Logo Daihatsu
Menu

Daihatsu Ceria : Sejarah, Spesifikasi, Harga, dan Fitur-Fiturnya

Brand

2020-11-05

daihatsu ceria

Daihatsu Ceria adalah mobil keluaran Daihatsu lainnya yang layak dikoleksi. Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, mobil satu ini masih banyak diburu oleh para pecinta mobil.

Bentuknya yang mungil, serta harganya yang relatif terjangkau adalah dua alasan di antaranya. Pada artikel kali ini, kami akan mengajak Sahabat untuk mengenal lebih dekat mobil keluaran Daihatsu ini.  

Mulai dari sejarah hingga review mengenal mobil tersebut.Untuk selanjutnya, Sahabat bisa simak langsung di bawah ini!

Sejarah Daihatsu Ceria

Sebelum dijual di Indonesia, Daihatsu Ceria terlebih dulu dijual di Malaysia dengan nama Perodua Kancil. Mobil tersebut pertama kali dijual di Negeri Jiran pada 1994, dan terus dijual hingga 2009.

Melihat betapa lakunya mobil tersebut di Malaysia, Daihatsu pun mencoba menjual Ceria di Indonesia. Mereka pun mulai memasarkan mobil tersebut di Indonesia pada 2001.

Hasilnya tidak sia-sia. Banyak masyarakat yang gandrung pada mobil yang tergolong mini tersebut. Bentuknya yang mini menjadikannya begitu disukai masyarakat saat itu. Sebab, dengan bentuknya yang seperti itu, mereka bisa membawanya ke jalanan secara ringan dan leluasa.

Sayangnya, masa kejayaan Daihatsu Ceria di Indonesia tidaklah lama. Pada 2006, mobil ini resmi tidak diproduksi lagi di negara kita. Tren mobil yang terus berganti adalah salah satu alasan di baliknya.

Kendati begitu, Sahabat masih bisa mendapatkan mobil ini. Sebab, terdapat banyak unit mobil ini yang dijual di pasaran dalam keadaan bekas. Kendati bekas, kualitasnya masih tergolong bagus, serta punya harga terjangkau.

Saat ini, Daihatsu Ceria dibeli sebagai salah satu mobil koleksi. Tak hanya sebagai barang koleksi, beberapa orang pun juga mulai memakainya untuk keperluan sehari-hari.

Harga Daihatsu Ceria

Tadi kita sudah bahas seperti apa sejarah Daihatsu Ceria. Kini, kita bahas seperti apa harga mobil ini di pasaran. Secara harga, Daihatsu Ceria punya harga yang cukup terjangkau. Terutama, untuk mobil Daihatsu Ceria yang sudah dalam kondisi bekas.

Selain murah, harga Daihatsu Ceria yang bekas juga tergolong stabil di pasaran. Rata-rata, harga mobil bekas Daihatsu Ceria berkisar di harga Rp 25 juta - Rp 40 juta.

Saat ini, Daihatsu Ceria bekas yang ada di pasaran adalah Daihatsu Ceria keluaran 2000, 2001, 2003, 2004, dan 2006. Untuk melihat daftar lengkap harganya, Sahabat bisa menyimak tabel sederhana di bawah ini!

Tahun/Tipe Mobil Bekas Daihatsu Ceria

Daihatsu Ceria Bekas 2000 : Rp 28 juta

Daihatsu Ceria Bekas 2001 : Rp 33 juta

Daihatsu Ceria Bekas 2003 : Rp 35 juta

Daihatsu Ceria Bekas 2004 : Rp 38 juta

Daihatsu Ceria Bekas 2006 : Rp 40 juta

Review Daihatsu Ceria

Kini kita ulas Daihatsu Ceria secara mendalam. Pada kali ini, kami akan ulas seperti apa Daihatsu Ceria dari berbagai aspek. Mulai dari mesin, interior, eksterior, hingga fitur dan performa. Ulasan lengkapnya bisa Sahabat simak sebagai berikut!

Mesin

Bisa dibilang kalau mesin Daihatsu Ceria tergolong jadul dibanding mobil lain yang sejenis. Mobil ini masih memakai mesin berkapasitas 850 cc dengan 3 silinder segaris, ED-10, 6 katup, dan SOHC. Mesin itu bisa bikin Daihatsu Ceria menghasilkan tenaga maksimum sebesar 35 Hp/5.500 RPM, serta torsi maksimum sebesar 63 Nm/3.200 RPM.

Interior

Seperti halnya pada mesin, interior pada Daihatsu Ceria pun tergolong agak jadul. Di dalam mobil ini, Sahabat akan menemukan dasbor, warna interior, serta setir mobil yang cukup sederhana.

Khusus untuk setir, setir pada mobil satu ini tergolong ringan untuk dipakai, terutama saat Sahabat hendak bermanuver. Padahal, setir tersebut belum dipasangi power window layaknya setir mobil yang lebih modern.

Interior Daihatsu Ceria juga dilengkapi beberapa macam fitur. Semisal pita radio, AC, central lock, dan power window.

Karena bentuknya yang mini, kapasitas mobil ini pun jadi terbatas. Hanya lima penumpang saja yang bisa memasuki mobil ini. Walau mini, ruangan mobil ini cukup nyaman, sehingga siapa pun bakal betah berlama-lama di sana.

Eksterior

Kita beralih ke eksteriornya. Di bagian depan, Sahabat bisa menemukan logo Daihatsu berukuran mini. Logo tersebut lalu diberi latar biru yang berukuran minimalis. Penampahan latar itu bikin logonya tampak begitu menarik.

Tak jauh dari logo itu, Sahabat bisa melihat grill mobil yang memakai desain warna merah, serta memiliki dua formasi. Grill tersebut bakal mengingatkan Sahabat dengan desain grill BMW Kidney Grille.

Tampilan depan eksterior mobil ini semakin menarik dengan kehadiran lampu-lampunya. Lampu-lampu yang dipakai pada mobil ini didesain dengan bentuk bulat.

Pada bagian belakang, Sahabat bisa menemukan plat nomor yang dipasang di bagian tengah. Selain plat, Sahabat juga bakal menemukan lampu bagian belakang yang nampak kecil dan membulat.

Fitur

Selain memiliki fitur-fitur menarik di bagian interior, Daihatsu Ceria juga punya beberapa fitur menarik lainnya. Beberapa fitur itu bisa Sahabat temukan pada bagian suspensi depan dan belakang.

Di bagian suspensi depan, Sahabat bakal menemukan suspensi MacPherson Strut Independent Coil Spring. Fitur itu telah dipadupadankan dengan stabilizer yang ada di bagian suspensi depan.

Untuk bagian belakang, Sahabat akan menemui fitur berupa Semi Trailing Independent Coil Spring. Fitur ini bikin Sahabat bisa mengendarai Daihatsu Ceria dengan begitu nyaman.

Bila Sahabat membeli Daihatsu Ceria keluaran 2003, Sahabat bakal menemukan fitur menarik di bagian interiornya. Fitur yang dimaksud adalah fitur radio dan juga tape.

Bagi Sahabat yang menyukai mobil modern, fitur-fitur itu mungkin tidak menarik. Namun, bila Sahabat suka mobil jadul dan mau bernostalgia, fitur-fitur tersebut rasanya menarik untuk digunakan.

Performa

Akhirnya kita sampai pada aspek terakhir ulasan Daihatsu Ceria versi kami. Pada aspek mesin, kami sebetulnya sudah menuliskan berapa performa yang dihasilkan mobil keluaran Daihatsu itu.

Namun, sebagai pengingat, kami akan memberitahukannya kembali kepada Sahabat, beserta informasi terkait lainnya. Adapun performa yang dihasilkan mobil tersebut adalah  35 Hp/5.500 RPM (tenaga maksimum), serta 63 Nm/3.200 RPM (torsi maksimum).

Dengan performa tersebut, Daihatsu Ceria bisa menghasilkan kecepatan hingga 135 km/jam. Sebuah ukuran yang sebetulnya cukup besar untuk ukuran Daihatsu Ceria. Mengapa begitu?

Daihatsu Ceria punya bobot yang ringan, khususnya untuk keluaran 2003. Berat rata-rata Daihatsu Ceria sendiri adalah 1.040 kg.  

Untuk mobil seberat itu, kecepatan 135 km/jam bisa bikin mobilnya melayang saat dikendarai. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Daihatsu Ceria. Sebab, Daihatsu Ceria tergolong kuat, sehingga tidak akan melayang walaupun dikendarai dengan kecepatan 135 km/jam.

Demikianlah informasi lengkap soal Daihatsu Ceria. Mulai dari sejarah hingga ulasan tentangnya. Sahabat bisa mempelajari lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria juga. Semoga bisa bikin Sahabat mengenal mobil yang collectable ini. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya!

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Brand

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengulik Perbedaan Xenia Deluxe Family Dan Sporty, Anda Wajib Tahu

2020-10-29

Daihatsu Xenia berupaya memberikan pilihan kendaraan terbaik untuk masyarakat. Namun, terkadang type yang sangat bervariasi memberi pertanyaan baru, apa perbedaan Xenia

thumbnail

Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe, Tipe Xenia Tertinggi Yang Wajib Dimiliki

2020-10-29

Daihatsu memperkenalkan peluncuran mobil terbaru Xenia 1.5 R Deluxe. Mendapatkan penyegaran di beberapa sisi baik dari segi interior dan eksterior, wajar s

thumbnail

GranMax Sahabat Bisnis Wirausahawan Muda

2020-11-25

Berwirausaha tidak harus menunggu pensiun, bukan? Bisnis yang dirintis sejak usia muda bakal membawa banyak manfaat bagi masa depan. Sekarang ini memang kesuksesan tak l

thumbnail

Sigra Hadir dengan Aneka Fitur Mempesona Cocok Untuk Menjadi Mobil Keluarga

2020-10-28

Kini telah hadir tunggangan keren bernama mobil Daihatsu Sigra. Mobil ini siap menjelma sebagai sahabat perjalanan impian keluarga. Perjalanan jauh harus ditempuh menggu