Logo Daihatsu
Menu

Dampak Negatif Oli Gardan Mobil Tidak Pernah Diganti

Otomotif

2022-05-22

oli gardan tidak pernah diganti

Di dalam mesin mobil, terdapat berbagai macam komponen. Yang mana ada beberapa komponen yang sangat penting untuk diganti secara berkala. Oli gardan termasuk di dalamnya, Tapi bagaimana jika oli gardan tidak pernah diganti? Akankah menimbulkan efek yang buruk?

Oli gardan merupakan oli yang berfungsi untuk melumasi kontak gigi pada box gardan, serta memberikan perlindungan pada pinion gear agar tidak bersinggungan secara langsung dengan bearing. Penggantian oli gardan dianjurkan setiap jarak tempuh 20 ribu hingga 40 ribu kilometer.

Dampak yang Akan Terjadi Apabila Oli Gardan Tidak Pernah Diganti

Fungsi yang diemban oleh oli gardan cukuplah berat dan krusial. Penggantian oli gardan yang tidak tepat pada waktunya menimbulkan banyak dampak buruk. Apalagi kalau oli gardannya tidak pernah diganti selama bertahun - tahun.

Berikut ini sudah kami siapkan ulasan mengenai dampak tidak digantinya oli gardan pada mobil!

Menimbulkan Suara Bising dari Dalam Mesin

Mesin mobil akan menghasilkan suara bising yang disebabkan karena gesekan pada semua komponen gear. Pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan yang parah pada gear transmisi mobil. Suara bising didapatkan dari kontak CVT yang akan berdampak pada kerusakan parah dan membuat pengendara serta penumpang tidak nyaman.

Membuat Suhu Mesin Overheat

Suhu mesin akan sangat berdampak akibat tidak digantinya oli gardan, karena pendinginan dalam mesin gardan tidak akan berjalan dengan sempurna. Suhu di dalam mesin gardan akan macet dan membuat mesin overheat. Apabila hal ini terjadi, komponen dalam gardan akan banyak yang mengalami pemuaian.

Kendaraan Tidak Berjalan dengan Mulus

Mesin akan mengalami ngadat dan membuat laju kendaraan terhambat akibat gesekan antar komponen yang terlalu keras. Gesekan dinamis yang terlalu keras akan terjadi karena oli gardan sudah tidak dapat digunakan lagi. Perputaran antar mesin pun akan terhambat dan membuat lajunya tak mulus.

Roda Mobil Akan Sulit Dikendalikan

Setting yang diberikan oleh pabrikan Daihatsu ialah membuat roda mudah dikendalikan secara penuh sesuai keinginan pengendara. Gardan memiliki fungsi yang krusial dalam hal ini, karena kecepatan perputaran roda dalam transmisi otomatis akan langsung dilakukan oleh gardan.

Jika oli gardan tidak diganti, sudah jelas akan membuat fungsi gardan tidak berjalan dengan maksimal. Roda pun tak akan berputar dengan kecepatan yang sama seperti sebelumnya. Dan Anda akan kesulitan untuk mengendalikan roda mobil dan menimbulkan bahaya dalam berkendara.

Kerusakan Gear Ratio

Setiap mobil yang menggunakan transmisi otomatis, sudah pasti kerjanya bergantung pada gear ratio. Tapi bagaimana jika oli gardan yang melumasinya tidak diganti? Tentu saja kerusakan akan terjadi pada gear ratio, karena kerjanya mengandalkan pelumas dari oli gardan.

Mobil Anda pun terpaksa harus mengganti gear ratio yang baru untuk mengatasi kerusakan tersebut. Jika tidak segera ditangani, masalah besar dan bahaya akan berada di depan mata Anda.

Service dan Ganti Oli Gardan di Bengkel Resmi Daihatsu!

Penggantian oli gardan merupakan hal wajib yang harus dilakukan secara rutin. Anda bisa mempercayakan masalah penggantiannya di bengkel resmi Daihatsu dengan melakukan perawatan rutin atau service rutin.

Setiap detail yang besar hingga terkecil akan dilakukan dengan teliti dan cermat oleh teknisi profesional kami. Anda tidak akan lagi mengalami masalah akibat oli gardan tidak pernah diganti. Tunggu apalagi? Segera datang ke bengkel resmi Daihatsu dan dapatkan service lengkapnya!

Kunjungi pula website resmi Daihatsu dan dapatkan berbagai informasi menarik mengenai produk terbaru serta tips perawatan mobil!


Tag

Otomotif

Share This