Logo Daihatsu
Menu

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

Tips & Trick

2021-05-31

menghilangkan sakit gigi

Saat Sahabat mengalami sakit gigi tentunya sangat menyiksa bukan? dari mulai cenat-cenut pada gusi dan gigi, sulit berbicara, sakit kepala, tidak bisa makan dan lainnya. Tentu saja itu membuat aktivitas Sahabat sangat terganggu. 

Banyak faktor penyebab sakit gigi. Hal ini penting Sahabat ketahui karena Sahabat bisa mencegah dan mengatasi bilamana gejala-gejala tersebut datang.

Berikut adalah jenis sakit gigi yang mungkin Sahabat alami:

1. Infeksi Pada Gusi

Infeksi pada gusi terjadi karena peradangan pada gusi yang menimbulkan bengkak, berdarah dan gusi berubah menjadi merah.

2. Kerusakan Pada Gigi 

Saat lapisan enamel (luar gigi) mengalami kerusakan maka akan muncul rongga kecil yang tak terlihat oleh kasat mata yang akan terus berkembang menjadi gigi berlubang hingga ke bagian dalam gigi. Maka saat itulah Sahabat merasakan sakit gigi karena lapisan gigi tersebut menjadi sensitif dan mudah terasa sakit.

3. Gigi Rusak Akibat Benturan

Gigi yang pernah terkena benturan atau kecelakaan menyebabkan gigi bergoyang atau patah, terlebih lagi bila melewati saraf. Ini akan menjadi masalah sakit gigi yang serius.

4. Gigi Tumbuh Miring

Struktur gigi yang miring mengakibatkan sakit karena memunculkan tekanan yang tidak merata saat Sahabat mengunyah makanan. Hal ini  bisa menyebabkan peradangan.

Itulah beberapa penyebab Sahabat sakit gigi, lantas bagaimana cara mengobatinya? 

Berikut kami rangkum cara mengatasi rasa sakit pada gigi berlubang dengan bahan alami :

1. Minyak Cengkeh

Cengkeh mengandung zat anti inflamasi, antioksidan dan antibakteri. Selain itu cengkeh memiliki sifat anestesi yang dapat mengatasi luka serta membunuh bakteri termasuk pada gigi yang berlubang. Caranya cukup teteskan minyak cengkeh pada segelas air untuk dijadikan obat kumur, selain itu bisa juga menggunakan kapas lalu tetesi dengan minyak cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang terasa sakit.

2. Garam

Semenjak dulu garam dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit gigi. Garam memiliki kandungan yodium yang ampuh menghilangkan rasa sakit pada gigi. Caranya siapkan segelas air hangat lalu taburi garam secukupnya, gunakan menjadi obat kumur. Lakukan pengobatan air garam secara rutin hingga rasa sakit pada gigi menghilang.

3. Bawang Putih 

Kandungan antibiotik dalam bawang putih dapat menghilangkan dan membunuh bakteri dalam mulut. Caranya cukup ambil 2 siung bawang putih, blender atau ditumbuk sampai halus lalu oleskan pada gigi berlubang yang terasa sakit secara rutin hingga rasa sakit reda

4. Bawang Merah

Kandungan antiseptik dan antimikroba tentu saja dapat mengurangi dan menyembuhkan sakit gigi. Cukup kupas bawang merah lalu potong menjadi dua bagian, kunyahkan pada gigi yang terasa sakit.

5. Daun Jambu Biji

Selain ampuh untuk obat sakit perut, ternyata daun jambu biji juga dapat digunakan obat sakit gigi. Caranya ambil beberapa daun jambu biji, cuci hingga bersih lalu kunyah. Bisa juga dengan cara ditumbuk lalu dioleskan pada gigi berlubang yang sakit.

6. Biji Asam Jawa

Biji asam jawa bisa juga digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya biji asam jawa lalu sangria sampai kering lalu, tumbuk hingga halus kemudian oleskan pada gigi yang terasa sakit. Lanjutkan secara rutin hingga sakit gigi hilang.

Cara tersebut diatas aman digunakan karena bahan alami, lakukan secara rutin hingga gigi tidak terasa sakit. Perbanyak makan-makanan yang mengandung serat tinggi seperti pepaya dan melon agar memperlancar pencernaan, untuk mempercepat penyembuhan sakit gigi. 

Jika tips diatas masih kurang mempan, jangan sekali-kali mencabut gigi Sahabat saat terasa sakit parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi. Selanjutnya, cegah dengan rutin menggosok gigi 2x sehari pada siang dan malam hari sesudah makan.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Menyantap Nasi Padang untuk Sahabat yang Lagi Diet

2021-02-03

Banyak pelaku diet yang menghindari nasi padang karena takut menggagalkan diet mereka. Padahal, nasi padang masih layak dikonsumsi, bahkan oleh pelaku diet sekalipun.

thumbnail

Lokasi dan Jadwal Pelayanan SIM Keliling

2020-09-27

SIM online akan memberikan kemudahan bagi Sahabat dalam melayani pembuatan surat izin mengemudi yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri. Adanya layanan tersebut diharapkan

thumbnail

Agar Terhindar dari Bahaya, Berikut Bacaan Doa Ketika Ada Angin Kencang

2021-01-31

Memasuki musim penghujan, fenomena hujan yang disertai dengan angin kencang bahkan petir sudah bukan hal yang jarang. Dalam hal i

thumbnail

Lakukan 5 Etika Kerja Ini, Atau Rekan Kerja Akan Mengucilkan Anda

2020-11-06

Selama ini kalian pasti sudah sangat familiar dengan desain meja kantor yang menggunakan sekat untuk memisahkan karyawan satu dengan yang lainnya. Hampir semua kantor me