Logo Daihatsu
Menu

Cara Rotasi Ban Mobil yang Benar, Ini Fungsi dan Manfaatnya!

Otomotif

2022-11-22

Cara Rotasi Ban Mobil yang Benar, Ini Fungsi dan Manfaatnya!

Rotasi ban mobil merupakan salah satu cara merawat ban mobil agar lebih awet dan nyaman ketika digunakan berkendara. Teknik perawatan ban mobil ini memiliki banyak fungsi dan manfaat. Oleh karena itu, harus dilakukan dengan benar. Di bawah ini akan diulas secara lengkap bagaimana cara melakukan rotasi ban yang benar. Berikut ulasan selengkapnya.

Jenis Ban Yang Bisa Dirotasi

Sebelum Anda mengetahui cara rotasi ban pada mobil lebih jauh lagi, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu jenis ban apa yang bisa dirotasi. Berikut jenisnya :

1. Ban temporary

Ban temporary biasanya sering digunakan sebagai ban cadangan ketika mobil dalam keadaan darurat. Jenis ban ini memiliki ciri khas pelek berukuran lebih kecil dibandingkan ban utama. 

2. Ban full size

Ban jenis ini memiliki bentuk dan ukuran yang sama persis dengan ban utama mobil. 

Setelah Anda mengetahui jenis ban yang bisa di rotasi dengan baik. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui waktu yang pas untuk melakukan rotasi ban. Waktu terbaik untuk melakukan rotasi ban biasanya dilakukan ketika mobil menempuh jarak 5000 km. Namun, jarak tersebut bisa berubah lebih cepat tergantung dengan kondisi pemakaian mobil.

Cara Rotasi Ban Mobil yang Benar

Cara rotasi ban sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah, yaitu memindah posisi ban bagian depan mobil ke bagian belakang atau bisa dengan cara menyilang. Namun sebelum memindahkannya, Anda perlu memperhatikan alur tapak ban. Sebab, rotasi ban tidak dapat dilakukan menyilang jika ban hanya memiliki satu alur tapak. 

Selain itu, setiap mobil memiliki sistem penggerak yang berbeda ada yang menggunakan sistem FWD dan RWD. Oleh karena itu, jangan sampai Anda keliru saat melakukan proses rotasi tersebut. Berikut cara rotasi ban pada mobil yang benar.

1. Rotasi ban pada sistem FWD

Berikut beberapa cara yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan rotasi ban pada mobil bersistem penggerak FWD.

  1. Anda bisa menjadikan ban depan sebagai ban serep atau bisa dimundurkan menjadi ban kiri belakang mobil.
  2. Ban belakang mobil bagian kanan dimajukan untuk menempati ban depan bagian kiri.
  3. Lakukan penyilangan ban dengan cara yang sama dengan sebelumnya. Anda bisa memajukan ban kiri bagian belakang menjadi ban kanan bagian depan.
  4. Ban serep juga bisa Anda gunakan sebagai ban belakang mobil.

2. Rotasi ban pada sistem RWD

Berikut cara rotasi ban yang benar pada mobil bersistem RWD.

  1. Anda bisa menjadikan ban kanan bagian depan sebagai ban kiri belakang mobil.
  2. Kemudian ban kiri belakang Anda majukan sebagai ban kiri depan mobil.
  3. Selanjutnya, majukan ban kanan belakang ke posisi ban kanan depan.
  4. Ban kiri depan mobil bisa Anda gunakan sebagai ban serep. 
  5. Dan ban serep mobil bisa Anda gunakan sebagai ban kanan belakang mobil.

Sangat mudah sekali bukan? Setelah Anda mengetahui cara rotasi ban pada mobil yang benar. Sekarang saatnya Anda ketahui fungsi dan manfaat dari rotasi ban. 

Baca Juga : Perbedaan Penggerak Mobil FWD dan RWD, Yuk Ketahui!

Fungsi dan Manfaat Melakukan Rotasi Ban

Berikut fungsi dan manfaat yang Anda dapatkan setelah melakukan rotasi ban

1. Memaksimalkan usia pakai ban

Manfaat pertama, usia pakai ban Anda menjadi lebih awet sehingga Anda tidak perlu repot-repot bolak-balik mengunjungi bengkel melakukan penggantian setiap sisi ban. Kondisi ini tentunya menghemat biaya perawatan ban.

2. Ban tidak mudah aus

Manfaat kedua, ban mobil bagian depan tidak mudah aus. Apabila rotasi ban dilakukan secara rutin akan memperhalus telapak ban sehingga telapak dari keempat mobil menjadi rata.

3. Mengetahui kapan waktu yang tepat melakukan spooring dan balancing ban

Manfaat ketiga, Anda bisa mengetahui kondisi ban apakah ada perbedaan tekanan di setiap ban atau ada kerusakan. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan kapan waktu yang tepat melakukan spooring dan balancing pada ban mobil. 

Demikian ulasan mengenai fungsi, manfaat, dan cara mengganti rotasi ban mobil yang benar. Jangan lupa kunjungi dealer Daihatsu terdekat apabila Anda ingin melakukan rotasi ban yang benar. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Cargo Net pada Mobil Xenia

2021-11-30

Seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, kini mobil sudah seperti kebutuhan biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari meningkatnya jumlah penjualan mobil maupun aksesorisnya semacam cargo net

thumbnail

Apakah Oil Sludge Bisa Terjadi pada Mobil Matic?

2022-01-10

Oil sludge merupakan istilah untuk menyebut lumpur oli atau kotoran yang berasal dari hasil oksidasi maupun pencemaran pada oli mesin. Hal ini mungkin saja terjadi pada semua jenis kendaraan, terma

thumbnail

10 Macam-Macam Alat Ukur Mekanik dan Fungsinya

2022-11-08

Alat ukur mekanik merupakan alat yang digunakan untuk mengukur dimensi sebuah benda. Hal tersebut mencakup panjang, lebar, kedalaman, dan diameter benda. Disebut mek

thumbnail

5 Komponen Gardan Mobil dan Fungsinya

2021-02-15

Differential atau gardan menjadi komponen penting yang ada pada sistem pemindah tenaga atau yang disebut dengan power train system.