Logo Daihatsu
Menu

Mobil Penggerak Roda Depan vs Belakang, Ini Kelebihannya!

Otomotif

2022-09-26

Mobil Penggerak Roda Depan vs Belakang, Ini Kelebihannya!

Ketika sedang ingin membeli sebuah mobil, semua orang pasti mempertimbangkan sistem penggerak roda mobil sebelum menentukan mobil pilihannya. Apakah memilih mobil penggerak roda depan atau memilih mobil penggerak roda belakang? 

Sebelum Anda menentukan pilihan, perhatikan ulasan kelebihan dan kekurangan kedua jenis sistem, penggerak roda mobil tersebut. 

Mobil Penggerak Roda Depan di Indonesia

Sistem penggerak roda depan, lebih dikenal dengan sebutan Front Wheel Drive (FWD). Penggunaan sistem FWD dimulai sejak periode tahun 1930. Ketika tahun 1934, sistem FWD digunakan untuk pertama kalinya oleh mobil Traction Avant (Citroen).

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, penggerak roda depan mobil apa aja? Saat ini sistem FWD diterapkan oleh mobil Daihatsu Sigra, Ayla, dan mobil-mobil perkotaan lainnya. 

Di Indonesia penggunaan mobil dengan sistem FWD terbilang cukup populer karena banyaknya produsen mobil yang menggunakan sistem tersebut. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan mobil dengan sistem FWD.

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Depan 

Kenapa mobil sekarang pakai penggerak roda depan? Adapun kelebihan mobil dengan sistem FWD adalah sebagai berikut.

1. Biaya Produksi Lebih Hemat dan Murah

Hal tersebut terjadi karena parts yang digunakan mobil FWD lebih sedikit dan tidak menggunakan gardan.

2. Bobot Menjadi Lebih Ringan

Hal tersebut terjadi karena mobil FWD tidak memiliki gardan.

3. Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan Lebih Hemat

Bobotnya yang ringan, tentu membuat kinerja mesin tidak terlalu berat sehingga menghemat bahan bakar.

4. Akselerasi Mobil Semakin Baik

Hal tersebut terjadi karena jarak mesin dengan penggerak roda (depan) dekat dan dapat disalurkan dengan baik. Sehingga performa mesin mobil maksimal dan kencang.

Kelemahan Mobil Penggerak Roda Depan 

Meskipun punya banyak kelebihan, sistem FWD ini juga punya beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, antara lain :

1. Sulit Berbelok (Understeer)

Hal tersebut terjadi karena roda depan mobil berfungsi sebagai pusat untuk membelokkan roda mobil sekaligus mendorong mobil ke depan. 

2. Cepat Merusak Komponen Roda dan Drive Shaft

Hal tersebut terjadi karena jumlah komponen pada bagian depan mobil terlalu banyak. Sehingga terkadang menimbulkan bunyi kencang dari kabin. Serta diakibatkan karena roda terlalu sering selip saat mobil menanjak.

3. Sulit Menanjak

Apakah mobil penggerak roda depan kuat nanjak? Jawabannya, tidak! Saat mobil menanjak, maka posisi mobil akan semakin turun ke belakang. Hal tersebut terjadi karena beban akan berpindah ke bagian belakang mobil. 

Baca Juga : 4 Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Mobil Penggerak Roda Belakang

Mobil jenis ini lebih dikenal dengan sebutan Rear Wheel Drive (RWD). Sistem RWD biasanya digunakan untuk kendaraan angkutan (niaga) seperti bemo, bus, dan truk.

Karena mobil ini menggunakan gardan sebagai penghubung antara transmisi mobil dengan mesin mobil. Beberapa mobil di Indonesia yang menggunakan sistem RWD adalah Daihatsu Xenia, dan Daihatsu Terios

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang

Diatas kita sudah mengenal mobil penggerak roda depan beserta kelebihan adn kekurangannya. Lantas, bagus mana mobil penggerak roda depan atau belakang? Nah, untuk mengetahuinya berikut ini kelebihan mobil penggerak roda belakang sebagai berikut.

1. Umur Komponen Penggerak Mobil Lebih Panjang (Awet)

Hal tersebut terjadi karena pada mobil RWD beban kerja roda akan dibagi sesuai fungsinya.

Roda depan hanya digunakan sebagai kemudi. Sedangkan roda belakang berfungsi sebagai penggerak mobil. Hal inilah yang membuat beberapa komponen seperti ban, ball joint, penggerak, dan kemudi menjadi lebih awet.

2. Cocok Digunakan di Medan Tanjakan

Mobil RWD memiliki sistem dorong yang lebih kuat di bagian belakang, sehingga dinilai lebih baik daripada mobil FWD.

3. Kemudi Mobil Lebih Seimbang

Hal tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh pembagian beban kerja roda depan dan belakang yang seimbang. 

Baca Juga : Komponen Kaki-kaki Mobil Ini yang Wajib Diperhatikan

Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

Meskipun begitu, mobil penggerak roda belakang juga memiliki kekurangan.

1. Bobot Mobil Menjadi Lebih Berat

Hal tersebut terjadi karena pada bagian belakang mobil memiliki banyak parts, contohnya gardan, as roda, dan propeller shaft.

2. Mudah Tergelincir (Oversteer)

Tingginya performa bagian roda belakang mobil, membuat mobil ini mudah tergelincir (ngesot). 

3. Kabin Sempit

Banyaknya komponen yang tersimpan pada bagian belakang mobil seperti propeller shaft dan komponen sistem transmisi, membuat kabin menjadi lebih sempit. 

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil penggerak roda depan vs belakang yang sudah Anda ketahui.

Lantas Anda tertarik menggunakan sistem penggerak roda depan atau belakang? Bila Anda masih bingung menentukan pilihan Anda, Anda bisa kunjungi dealer Daihatsu terdekat untuk membantu Anda memilih mobil sesuai kebutuhan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mendeteksi Master Rem yang Bocor

2022-04-28

Setiap kendaraan yang akan digunakan sudah seharusnya di cek terlebih dahulu mengenai remnya. Kendaraan tanpa adanya rem yang cakram justru bisa membahayakan pengendaran

thumbnail

Di Musim Hujan,Ini Bagian Terpenting Dalam Mobil yang Membutuhkan Perhatian Ekstra

2021-02-18

Hayo siapa di sini yang sayang banget sama mobilnya? Meskipun hanya sebuah benda, tentunya sahabat sangat menyayangi mobil dong, apalagi mobil hasil kerja keras sendiri,

thumbnail

Jangan Langsung Tambah Freon, Penanganan Jika AC Kurang Dingin

2022-05-06

Pada saat mengendarai mobil, pastinya AC harus dinyalakan agar tidak merasa panas dan gerah saat di dalam mobil. Namun apa jadinya jika AC kurang dingin? Pastinya kondis

thumbnail

Kekurangan Karpet Mie Mobil serta Cara Merawatnya

2021-02-02

Salah satu jenis karpet mobil yang kini digandrungi adalah karpet mie. Karpet bernama lain karpet PVC coil ini bisa membuat kotoran pada mobil mengendap ke dasar karpet.