Logo Daihatsu
Menu

Catat! Inilah Beberapa Jenis Ban untuk Jalan Aspal yang Bisa Dipakai

Otomotif

2021-02-25

jenis ban

Tak semua ban cocok dipakai untuk jalanan aspal. Untuk itulah, Sahabat jangan sampai asal memilih dalam memilih ban mobil. Jika Sahabat sedang mencari ban yang cocok untuk jalan aspal, jangan sampai lewatkan artikel ini.

Pada artikel ini, kami akan bagikan beberapa jenis ban yang bisa dipakai untuk jalanan aspal. Tidak percaya? Langsung saja simak daftarnya di bawah ini!

All Terrain

Jenis ban pertama yang bisa dipakai adalah all terrain. Ban satu ini cocok dipakai di aspal lantaran ban ini tak mengeluarkan gesekan saat berada di aspal. Hanya saja, ban ini akan mengeluarkan suara sedikit bising saat berada di jalanan aspal.

Tak hanya untuk jalan aspal, ban ini juga cocok untuk permukaan jalan yang berbatu dan berlumpur. Walau begitu, kami sarankan untuk tidak melewati jalan tersebut terlalu sering. Melakukan hal itu akan merusak ulir pada ban ini. Bila ulirnya rusak, ban satu ini akan kesulitan untuk mencengkram permukaan jalan. Ban satu ini cocok dipakai untuk mobil pribadi ataupun mobil offroad.

High Terrain

Jenis ban selanjutnya yang bisa digunakan adalah high terrain. Tak seperti ban sebelumnya, ban satu ini hanya cocok untuk jalan aspal saja. Ciri khas ban ini adalah permukaannya yang halus. Permukaan tersebut bikin ban ini semakin mudah mencengkram permukaan jalan aspal.

Ban satu ini bisa dipakai untuk berbagai jenis mobil yang lazim dipakai di perkotaan. Semisal city car, MPV, dan juga sedan.

ECO Ban

Jenis ban satu ini tak hanya cocok untuk jalanan aspal. Tetapi, juga cocok untuk Sahabat yang mau menghemat bahan bakar pada mobil Sahabat. Hal itu tak lepas dari hambatan gulirnya yang rendah dibanding ban biasa. Hambatan gulir semacam itu bikin ban ini lebih mudah melaju, serta bikin konsumsi BBM-nya rendah.

Jenis ban ini umumnya dibuat dari bahan silika. Bahan itulah yang menyebabkan hambatan gulirnya begitu rendah. Selain cocok dipakai di jalan aspal, jenis ban ini juga cocok dipakai di jalanan yang terkena hujan. Ban satu ini sangat cocok dipakai untuk mobil penumpang.

Ban All Season

Seperti ban sebelumnya, ban satu ini juga bisa dipakai untuk jalanan yang terkena hujan. Tak cuma itu, ban ini juga bisa dipakai untuk jalanan aspal yang kering. Ciri khas utama ban ini sendiri adalah alur bannya yang asimetris.

Ciri khas lainnya adalah bagian inner dan outer yang ada pada bagian dinding bannya.Ciri khas tersebut bikin ban ini bisa dirotasi ke segala arah. Entah itu dari dalam ke luar, atau dari kanan ke kiri. Pastikan untuk memperhatikan bagian inner dan outer-nya, bila Sahabat mau merotasi ban satu ini.

Ban Beralur V

Jenis ban terakhir yang bisa dipakai jalan aspal adalah ban beralur V. Sesuai namanya, ban ini punya ciri khas berupa bentuk alurnya yang mirip huruf V. Ban ini sangat efektif dipakai di jalanan aspal yang terkena hujan.

Saat berada di jalanan tersebut, ban ini bakal memindahkan air hujan secara efisien. Ban ini juga bisa dipindahkan seperti ban sebelumnya. Sayangnya, ban ini hanya bisa dipindahkan dari depan ke belakang atau sebaliknya. Jenis ban ini cocok dipakai untuk mobil dengan performa tinggi.

Itulah beberapa jenis ban untuk aspal yang bisa Sahabat pakai. Semoga bermanfaat untuk Sahabat yang lagi cari ban yang cocok untuk jalan aspal.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Blower AC Mobil Mati & Cara Mengatasinya

2022-08-05

Blower AC mobil yang mati atau tidak menyala membuat suhu di dalam kendaraan terasa panas terutama saat cuaca kemarau, atau pada saat mobil dalam keadaan berada di tengah kemacetan

thumbnail

Penyebab Piringan Cakram Mobil Tidak Rata dan Cara Mendeteksinya Secara Dini

2022-03-03

Jika Anda mulai merasakan pedal rem Anda terasa bergetar secara tidak wajar tiap diinjak atau kekuatan pengeremannya menjadi tidak langsung membuat mobil berhenti sepert

thumbnail

Jenis Oli Apa Saja yang Harus Diganti pada Mobil Matic?

2021-08-31

Oli atau pelumas merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan baik motor maupun mobil. Oli ini berperan untuk melumasi komponen pada kendaraan. Mesin dan komponen me

thumbnail

Hal yang Perlu Sahabat Ketahui tentang Airbag

2020-12-04

Dalam berkendara, Sahabat perlu memastikan satu hal, yakni keamanan. Selain AC, radio, jok mobil sebagai penunjang kenyamanan saat berkemudi, Sahabat juga harus memperha