Logo Daihatsu
Menu

Dampak Buruk Merokok di Dalam Mobil bagi Interior

Otomotif

2021-11-10

merokok dalam mobil

Merokok adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh seorang perokok dalam kesehariannya, namun bagaimana dampaknya jika Anda merokok dalam mobil?

Sebagai seorang perokok aktif, sebaiknya Anda harus mengetahui tempat dimana saja yang umum untuk menghisap rokok.

Bahwasannya, jika Anda merokok sembarangan apalagi di dalam mobil maka akan merugikan diri Anda, orang lain bahkan mobilnya sendiri. Ingin tahu apa saja dampak merokok dalam mobil? Berikut pembahasannya untuk Anda.

Dampak Merokok Dalam Mobil Bagi Kabin

Merokok dalam mobil seringkali disepelekan oleh oknum-oknum tertentu karena dianggap tidak membahayakan dan merugikan. Padahal efeknya bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia dan interior mobil.

Meskipun saat merokok Anda membuka kaca jendela mobil, namun tetap saja asap rokok yang mengandung zat berbahaya tersebut dapat mencemari seisi interior mobil.

Ingin tahu apa dampak merokok di dalam interior mobil? Simak pembahasannya dibawah ini.

1. Bau Tidak Sedap

Jika Anda terlalu sering merokok di dalam mobil, walaupun membuka kaca sedikit, tanpa disadari asap rokok Anda akan mengendap di interior mobil.

Hal tersebut mungkin tidak dirasakan oleh Anda sebagai pemilik mobil yang menggunakannya sehari-hari. Namun akan dirasakan oleh penumpang lain jika memasuki interior mobil Anda.

2. Merusak Fasilitas Interior

Merokok dalam mobil dapat merusak fasilitas interior. Apabila Anda tidak berhati-hati, maka rokok atau abunya dapat jatuh ke jok mobil yang menimbulkan bolong atau berbekas sehingga sangat mengganggu penampilan mobil.

Asap rokok yang menempel di interior juga akan membekas sehingga dapat mengotori headliner dari mobil Anda.

3. Filter AC Tercemar

Sistem AC di mobil Anda akan tercemar karena asap rokok yang berlebihan, bahwasannya rokok mengandung zat berbahaya yang nantinya dapat menyatu dengan angin yang dikeluarkan oleh AC, sehingga membuat sirkulasi AC jadi berbau dan akhirnya membuat penumpang tidak nyaman.

4. Mobil Sulit Terjual

Apabila Anda berniat untuk menjual mobilnya, dikhawatirkan calon pembeli kurang berminat karena adanya bau tidak sedap yang tercemar atau  adanya fasilitas interior yang rusak akibat rokok.

Butuh biaya yang tidak sedikit jika Anda ingin membersihkan seluruh fasilitas interior mobil agar dapat dijual kembali.

Bagaimana Dampak Merokok Dalam Mobil Bagi Kesehatan?

Dampak menghisap rokok tidak hanya dirasakan oleh perokok saja, namun juga bagi penumpang mobil Anda. Asap rokok yang mengandung zat berbahaya kemudian menempel di seluruh bagian interior akan menjadi sarang penyakit.

Jika tidak segera dibersihkan oleh Anda, dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit serius seperti masalah pada pernapasan bahkan paru-paru. Agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya perhatikan lagi kebersihan interior.

Bayangkan jika Anda harus berdampingan dengan asap rokok yang mengendap setiap harinya, walaupun Anda sedang tidak merokok otomatis bau asap rokok akan tetap tercium sehingga berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Belum lagi, ada polusi kendaraan dari luar dikarenakan terlalu sering membuka jendela untuk merokok, Polusi kendaraan yang bercampur dengan rokok akan menjadi kombinasi yang sempurna untuk sarang penyakit.

Terlebih jika Anda memiliki bayi atau anak tercinta yang sangat sensitif terhadap asap rokok, apabila dibiarkan, maka dikhawatirkan anak Anda akan mengidap masalah saluran pernapasan yang serius.

Jika Anda perokok aktif, sebaiknya kurang-kurangi merokok di dalam mobil dan lebih baik berhenti di suatu tempat untuk sekedar menghisap rokok, juga bersihkan secara rutin interior mobil Anda agar tidak diendapi oleh asap rokok yang berbahaya.

Kesehatan Anda dan keluarga sangatlah penting, agar bisa berkendara secara nyaman dan aman.

Pesan dari kami janganlah terlalu sering merokok dalam mobil, jika mobil Anda tidak ingin tercemar oleh asap rokok yang berbahaya. Terutama jika mobil Anda Daihatsu, yang terkenal karena kenyamanan interiornya.

Bagi Anda yang ingin  berkonsultasi kondisi kendaraan khusus untuk mobil Daihatsu. Anda bisa menghubungi kami di dealer terdekat untuk service, pembelian kendaraan dan layanan lainnya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Facelift pada Mobil? Kenali Perbedaanya dengan All New

2023-02-01

Anda pasti pernah mendengar istilah Facelift dan All New ketika sedang membaca brosur penjualan kendaraan. Ataupun ketika sedang melihat iklan penjualan kendaraan. B

thumbnail

Kekurangan Pakai Ban Mobil Profil Tipis

2022-01-10

Modifikasi mobil kesayangan hingga tampil unik dan mengesankan, bukanlah sesuatu hal yang dilarang. Salah satu area modifikasi yang sering pemilik lakukan adalah dengan

thumbnail

Rem Mobil Bunyi Berdecit? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

2022-09-13

Pernahkah Anda mendengar suara rem mobil berdecit ketika sedang mengendarai mobil? Jika Anda pernah pasti sangat mengganggu telinga Anda saat mendengarnya. Jika hal tersebut terjadi sesekali saja A