Logo Daihatsu
Menu

Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT

Travel

2020-10-28

doa bepergian

Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada yang mengetahui bagaimana nasib seseorang, saat perjalanan yang akan dilaluinya nantinya. 

Apakah nantinya perjalanan akan berjalan dengan lancar atau tidak, tentunya hal ini bergantung dengan bagaimana persiapan dan juga ketentuan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Banyak yang mengalami hal yang tidak diinginkan, walaupun sudah dilengkapi dengan berbagai persiapan. 

Pentingnya Doa bepergian

Banyak orang yang memang sudah mempersiapkan segala hal, untuk memulai perjalanannya namun tetap menemukan berbagai masalah. Selama anda melakukan perjalanan atau hendak memulai perjalanan, sangat penting untuk memulainya dengan doa agar diberikan kelancaran selama di perjalanan hingga sampai di tujuan.

Doa untuk memulai perjalanan atau bepergian, sangat wajib untuk anda lafazkan agar dapat diberikan keselamatan selama di perjalanan oleh Yang Maha Kuasa. Jangan pernah untuk melupakan waktu atau lalai dalam berdoa dan juga menjalankan semua kewajiban kepada Allah SWT saat di bepergian agar tetap diberikan keselamatan. 

Selain memulai persiapan yang matang sebelum bepergian, tentunya anda dapat melengkapi persiapan dengan mengucapkan doa untuk memulai perjalanan atau bepergian agar dapat diberikan kelancaran dan keselamatan untuk dapat sampai di tujuan. Berikut ini adalah beberapa doa bepergian sesuai sunnah, sebelum Sahabat bepergian.

Doa Saat Akan Keluar Rumah

Sebelum Sahabat memulai perjalanan jauh dan membaca doa untuk perjalanan jauh, dalam hal ini hal pertama yang harus anda ketahui dan lafalkan adalah doa saat Sahabat akan keluar rumah. Mengucapkan doa sebelum bepergian tentunya di lakukan sebelum anda akan melakukan perjalanan. Berikut adalah doa saat akan keluar rumah:

“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Doa ini memiliki arti, yaitu “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.

Tentunya doa ini sangat penting untuk anda lafalkan, dengan membaca doa saat akan keluar rumah tentunya dapat diartikan bahwa anda menyerahkan seluruh diri Sahabat kepada Allah SWT untuk dapat diberikan kelancaran selama perjalanan yang akan anda lakukan pada saat itu. Sebuah hadis juga menjelaskan, sebagaimana berikut: 

Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah” (Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dari Allah), maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.”(HR. Tirmidzi; hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud).

Doa untuk Memulai Perjalanan Jauh

Setelah anda selesai membaca doa sebelum keluar rumah, Sahabat dapat melanjutkan dengan membaca doa saat untuk memulai perjalanan yang jauh. Berikut ini adalah satu doa untuk bepergian lainnya:

“Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli”

Doa ini memiliki arti, yaitu “Ya Allah, mudahkan lah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

Dengan Sahabat mengingat dan melafalkan doa sebelum anda akan memulai perjalanan jauh ini, maka nantinya Allah SWT juga akan selalu memberikan perlindungan untuk anda dan keluarga dalam setiap perjalanan yang anda lalui. Jangan pernah lupa untuk melakukan sebuah persiapan yang matang dan benar, sebelum Sahabat akan melakukan perjalanan. 

Hal ini dikarenakan, tentunya Sahabat dapat melakukan atau berusaha sebaik mungkin agar perjalanan berjalan lancar walaupun nantinya jika Allah SWT memiliki kehendak lainnya. Sahabat juga diharapkan dapat selalu bersiap-siap dengan apa, yang mungkin nantinya Allah SWT akan berikan.

Doa Memasuki Suatu Wilayah

Saat Sahabat akan memasuki sebuah wilayah, tentunya hal ini juga diawali dengan sebuah doa. Jika Sahabat nantinya berada di suatu wilayah yang mungkin baru, gelap atau bahkan sepi dan Sahabat merasa cemas dengan bagaimana keselamatan Sahabat dan keluarga, maka mintalah perlindungan Allah SWT dengan membaca doa.

Seperti yang sudah diriwayatkan dalam hadis, bahwa: 

Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepada-Mu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.” (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi; shahih).

Dengan Sahabat membaca atau melafalkan salah satu doa untuk bepergian, maka Sahabat juga telah berserah diri dengan apa yang mungkin akan terjadi dari Allah SWT. Hal ini juga dilakukan agar Allah terus melindungi anda selama perjalanan, terutama saat Sahabat akan memasuki suatu wilayah yang membuat diri anda dan keluarga merasa cemas. 

Doa Saat Sampai atau Singgah di Suatu Tempat

Doa saat anda sampai atau kebetulan singgah di suatu tempat, juga salah satu doa yang dapat Sahabat lafalkan saat berada dalam perjalanan atau bepergian. Dalam hal ini anda dapat membaca doa untuk bepergian, agar Sahabat dan keluarga dapat selalu dilindungi oleh Allah SWT saat akan singgah di suatu tempat.

Bukan hanya singgah, namun Sahabat dapat membaca doa yang satu ini jika memang anda berencana untuk singgah sejenak atau akan beristirahat lebih lama. 

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya” (HR. Muslim).

Doa bepergian dengan Kendaraan

Doa untuk Sahabat yang akan bepergian dengan kendaraan, merupakan hal yang juga penting untuk dilafalkan. Dalam hal ini, terlepas jika Sahabat ingin bepergian dengan kendaraan menggunakan supir atau sebagai pengendara sendiri juga penting untuk membaca doa yang satu ini. Berikut adalah doa saat anda bepergian dengan kendaraan:

"Subhaanal ladzii sakhkhara lanaa haadzaa, wamaa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun".

Doa ini memiliki arti, yaitu: Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Dengan Sahabat mengucapkan dan melafalkan doa ini, maka hal ini menandakan bahwa Sahabat selalu bersyukur dengan adanya kendaraan tersebut. Hal ini juga dapat Sahabat ingat sebagai salah satu doa, untuk memulai perjalanan atau bepergian jauh. Doa bepergian jauh dengan kendaraan, merupakan salah satu doa yang harus diingat.

Itulah beberapa doa bepergian naik kendaraan, yang dapat Sahabat ingat dan lafalkan sebelum memulai perjalanan. Hal tersebut penting dan masih banyak orang yang menganggapnya remeh, hal ini dikarenakan mereka belum mengetahui dan tidak merasa berserah diri kepada Allah terhadap kemungkinan yang akan terjadi nantinya. Pastikan bahwa Sahabat selalu berdoa, sebelum memulai aktivitas apapun yang akan dilakukan.


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Rekomendasi 30 Makanan Khas Jawa yang Menggugah Selera

2020-10-28

Indonesia sangat kaya akan suku dan budaya. Tak ayal jika banyak berbagai makanan khas yang tersebar luas di berbagai daerah. Bahkan, berbagai makanan khas pun selalu me

thumbnail
New

Pantai Ratu, Pantai Baru yang Indah dari Desa Tenilo

2020-10-28

Bagi yang ingin berkunjung ke pantai yang tergolong baru, Pantai Ratu bisa menjadi pilihan. Pantai yang baru diresmikan pada 2019 ini menawarkan panorama yang tak kalah

thumbnail
New

Gunung Bromo – Wisata, Lokasi, Upacara Adat

2020-10-28

Gunung Bromo termasuk salah satu kawasan wisata dan konservasi di Jawa Timur yang masuk kawasan BTS (Bromo – Tengger – Semeru). Gunung ini memiliki daya tarik wisata kar

thumbnail
New

7 Tips Liburan Murah ke Swiss: Dijamin Kantong Aman, Liburan Tetap Menyenangkan!

2020-10-28

Berlibur ke Swiss tidak pernah menjadi hal yang membuat menyesal. Negara tersebut begitu cantik dengan pemandangan alamnya yang asri dan lingkungannya yang ramah. Namun,