Logo Daihatsu
Menu

Cara Pasang Relay Lampu Foglamp Tambahan Mobil

Otomotif

2022-07-29

cara pasang relay lampu tambahan pada mobil

Foglamp atau lampu kabut mobil menjadi salah satu fitur keselamatan yang berguna untuk membantu menerangi pandangan pengemudi ketika terjadi gangguan cuaca seperti hujan deras, asap tebal sampai daerah berkabut. Lantas, bagaimana cara pasang relay lampu foglamp? 

Sebenarnya, foglamp merupakan komponen yang bisa dipasang sendiri, asalkan Anda mengetahui dengan baik langkah pemasangannya. 

Baca Juga : Tips Memilih Fog Lamp atau Lampu Sorot

Apa Fungsi Foglamp Mobil?

Sebelum mencari tahu cara pasang relay lampu foglamp, terlebih dahulu Anda harus mengetahui fungsi dari foglamp mobil. Berikut berbagai fungsi yang harus Anda ketahui, antara lain:

1. Menerangi Jalanan yang Gelap

Ketika harus menerobos jalanan yang gelap serta minim pencahayaan, diperlukan penerangan dari foglamp. Tetapi, hal yang harus diperhatikan adalah, pengemudi harus memastikan jika tidak ada pengendara lain. 

Bila jalanan ramai pengendara, pengemudi bisa menggunakan headlamp LED sehingga tidak membuat pengendara lain silau dan membahayakannya. 

2. Membantu Penglihatan Ketika Hujan Deras

Ketika hujan deras, dan sudah menggunakan foglamp, pengemudi tidak perlu cemas. Foglamp memang sengaja diperuntukkan agar visibilitas yang dimiliki pengendara menjadi maksimal. 

Cahaya dari foglamp bisa membantu pengemudi sehingga lebih nyaman bahkan merasa aman ketika berkendara menembus hujan deras.

3. Membantu Pengemudi Menembus Kabut

Menempuh perjalanan di pegunungan tentu menjadi hal yang menantang. Lebih-lebih jika melihat kontur jalan yang berkelok serta berkabut. 

Ketika harus menembus jalanan, foglamp akan sangat membantu karena cahaya yang dipancarkan sangat kuat serta lebih lebar. Dengan pancaran cahaya ini, jarak pandang pengemudi akan terbantu.

Baca Juga : Tips Mengatur Sorot Lampu yang Tepat Agar Aman untuk Perjalanan di Malam Hari

Cara Pasang Relay Lampu Foglamp

Sebelum melakukan pemasangan foglamp, terdapat aturan serta syarat pemasangan yang harus diketahui terlebih dahulu. Seperti pemasangan foglamp paling banyak 2 buah, selain itu pemasangan dilakukan di bagian depan. 

Sedangkan untuk lampu kabut harus memiliki warna putih atau kuning dengan titik paling tinggi penyinaran tidak melebihi lampu utama. Untuk memasang foglamp berikut langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Beli Foglamp Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan pemasangan, Anda harus membeli foglamp ini terlebih dahulu. Anda dapat membeli foglamp dengan set lengkap seperti kabel, saklar serta relay. Pilih produk sesuai mobil yang digunakan. 

Hal ini disebabkan karena, umumnya foglamp menjadi fitur standar, khususnya untuk varian yang paling tinggi.

Sebenarnya jenis lampu foglamp berbeda-beda. Jika Anda bingung memilihnya bisa cek tulisan kami sebelumnya disini Jenis Lampu Foglamp atau Kabut.

2. Mulai Melakukan Proses Pemasangan

Untuk memulai proses pemasangan, Anda dapat membuka klip bumper yang lokasinya berada di spakbor ban depan. Umumnya, di dalam sana terdapat dudukan yang digunakan untuk lampu kabut. 

Dudukan lampu kabut biasanya berada di bagian bumper, tepatnya ada di bagian bawah lampu utama. Bila sudah menemukannya, lepaskan klip penutup dudukan, dan pasang lampu.

Kencangkan dengan baut, bila pemasangan sudah dilakukan dengan sempurna, tutup seluruh bagian yang tadinya dibuka. 

3. Lakukan Pemasangan Kabel

Langkah berikutnya adalah melakukan pemasangan kabel. Kabel serta soket lampu harus bisa dijangkau di bagian mesin mobil, sehingga terdapat tambahan kabel yang disambung ke bagian foglamp. 

Selain kabel tersebut, ada pula kabel saklar yang digunakan untuk menyala serta mematikan lampu. Anda dapat mengurut kabel dari lampu sampai dasbor yang lokasinya berada di bawah setir. 

Ketika melakukan pemasangan, pastikan pengaturannya tidak berantakan sehingga tidak menimbulkan masalah. 

Sekilas, cara pasang relay lampu foglamp tambahan untuk mobil memang sangat mudah.

Namun, bila Anda memiliki masalah saat pemasangan, Anda dapat mengunjungi bengkel resmi atau dealer Daihatsu. Di sini, berbagai masalah mobil dapat diselesaikan dengan baik. Bila tidak memiliki banyak waktu, Anda dapat melakukan booking service terlebih dulu. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

8 Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri Dengan Benar

2021-08-08

Ketika ban mobil bocor atau kempes di tengah jalan dan mengharuskan pergantian ban. Sementara, tidak ada orang yang bisa membantu. Mau tidak mau Anda harus bisa menggant

thumbnail

Cara Parkir Mobil Aman Tanpa Merusak Transmisi Otomatis Mobil

2022-03-16

Parkir mobil aman tanpa merusak transmisi otomatis mobil wajib diketahui pemilik kendaraan. Mobil transmisi otomatis atau matic, merupakan jenis mobil yang paling banyak

thumbnail

Perbedaaan Antara Cakram Ventilated dan Cakram Slotted

2022-04-07

Semua jenis kendaraan pastinya dilengkapi dengan adanya rem. Keselamatan pengguna kendaraan akan lebih terjamin jika terdapat rem yang pakem. Rem cakram yang digunakan p

thumbnail

Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum Lama

2022-08-16

Aki merupakan komponen yang memiliki peran krusial terhadap sistem kelistrikan mobil sehingga harus selalu dicek dan dirawat secara rutin karena jika tidak akan timbul masalah aki tidak bisa menyim