Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengurangi Emisi Gas Buang

Otomotif

2021-03-01

mengurangi emisi gas

Emisi gas buang adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor yang dikeluarkan melalui sistem pembuangan mesin. Emisi gas buang ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita, karena di dalamnya tergantung zat-zat berbahaya seperti: CO (karbon monoksida), CO2 (karbon dioksida), NO (nitrogen oksida), dan HC (hidrokarbon).

Apalagi saat ini jumlah kendaraan bermotor di perkotaan sangat banyak dan terus bertambah tiap tahunnya. Untuk mengurangi pertambahan jumlah kendaraan, rasanya tidak mungkin. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi emisi gas buang kendaraan masing-masing. Berikut adalah cara mengurangi emisi gas buang yang cukup mudah untuk Sahabat lakukan.

Gunakan BBM Sesuai Jenis Mesin

Cara mengurangi emisi gas buang yang pertama adalah dengan menggunakan BBM yang sesuai dengan jenis mesin. Sahabat pasti sudah mengenal istilah Research Octan Number (RON). Di Indonesia ada beberapa RON, yaitu: 88, 90, 92, dan 95.

Setiap pabrikan pasti sudah memberikan informasi bahwa mesin mobil tersebut bagus menggunakan bahan bakar dengan RON tertentu. Jika Sahabat tidak menggunakan BBM yang sesuai, bisa menjadi penyebab banyaknya sisa kerak karbon di ruang bakar.

Jangan Gonta-ganti Jenis BBM

Selain disarankan untuk menggunakan BBM yang sesuai jenis mesin, Sahabat juga sebisa mungkin jangan gonta-ganti jenis BBM. Melakukan gonta-ganti jenis BBM akan mempengaruhi kestabilan tekanan dalam mesin. Kebiasaan ini malah membuat boros bahan bakar. Jika boros bahan bakar, artinya banyak juga gas buang yang dikeluarkan.

Rutin Cek Sistem Pembakaran

Kendaraan memiliki kebutuhan untuk perawatan, apalagi jika sering Sahabat pakai. Lakukan pengecekan rutin, terutama cek sistem pembakarannya. Mobil yang sudah tua, biasanya ada beberapa komponen yang mulai aus dan membuat sistem pembakaran tidak optimal. Alhasil, konsumsi bahan bakar lebih boros dari sebelumnya.

Selain pengecekan rutin, kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan adalah membiarkan tangki bahan bakar mendekati kosong. Kondisi seperti ini akan memberikan peluang udara untuk masuk dalam pompa injeksi. Hal ini bisa menyebabkan kualitas pembakaran menjadi buruk.

Periksa Tekanan Ban

Sahabat pasti berpikir, apa mungkin tekanan ban bisa menyebabkan emisi gas buang yang lebih banyak? Jawabnya, ya. Tekanan ban yang kurang akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras. Banyak bahan bakar yang dibutuhkan dibandingkan jika ban memiliki tekanan yang normal. Jika bahan bakar yang dibutuhkan semakin banyak, maka semakin banyak pula emisi gas buang yang dihasilkan.

Lakukan Spooring

Dengan mengendarai mobil di kecepatan rendah, Sahabat dapat mengetahui apakah setir bergerak sendiri atau tidak. Jika ternyata bergerak sendiri setirnya berarti posisi setir tidak sama dengan posisi roda. Perlu dilakukan spooring. Manfaat spooring selain agar menyinkronkan setir dan roda, juga berguna untuk mengurangi beban mesin karena mobil lebih stabil dan teratur.

Kurangi Penggunaan Mobil Jika Tidak Perlu

Langkah terakhir cara mengurangi emisi gas buang adalah dengan memakai mobil jika Sahabat benar-benar membutuhkannya, semisal untuk kerja dan kepentingan lainnya. Dengan mengurangi penggunaan mobil yang tidak perlu, turut menghemat bahan bakar yang digunakan. Secara otomatis, maka emisi gas buang yang dihasilkan di jalanan juga akan berkurang. Sahabat bisa membayangkan jika semua orang hanya memakai mobil di saat perlu saja, maka ini adalah hal yang menggembirakan.

Itulah beberapa cara mengurangi emisi gas buang yang bisa Sahabat praktikkan. Yuk kita sama-sama menjaga lingkungan kita, terutama kualitas udaranya dengan mengurangi emisi gas buang.

Penulis: Iskael


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Wheelbase pada Mobil? Inilah Fungsi & Penggunaannya

2023-07-03

Wheelbase adalah jarak sumbu pada roda kendaraan. Keberadaan bagian ini sangat penting bagi sebuah kendaraan karena fungsinya yang cukup vital. Agar Anda lebih memah

thumbnail

7 Peraturan di Jalan Tol yang Perlu Diketahui Pengendara Agar Tetap Aman

2021-03-01

Berkendara di jalan tol sebenarnya sama saja dengan berkendara di jalan protokol biasa. Namun, sahabat perlu mengetahui beberapa peraturan khusus yang diterapkan di dala

thumbnail

Tips Menyetir Mobil Saat Hujan di Malam Hari yang Aman

2023-11-21

Memasuki musim hujan, para pengendara kendaraan termasuk mobil diminta untuk berhati-hati karena jalanan licin. Pasalnya menyetir saat hujan terlebih di malam hari t

thumbnail

Begini Cara Kerja Rem Cakram pada Mobil

2020-11-27

Sistem rem hidrolik cakram adalah salah satu tipe rem yang paling banyak digunakan untuk kendaraan. Baik itu mobil atau motor, cakram atau disc brake lebih dimina