari-hari.

Rasa malu memiliki sisi baik dan buruk. Pada sisi baik, rasa malu dapat mencegah seseorang dari berbuat hal yang buruk. Tetapi pada sisi lain, rasa malu juga dapat membuat orang justru terhalangi dari hal yang baik. Contohnya, seseorang malu bertanya karena khawatir dicap sebagai orang yang bodoh. Maka rasa malu ini dapat membuat seseorang menjadi terhalang untuk mendapatkan ilmu.

Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri ini? Berikut ini adalah beberapa tips cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri.

Cari Tahu Sumber Rasa Malu dan Tidak Percaya Diri Tersebut

Seseorang merasa malu dan tidak percaya diri tentunya memiliki sebab. Agar Sahabat dapat menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri tersebut, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu sumber permasalahannya. Dengan mengetahui sumber permasalahannya, Sahabat akan lebih mudah untuk menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri ini.

Berpikir Positif

Setelah mengetahui sumber dari rasa malu dan tidak percaya diri tersebut, Sahabat dapat mulai mengatasi masalah tersebut. Beberapa orang mungkin memiliki rasa malu dan tidak percaya diri karena sering sekali direndahkan. Orang yang sering direndahkan apalagi saat masih kecil akan memiliki kecenderungan rendah diri dan sulit berpikir positif mengenai dirinya.

Berpikir positif mengenai diri sendiri akan sangat membantu agar dapat menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri. Pikirkan bahwa semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Sahabat pun memiliki kelebihan yang dapat membuat rasa malu dan tidak percaya diri tersebut hilang.

Pilih Teman yang Baik

Lingkungan memiliki andil yang sangat besar dalam menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri. Jika Sahabat berada pada lingkungan yang toxic dan sering kali merendahkan diri Sahabat, maka keluar dari lingkungan tersebut. Lingkungan yang buruk dapat memperparah kondisi mental Sahabat. Pilihlah teman dan lingkungan yang baik, sehingga Sahabat dapat dihargai sebagai seorang individu.

Baca juga : Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Tekuni Hal yang Kamu Kuasai

Rasa malu dan tidak percaya diri sering kali muncul karena seseorang tidak menguasai suatu hal. Seperti contohnya, tidak menguasai keahlian berbicara di depan umum. Tentu jika tiba-tiba harus menjadi pembicara di depan umum, Sahabat akan merasa malu dan tidak percaya diri. Hal ini merupakan hal yang sangat wajar.

Agar Sahabat dapat menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri ini, Sahabat dapat menekuni hal yang dikuasai. Atau jika belum menguasai suatu hal, berusaha untuk mempelajari hal tersebut sehingga memiliki kemampuan yang cukup. Dengan begitu, Sahabat akan merasa memiliki hal positif yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Sering Bergaul

Orang yang jarang bergaul dengan orang lain, terkadang memiliki rasa malu dan tidak percaya diri yang tinggi. Sehingga cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri adalah dengan meningkatkan intensitas bergaul dengan orang lain. Sahabat dapat mencari forum atau komunitas yang memiliki nilai yang positif. Sehingga tidak hanya belajar menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri tetapi juga mendapatkan dampak positif saat bergaul. Hindari komunitas yang tidak bermanfaat dan hanya menyombongkan kekayaan. Karena komunitas seperti ini justru akan menambah rasa malu dan tidak percaya diri.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Investasi Tanah vs Emas, Mana yang Lebih Baik?

2021-01-25

Memilih antara investasi tanah atau emas adalah salah satu dilema bagi para pemula. Hal itu wajar lantaran dua instrumen investasi itu lazim direkomendasikan oleh mereka

thumbnail

Mengetahui Jenis Komet dan Ciri-ciri Umumnya

2021-02-08

Benda langit terdiri dari berbagai bentuk, ukuran, dan jenis yang berbeda-beda. Meskipun banyak sinar yang terpancar di langit saat malam hari, tidak semuanya bintang, l

thumbnail

Cara Mendidik Anak dengan Baik Ala Orang Tua Milenial

2020-11-05

Memiliki anak berperilaku baik adalah hal yang diinginkan setiap orang tua. Cara orang tua mendidik anak akan menentukan perilaku si kecil. Orang tua yang mendidik anaknya dengan baik tidak akan me

thumbnail

Begini Cara Mudah Mencari Kerja Online

2020-12-16

Cara mencari kerja online adalah aktivitas yang banyak dilakukan orang di masa pandemi seperti ini. Pasalnya, banyak sekali pengurangan tenaga kerja dan  penguranga