Logo Daihatsu
Menu

Cara Mudah Pasang Antena Sirip Hiu pada Mobil, Yuk Praktikkan!

Otomotif

2023-05-17

Cara Mudah Pasang Antena Sirip Hiu pada Mobil, Yuk Praktikkan!

Keberadaan antena di mobil terbilang cukup menarik perhatian, karena dapat menghadirkan kesan menarik dan nyentrik salah satunya sirip hiu. Cara pasang antena sirip hiu cukup mudah hanya memerlukan obeng, baut, dan kabel.

Cara Pasang Antena Sirip Hiu di Mobil

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memasang jenis antena yang bentuknya mirip dengan ujung sirip hiu.

Beli Antena Sirip Hiu

Langkah pertama sebelum memasang antena jenis ini di mobil adalah membeli produk tersebut. Terdapat banyak produk antena mobil yang dijual di toko online maupun offline, harganya pun beragam bergantung dari merek dan juga model yang dipilih.

Siapkan Lap Microfiber dan Obeng

Setelah produk sudah siap di tangan, selanjutnya persiapkan peralatan untuk memasang seperti lap microfiber, spidol temporary, dan obeng (+). Peralatan ini juga dapat ditemukan dengan mudah di toko.

Lepaskan Antena Bawaan Mobil

Cara pasang sirip hiu selanjutnya lepaskan antena bawaan dari mobil Anda sebelum akhirnya memasang antena sirip hiu. Apabila antena bawaan mobil berjenis fixed antenna, maka untuk dapat melepaskannya cukup mudah yakni dengan memutar stik antena ke arah berlawanan jarum jam hingga stik terlepas.

Namun perlu diingat jangan melepas bagian dudukan antena yang menempel di bodi mobil, karena bagian tersebut yang nantinya akan disambungkan ke antena sirip hiu.

Ukur Letak Antena

Setelah melepas antena bawaan, sebelum memasang antena sirip hiu ada baiknya lakukan pengukuran letak antena terlebih dahulu. Letakkan antena di atap mobil, pastikan posisinya sudah seimbang antara kanan dan kiri sehingga enak dipandang.

Jika sudah, bersihkan permukaan atap yang akan dipasangi antena dengan menggunakan lap microfiber. Apabila posisi antena sudah pas dan sesuai, tandai dengan membuat garis mengikuti kontur antena sirip hiu menggunakan spidol temporary dan tempelkan double tape di permukaan antena.

Pastikan garis tersebut dapat terlihat dengan baik, karena nantinya garis tersebutlah yang akan membantu Anda karena menjadi patokan pemasangan antena.

Pasang Antena 

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan kabel antara bagian di antena mobil bawaan yang masih terpasang sebelumnya dengan antena sirip hiu. Umumnya ketika membeli paket antena sirip hiu, sudah tersedia baut tambahan serta soket kabel. 

Kabel tersebut yang nantinya akan disambungkan dengan bagian yang menempel di antena mobil. Caranya adalah dengan dibaut menggunakan obeng hingga benar-benar kencang, setelah terpasang cobalah menghidupkan head unit mobil dan pastikan frekuensi radio masih tertangkap.

Tempelkan Antena

Lepaskan pelindung double tape di permukaan antena sirip hiu, lalu rekatkan dengan mobil dan pastikan posisi antena sudah sesuai dengan tanda yang telah Anda buat sebelumnya menggunakan spidol temporary. 

Bersihkan Noda Spidol Temporary

Apabila antena telah terpasang dengan sempurna, langkah terakhir adalah membersihkan noda spidol temporary yang sebelumnya digunakan sebagai tanda dengan menggunakan lap atau tisu. 

Berapa Harga Antena Sirip Hiu?

Apabila Anda baru pertama kali membeli jenis antena mobil ini, mungkin bertanya-tanya berapa harga dari antena tersebut. Anda bisa mendapatkan antena jenis ini di toko aksesori mobil, baik online maupun offline dengan harga yang beragam tergantung merek dan model.

Namun umumnya harga antena sirip hiu dibandrol murah mulai dari Rp30 ribuan hingga Rp100 ribuan. Jika membeli secara offline, tanyakan kepada penjual kualitas dari antena tersebut. 

Kelebihan Antena Sirip Hiu

Antena jenis ini dapat menghadirkan kesan lebih modis dan sporty pada mobil. Selain itu fungsinya pun tak hanya sebagai pemanis, namun juga dapat menangkap sinyal seperti sinyal radio, GPS, hingga data seluler.

Bagaimana? Cara pasang antena sirip hiu di mobil sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Fungsi V Belt Beserta Cara Perawatannya

2020-11-09

Mobil terdiri dari berbagai komponen yang saling bekerjasama agar mesin dapat berfungsi optimal. Dari sekian banyak komponen yang dibenamkan dalam suatu kendaraan, Anda

thumbnail

Apa itu Jenis Mobil LCGC? Simak Rekomendasi Terbaik dari Daihatsu

2023-10-06

Jenis mobil LCGC memang digandrungi oleh masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir. Bahkan, mobil jenis ini sudah menjadi program dari pemerintah RI. Meski begitu

thumbnail

Lampu Sorot – LED, Mobil, Motor, dan Merek Terbaik

2020-11-03

Ada banyak kegunaan lampu sorot untuk kendaraan yang umum digunakan di malam hari. Selain dapat menambah tampilan kendaraan agar lebih apik, keberadaan lampu tembak atau

thumbnail

Ini Tips Membeli BBM di SPBU Agar Aman dan Tidak Dicurangi

2021-01-16

Stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) sering kali mendapatkan kecurigaan dari masyarakat atas kecurangan pengisian bahan bakar. Namun, apakah hal ini murni merupakan kesalahan dari pihak SPBU? Belum