Logo Daihatsu
Menu

Cara Menghilangkan Water Spot pada Body Mobil Daihatsu agar Terlihat Mengkilap

Otomotif

2021-08-08

menghilangkan water spot

Kondisi eksterior sebuah mobil seringkali dilihat dari mulus atau tidaknya penampilan cat mobil. Namun ada kalanya body mobil mengalami water spot. Pada artikel ini, kami akan membahas cara menghilangkan water spot pada body mobil agar terlihat mengkilap. 

Perlu Anda tahu, water spot bisa juga disebut sebagai noda berbentuk pulau dengan ukuran kecil, sedang, maupun besar pada suatu kendaraan. Jika fenomena ini terjadi pada kendaraan Anda, nantinya penampilan mobil akan terlihat lusuh dan tak menarik. 

Tentu saja hal ini akan berdampak negatif terutama bagi Anda yang berniat menjual mobil tersebut pada pembeli. Bisa jadi pembeli mengurungkan niat karena penampilan mobil yang dijual tak terlihat mulus. 

Cara Menghilangkan Water Spot pada Body Mobil yang Praktis 

Tidak hanya manusia, body mobil pun juga bisa mengalami “panu” yang sering juga disebut sebagai water spot. Nama water spot diberikan pada noda yang tertempel di tubuh mobil akibat percikan air dari jalan atau ketika hujan. 

Fenomena ini sering dialami oleh kendaraan mobil dan motor yang sering digunakan keluar ketika musim penghujan. Anda yang ingin menghilangkan water spot pada mobil, bisa menggunakan berbagai cara berikut ini : 

1. Menghilangkan water spot baru 

Ketika Anda “mengajak” keluar mobil Anda lalu kendaraan tersebut terkena percikan air serta tanah, nantinya muncul water spot baru pada tubuhnya. Cara menghilangkan water spot pada body mobil yang baru yaitu dengan mengelapnya dengan air dan kain lap biasa. 

Pastikan untuk mengelap water spot tersebut sesegera mungkin sebelum noda tersebut menggumpal dan menjadi kotoran yang sulit dibersihkan. Jangan sampai menunda hingga water spot tersebut berjamur. 

2. Menghilangkan water spot menahun 

Berikutnya, Anda harus mengetahui cara menghilangkan water spot pada body mobil yang menahun. Jenis water spot yang satu ini relatif sudah untuk dihilangkan. Bersihkan water spot menahun pada mobil dengan cara berikut : 

  • Oleskan compound pada bagian eksternal mobil Anda. Compound adalah pemoles badan mobil yang bersifat abrasif, serta bisa menghilangkan bercak noda pada tubuh kendaraan. 
  • Lakukan polishing atau perataan permukaan cat mobil dengan lapisan coating bertipe clear coat. Dengan begitu, bercak noda yang muncul pada tubuh mobil bisa dikikis dengan sempurna. 
  • Berikutnya, pastikan untuk menerapkan langkah waxing pada bagian eksternal mobil Anda yang telah diberi clear coat layer. Tujuan dari langkah ini yaitu menghindarkan kendaraan tersebut dari kondisi permukaan yang terlihat kusam. 

Kedua cara di atas bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan water spot pada tubuh mobil secara menyeluruh. Dengan mempraktekkan berbagai langkah di atas, sisi luar dari tubuh mobil Anda bisa lebih bersih dari noda. 

Sehingga nantinya mobil yang Anda miliki benar-benar memiliki permukaan yang halus, mulus, dan kinclong. Jangan sampai lewatkan berbagai cara yang telah kami tulis di atas jika ingin menghilangkan water spot pada tubuh mobil, ya. 

Jika Anda ingin lebih praktis, pastikan untuk memilih produk mobil dengan kualitas cat body yang baik seperti Daihatsu. Beberapa produk dari kami menggunakan cat mobil yang berkualitas serta lebih tahan terhadap cairan asam yang turun akibat hujan. 

Sehingga dengan menggunakan kendaraan bermerk Daihatsu, Anda tak perlu lagi terlalu sering melakukan berbagai cara menghilangkan water spot pada body mobil seperti di atas. Yuk gunakan kendaraan Daihatsu sekarang juga!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Ukuran Setir Mobil Berbeda

2021-11-30

Setir merupakan salah satu fitur dalam sebuah mobil yang memiliki peranan penting, karena digunakan untuk mengontrol arah pergerakan kendaraan. Secara umum, ukuran setir mobil memiliki berbagai gay

thumbnail

Mengenal Brake Pad Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

2023-03-21

Di dalam sistem pengereman mobil terdapat beberapa komponen penting, salah satunya brake pad. Lantas apa yang dimaksud dengan komponen tersebut? Brake pad adalah nam

thumbnail

5 Tanda Air Radiator Mobil Habis & Cara Mengatasinya

2022-08-10

Air radiator mobil adalah sebuah cairan pendingin dan komponen penting yang berfungsi untuk menjaga suhu pada mesin supaya stabil dan tidak overheat. Jangan sampai komponen ini habis. Lantas, apa

thumbnail

Cara Mudah Melepas Sabuk Pengaman Mobil Yang Benar

2022-08-01

Meskipun terbilang mudah cara melepas dan memasang sabuk pengaman mobil, namun masih banyak orang yang mengabaikannya. Sabuk pengaman diciptakan untuk keamanan pengemudi dan penumpang  mobil a