Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Selang Radiator Mobil Rusak dan Perlu Diganti

Otomotif

2021-08-31

selang radiator rusak

Selang radiator sering tidak dianggap penting padahal termasuk salah satu komponen yang bermanfaat sebagai pendingin mesin mobil. Selang radiator berfungsi untuk mengalirkan air mesin yang panas ke radiator untuk didinginkan. Tentu sangat penting mengetahui ciri selang radiator harus diganti agar tetap berfungsi dengan baik.

Selang radiator yang tidak berfungsi dengan baik akan berpengaruh pada sistem pendinginan. Bahkan hal ini bisa menyebabkan kerusakan parah pada mesin mobil. Maka dari itu Anda perlu melakukan pengecekan selang radiator secara cermat dan teliti.  Lalu, bagaimana ciri selang radiator harus diganti? Berikut inilah penjelasan lengkapnya.

Inilah Ciri Selang Radiator Harus Diganti yang Perlu Sahabat Tahu

Selang radiator bisa mengalami kerusakan jika tak dirawat dan dibersihkan secara berkala. Inilah ciri selang radiator harus diganti : 

1. Sobek / Pecah

Ciri selang radiator harus diganti yang paling jelas adalah sobek atau pecah. Selang radiator yang sobek atau pecah bisa menyebabkan kebocoran air radiator. Kondisi seperti ini akan membuat kerusakan berat pada mesin seperti silinder head bengkok, piston macet, dan silinder blok baret.

Kerusakan selang radiator ini bisa disebabkan karena berbagai faktor. Seperti misalnya lama pemakaian, gesekan dengan benda lainnya di sekitar selang, dan kerikil tajam saat berkendara. Jika selang radiator sudah seperti ini maka sebaiknya Anda segera mengganti dengan yang baru.

2. Keras dan retak-retak

Ciri selang radiator harus diganti selanjutnya adalah selang radiator yang sudah keras dan retak-retak. Biasanya selang radiator terbuat dari karet yang dilapisi benang di tengahnya. Jika selang radiator sudah keras saat dipegang, sebaiknya harus segera diganti.

Selang radiator bisa menjadi keras dan retak-retak biasanya disebabkan karena usia pakai yang sudah terlalu lama dan beban kerja radiator. Namun ada beberapa kondisi selang radiator yang tampak bagus dari luar akan tetapi jika dipegang terasa keras dan banyak retakan.

3. Menggembung saat ada tekanan

Selang radiator terbuat dari jalinan benang-benang yang kokoh. Hal ini bertujuan agar selang radiator tidak mudah berubah bentuk jika terkenan tekanan tinggi sehingga tidak mudah menggembung. 

Apabila selang radiator menggembung saat terkena tekanan, maka jalinan benang-benang pada selang radiator tersebut sudah putus. Sehingga menyebabkan selang radiator menggelembung. Tentu jika dibiarkan terus menerus bisa pecah dan menyebabkan mesin overheat.

4. Penggunaan sudah lebih 5 tahun

Ciri selang radiator harus diganti adalah saat penggunaannya sudah lebih dari 5 tahun. Hal ini karena biasanya umur selang radiator hanya tahan sampai 5 tahun saja. Untuk memaksimalkan penggunaan selang radiator jangan sampai melebihi batas waktunya.

Jika selang radiator sudah lebih 5 tahun biasanya akan muncul tanda-tanda kerusakan seperti di atas. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan pengecekan dan pengantian selang radiator jika sudah mucul ciri-ciri seperti ini.

5. Genangan pada air radiator

Genangan pada air radiator biasanya disebabkan karena terjadi kebocoran selang. Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa melakukan pengecekan selang radiator. Apakah genangan tersebut disebabkan oleh kebocoran selang atau sistem pendingin lainnya.

Nah, itulah berbagai ciri selang radiator harus diganti. Jika kerusakan selang radiator sudah semakin parah maka harus segera diganti secepat mungkin. Hal ini untuk menghindari fungsi pendinginan mobil yang tidak maksimal.

Jika Anda ingin selang radiator awet dan tidak mudah bocor, Anda bisa beli mobil dari Daihatsu. Atau jika mobil Anda telah mengalami kerusakan selang radiator, segera saja kunjungi bengkel Daihatsu untuk mendapatkan penggantian sparepart dengan versi yang original. 

Kunjungi website resmi kami untuk mengetahui informasi lengkapnya!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mencegah Piston Kaliper Rem Macet

2022-04-07

Kendaraan yang memiliki rem kurang pakem pastinya akan sangat membahayakan. Rem yang tidak berfungsi secara optimal bisa saja menyebabkan kecelakan yang tentunya sangatl

thumbnail

Ini Daftar Harga BBM Hari Ini Dan Klasifikasi Jenisnya

2021-01-16

Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) memang seakan tidak bisa dilepaskan korelasinya dengan kendaraan. Hal ini menjadi salah satu hal yang cukup identik, terlebih lagi karena perubahan harga BBM di

thumbnail

6 Penyebab Mesin Tersendat Saat Akselerasi & Cara Mengatasinya

2023-02-16

Mesin tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi merupakan masalah yang kerap kali dialami pengemudi mobil. Lalu apa saja faktor yang menyebabkan

thumbnail

Ini Rute Jakarta Surabaya Naik Mobil Via Trans Jawa Beserta Tipsnya

2020-12-22

Rute Jakarta Surabaya naik mobil adalah pengetahuan yang harus dimiliki Sahabat, jika hendak ke Surabaya naik Jakarta dengan naik mobil. Rute Jakarta Surabaya sendiri di