Logo Daihatsu
Menu

Deretan Festival Unik di Jepang yang Sayang untuk Dilewatkan

Travel

2021-04-20

festival unik jepang

Selain wisata alam, daya tarik lainnya yang ada di Jepang adalah festival. Hampir di tiap waktunya, Negeri Sakura tak henti-hentinya menyelenggarakan festival. Tak sedikit di antaranya adalah festival unik.

Kalau Sahabat mau merasakan pengalaman wisata tak biasa, mengunjungi beberapa festival unik di Jepang bisa menjadi pilihan. Lalu, apa saja festival unik yang ada di Negeri Sakura itu?

Abare Matsuri

Festival unik pertama yang ada di Jepang adalah Abare Matsuri. Festival yang diselenggarakan di Prefektur Ishikawa ini lazim dilaksanakan tiap tanggal 5 dan 6 Juli di tiap tahunnya.

Pada festival ini, warga lokal bakal membuat banyak mikoshi dan kiriko. Setelah itu, keduanya bakal dibakar, dihancurkan, ataupun dilempar. Festival ini dianggap sebagai penanda tibanya musim panas di daerah Noto, serta sebagai simbol ucapan terima kasih pada Dewa.

Kitsunebi Matsuri

Festival yang juga dikenal dengan nama Fox Festival ini lazim diselenggarakan tiap September. Pada festival ini, Sahabat akan menyaksikan sepasang pria dan wanita yang memakai baju pengantin, serta riasan berbentuk wajah rubah.

Pasangan tersebut nantinya bakal diarak keliling kota, hingga akhirnya mereka sampai ke kuil Okura Inari. Menurut kepercayaan warga setempat, orang yang menyaksikan festival ini akan mendapat sejumlah nasib baik. Mulai dari bisnis yang lancar, sampai mendapatkan panen yang bagus.

Shan Shan Matsuri

Festival satu ini diambil dari legenda yang terjadi pada periode Edo. Pada festival ini, Sahabat akan melihat sejumlah penari dengan pakaian bagus dan payung. Tarian tersebut dipercaya bisa mendatangkan hujan sehabis kemarau.

Pada festival ini, Sahabat tak hanya melihat para penari beserta payungnya. saja. Tetapi, juga dipersilahkan untuk ikut menari dengan payung bersama mereka. Selepas menari, Sahabat bisa menyantap sejumlah makanan khas Jepang, sambil melihat kembang api pada malam hari.

Kalau tertarik mengikuti festival ini, Sahabat bisa datang ke daerah Tottori-shi, Tottori, Jepang. Festival ini biasanya lazim diselenggarakan pada bulan Agustus, utamanya pada 13 hingga 15. Walau begitu, jadwal tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Festival ini sendiri kini telah masuk ke daftar Guinness Book of Record pada 2014 sebagai tarian payung terbesar dunia.

Kurama no Hi-Matsuri

Selain festival unik, festival ini juga tergolong festival tertua di Jepang. Di festival yang sudah ada sejak tahun 940, Sahabat akan melihat sejumlah orang dewasa membawa obor seberat 50 hingga 80 kilogram.

Sebelum mereka membawa obor tersebut, mereka harus menyalakan api unggun terlebih dulu di rumah mereka masing-masing. Api unggun tersebut mesti dinyalakan disamping benda-benda bersejarah. Semisal pedang, perisai, dan lukisan.

Bila sudah, orang-orang dewasa itu lantas akan memakai baju berwarna terang, serta membawa obor. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga akan diikutsertakan. Hanya saja, anak-anak akan membawa obor dengan bobot yang lebih ringan.

Festival ini diyakini sebagai cara untuk melindungi kota dari serangan roh jahat. Festival ini juga dilakukan untuk menghormati Dewa Kurama yang bersemayam di Gunung Kurama, Kyoto.

Jika Sahabat mau mengikuti festival ini, silahkan datang ke daerah Kurama, Kyoto pada tanggal 22 Oktober.

Hampir di tiap waktunya, Jepang tak henti-hentinya menyelenggarakan festival. Tak sedikit di antaranya adalah festival unik. Beberapa di antaranya sudah kami sebutkan di atas. Dari sejumlah festival unik itu, mana yang bakal Sahabat kunjungi?

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Jepang yang Layak untuk Dikunjungi

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

10 Tempat Liburan di Jogja yang Terkenal Asik Buat Seru-Seruan Tahun 2020

2020-10-29

Jogja disebut sebut sebagai salah satu kota penuh kenangan yang tidak akan pernah terlupa. Tampaknya pernyataan tersebut ada bena

thumbnail

5 Cara ke Lembang dari Stasiun Bandung dengan Estimasi Harga

2020-12-15

Berlibur ke Bandung rasanya belum lengkap kalau tidak mampir ke Lembang. Ya, lokasi wisata favorit ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. D

thumbnail

11 Kuliner Khas yang Wajib Diicip ketika ke Puncak Bogor

2020-11-20

Puncak Bogor selalu padat oleh wisatawan ketika akhir pekan. Pengunjungnya biasanya dari Jakarta yang penat dengan kehidupan perkotaan. Destinasi wisatanya yang beragam membuat Puncak semakin popul

thumbnail

Wisata Keluarga ke Swiss: dari Rencana Perjalanan hingga Destinasi yang Wajib Dikunjungi

2021-05-31

Swiss adalah negara yang menjadi primadona untuk para wisatawan mancanegara, terutama Indonesia. Negara ini juga menjadi tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk