Logo Daihatsu
Menu

Cara Pindah Kewarganegaraan

Family

2020-12-04

cara pindah kewarganegaraan

Berpindah kewarganegaraan adalah hal yang diperbolehkan di berbagai negara. Karena status kewarganegaraan tidak bersifat memaksa. Seseorang dapat menjadi warga negara Indonesia ataupun berpindah kewarganegaraan. Cara pindah kewarganegaraan ini pun memiliki prosedur yang telah diatur.

Ada beberapa faktor yang membuat orang berpindah kewarganegaraannya. Faktor ekonomi bisa menjadi salah satu faktor seseorang berpindah kewarganegaraan. Seperti warga negara Indonesia yang tinggal di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Beberapa orang memilih untuk berpindah kewarganegaraan karena sulitnya mendapatkan akses pendidikan dan ekonomi.

Selain faktor ekonomi, faktor pernikahan juga dapat membuat seseorang berkeinginan untuk pindah kewarganegaraan. Apalagi jika sudah menetap tinggal di negara asing dan tinggal lama di sana. Akan cukup sulit untuk mengurus surat ijin tinggal dan pulang pergi ke Indonesia. Sehingga beberapa pasangan yang sudah menikah lama dengan orang asing akan memutuskan untuk pindah kewarganegaraan.

Negara Indonesia, mengizinkan warga negaranya untuk berpindah warga negara dengan cara pindah kewarganegaraan sebagai berikut ini.

Cara Pindah Kewarganegaraan

Sebelum seorang warga negara berpindah kewarganegaraan, orang tersebut harus sudah memiliki status kewarganegaraan lain. Setelah itu Sahabat dapat mengurus surat permohonan untuk kehilangan kewarganegaraan Indonesia.

Membuat Surat Permohonan Kehilangan Kewarganegaraan

Setelah mendapatkan kewarganegaraan baru, di sini pemohon harus membuat surat permohonan kehilangan kewarganegaraan. Dalam surat ini ditulis dengan bahasa Indonesia di atas kertas bermaterai. Surat tersebut berisikan, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, tempat lahir, alamat tempat tinggal, pekerjaan, status perkawinan dan alasan pemohon.

Pada surat permohonan kehilangan kewarganegaraan, pemohon juga akan diminta untuk melampirkan beberapa dokumen.

Pertama, fotokopi akta kelahiran ataupun surat yang dapat membuktikan pemohon tersebut lahir di Indonesia dan disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.

Kedua, fotokopi buku nikah atau akta pernikahan. Atau kutipan akta perceraian jika bercerai. Atau fotokopi akta kematian istri atau suami pemohon bagi yang belum berusia delapan belas tahun dan sudah kawin. Dokumen tersebut sudah harus disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.

Ketiga, fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau Surat Perjalanan Republik Indonesia yang telah disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.

Keempat, surat keterangan dari delegasi negara asing yang menyatakan, dengan kehilangannya kewarganegaraan Indonesia, maka pemohon akan menjadi warga negara asing tersebut.

Ketujuh, pas foto ukuran 4x6 sebanyak enam lembar miliki pemohon. Dan foto tersebut adalah foto terbaru dan foto tersebut berwarna.

Tahap Penyerahan dan Pemeriksaan Berkas

Setelah melengkapi surat permohonan kehilangan kewarganegaraan, surat beserta lampirannya tersebut diserahkan kepada perwakilan Indonesia yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal pemohon.

Setelah dokumen tersebut diterima oleh pejabat setempat, akan diperiksa dengan waktu paling lama empat belas hari terhitung dari tanggal diserahkan dokumen tersebut.

Dokumen tersebut akan diperiksa apakah sudah lengkap atau belum. Jika ternyata sudah lengkap, maka perwakilan Indonesia akan menyampaikan permohonan tersebut kepada Menteri dalam waktu paling lama dua bulan sejak tanggal permohonan diterima secara lengkap.

Lalu menteri akan memeriksa dokumen tersebut dalam waktu paling lama empat belas hari. Jika berkas telah lengkap, maka akan diteruskan kepada Presiden maksimal empat belas hari dari tanggal permohonan diterima.

Setelah itu presiden akan menetapkan nama-nama warga negara yang kehilangan kewarganegaraannya dan meneruskan kepada perwakilan Indonesia.

Perwakilan Indonesia akan menyampaikan keputusan presiden kepada pemohon paling lambat tujuh hari sejak putusan diterima.

Sementara itu menteri akan mengumumkan nama-nama warga negara yang kehilangan kewarganegaraan Indonesia.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Deretan Smartwatch Anak Murah dan Terbaik

2021-01-12

Smartwatch anak terbaik merupakan gadget yang sedang digandrungi oleh anak kecil saat ini. Beberapa anak bahkan merengek dan meminta orang tua mereka untuk membelikannya

thumbnail

4 Cara Menyendawakan Bayi dan Alasannya Pentingnya Bayi Bersendawa

2020-11-13

Sebagai seorang ibu banyak sekali perlu diperhatikan dari bayinya. Bahkan warna urine dan juga fesesnya pun turut menjadi perhatian seorang ibu. Seolah tidak ada bagian dari bayi sedikit pun yang t

thumbnail

Untuk Para Wanita, Lakukan Cara - Cara Ini Agar Sukses Dalam Karier dan Rumah Tangga

2020-12-02

Menjadi seorang ibu rumah tangga sekaligus wanita karir bukanlah perkara mudah. Membagi peran serta waktu antara pekerjaan kantor dan rumah membutuhkan niat dan konsiste

thumbnail

Deretan Film Anak Anak Terbaik Sepanjang Masa

2020-11-27

Film anak anak merupakan salah satu alternatif hiburan yang aman ditonton. Selain karena memang dibuat khusus sesuai perkembangan anak, film-film tersebut bisa dijadikan