Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Perbedaan Penggerak Mobil FWD dan RWD, Yuk Ketahui!
07 November 2022
fwd adalah

FWD adalah singkatan dari Front Wheel Drive atau lebih dikenal dengan sistem penggerak roda depan. Seperti diketahui dalam dunia kendaraan roda empat, sistem penggerak roda terbagi menjadi 5 yaitu AWD/4WD, FWD, RWD. Rear Engine RWD, dan Mid Engine RWD.

Nah, pada pembahasan kali ini akan diulas perbedaan mengenai apa itu FWD dan RWD.  Penasaran apa saja perbedaanya? Simak selengkapnya dibawah ini!

Perbedaan Penggerak Mobil FWD dan RWD

Perbedaan Penggerak Mobil Fwd Dan Rwd

Memahami sistem penggerak roda mobil sangatlah perlu, terutama bagi yang hendak membeli mobil.

Lantas mengapa memahami hal tersebut perlu dilakukan? Karena roda merupakan komponen yang mendistribusikan tenaga dari mesin agar manuver mobil baik.

Lantas apa saja perbedaan dari mobil FWD dan RWD? Temukan jawabannya, di bawah ini :

1. Sistem Penggerak FWD (Front Wheel Drive)

Mobil FWD (Front Wheel Drive) adalah mobil yang digerakkan dengan penggerak roda depan yang tenaganya berasal dari mesin. Dalam proses ini tidak melalui gardan, hal ini karena langsung disalurkan pada mesin dan transmisi.

Berikut ini adalah beberapa poin yang disorot dari sistem penggerak FWD :

  • Letak dari sistem penggerak FWD berada pada kedua roda mobil bagian depan. Mobil yang menggunakan sistem FWD dan bermesin depan sering disebut dengan Front Engine (FF). Mobil FWD di indonesia cukup banyak, kebanyakan mobil dengan jenis MPV dan SUV yang menggunakan sistem tersebut. Contohnya, seperti mobil All New Daihatsu Xenia, Daihatsu Ayla, Sirion, dan Sigra.
  • Ruang kabin untuk mobil bersistem FWD terbilang cukup luas. Sangat cocok untuk dijadikan referensi ketika hendak membeli mobil keluarga.
  • Suara yang dihasilkan mobil bersistem FWD cenderung halus. Hal tersebut dikarenakan mobil ini tidak menggunakan gardan. Tidak adanya gardan ini, membuat mobil ini bertenaga besar dan efisien.
  • Handling mobil bersistem FWD terbilang sangat baik meski kondisi jalanan licin. Hal tersebut terjadi karena roda depan mobil FWD dapat menarik roda belakang. Kenyamanan handling inilah yang membuat mobil FWD begitu diminati karena dinilai aman dan anti-selip.
  • Konsumsi bahan bakar mobil FWD lebih irit dibandingkan mobil RWD. Hal tersebut dikarenakan tenaga mesin diteruskan langsung menuju roda bagian depan.

Baca Juga : Mobil Penggerak Roda Depan vs Belakang, Ini Kelebihannya!

2. Sistem Penggerak RWD (Rear Wheel Drive)

Selanjutnya, pengertian dari penggerak RWD atau singkatan dari Rear Wheel Drive adalah sistem penggerak roda belakang yang tenaganya berasal dari mesin.

Sedangkan pada sistem penggerak RWD, poin yang disorot adalah sebagai berikut.

  • Letak dari sistem penggerak RWD berada pada kedua roda belakang mobil. Sistem tersebut dapat dikombinasikan dengan mesin belakang, tengah, maupun depan. Beberapa mobil di Indonesia yang menggunakan sistem RWD adalah Daihatsu Gran Max, Daihatsu Terios, dan Daihatsu Luxio.
  • Ruang kabin di mobil RWD lebih terbatas karena di bawah sasis terdapat terowongan untuk gardan.
  • Suara mobil RWD tidak terlalu halus seperti mobil FWD.
  • Handling mobil RWD bisa dibilang lebih baik dari mobil FWD. Mobil RWD terbukti bandel digunakan di segala medan. Apalagi saat melewati jalanan dengan tanjakan, mobil ini dapat menanjak dengan sangat mudah dan kuat. Mobil RWD juga dinilai lebih seimbang dibandingkan FWD. Hal tersebut terjadi posisi penggerak roda dan mesin terpisah. Kondisi mesin dan sistem penggerak yang terpisah, membuat radius putar jadi lebih luas. Hal ini membuat manuver mobil jadi lebih asyik. Namun, kondisi ini juga menimbulkan oversteer (ngepot).
  • Untuk konsumsi bahan bakar, mobil RWD terbilang cukup boros. Hal tersebut terjadi karena tenaga yang disalurkan dari mesin ke roda tidak terlalu besar.

Lantas, dari penjelasan diatas apa kelebihan FWD ini? Jadi kelebihan FWD yaitu bobotnya lebih ringan, sehingga konsumsi bahan bakar pada mobil akan lebih hemat.

Demikian perbedaan antara sistem penggerak mobil FWD dan RWD yang bisa Anda ketahui. Jika Anda masih belum memahaminya, Anda bisa bertanya langsung ke dealer Daihatsu terdekat. Di sana Anda akan mendapatkan seputar informasi mengenai spesifikasi mobil Daihatsu. Jadi Anda dapat memilih mobil sesuai kebutuhan Anda. Jika melihat ulasan di atas, Anda lebih tertarik menggunakan mobil bersistem FWD atau RWD?

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor