Logo Daihatsu
Menu

Fakta Lembang Park & Zoo, Destinasi Wisata Viral saat Pandemi

Travel

2020-12-23

Lembang park zoo

Lembang Park & Zoo adalah destinasi wisata baru di Bandung Barat. Lokasi tepatnya adalah di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat.

Dibuka setiap hari, mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00. Namun, saat akhir pekan akan buka lebih awal, yaitu 08.00 dan tutup pukul 18.00.

Masa Trial sejak Desember 2019

Sebenarnya, sudah sejak 12 Desember 2019 Lembang Park & Zoo dibuka. Namun, saat itu baru dibuka secara trial. Selama masa trial, pengunjung hanya membayar Rp35.000 untuk hari biasa dan Rp40.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

Pembayaran tiket tidak hanya menggunakan uang tunai, tetapi juga bisa menggunakan kartu debit hingga kredit. Hal tersebut disediakan untuk mempermudah pengunjung yang ingin menerapkan cashless.

Lembang Park & Zoo sudah mendapatkan izin buka sebagai wilayah konservasi satwa dari pemerintah hingga dilakukan grand opening beberapa bulan lalu.

Opening Lembang Park & Zoo Mundur

Rencana awal, Lembang Park & Zoo akan dibuka secara resmi pada Februari atau Maret tahun ini. Namun, dikarenakan pandemi melanda, rencana opening itu harus dimundurkan demi kenyamanan dan keamanan.

Akibat pandemi, Lembang Park & Zoo bahkan sempat menutup lokasi. Penutupan itu terjadi pada 19 Maret 2020 lalu ketika kasus terjangkit korona di Indonesia sedang begitu tinggi. Sekitar 2 bulan destinasi wisata tersebut tidak dibuka untuk umum.

Akhirnya, Lembang Park & Zoo dibuka kembali pada 13 Juni lalu sekaligus melakukan pembukaan resmi. Karena kondisi yang memang belum pulih seperti semula, aturan dari Bupati diterapkan sehingga taman kelola wisata ini hanya menerima wisatawan yang berasal dari Jawa Barat saja.

Selain pembatasan pengunjung hanya penduduk asli Jawa Barat, Lembang Park & Zoo juga melarang ibu hamil, lansia, dan anak di bawah 3 tahun untuk masuk.

Harga tiketnya juga berubah dari ketika masa trial. Setelah pembukaan resmi, untuk masuk ke Lembang Park & Zoo, pengunjung harus membayar Rp40.000 untuk hari biasa dan Rp50.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

Berkeliling Lembang Park & Zoo dan Scooter

Memiliki kurang lebih 350 jenis satwa, Lembang Park & Zoo cocok untuk dijadikan wisata edukasi untuk anak. Orang tua bisa mengenalkan dan mengajarkan kepada anak mengenai jenis-jenis binatang yang ada di sana.

Selain untuk edukasi, Lembang Park & Zoo tentu saja akan sangat menghibur untuk anak-anak. Sebab, selain menyajikan berbagai jenis satwa, anak-anak juga bisa bermain dengan gembira di berbagai objek wisata serunya.

Terdapat beberapa fasilitas bermain anak di Lembang Park & Zoo, salah satunya adalah berkeliling taman menggunakan scooter. Bersama orang tua, anak-anak pasti akan senang mengendarai scooter lucu nan keren untuk berkeliling mengelilingi taman.

Ada dua jenis scooter yang disediakan, yaitu scooter dua penumpang dengan harga sewa Rp75.000 per jam dan scooter tiga penumpang dengan harga sewa Rp120.000 per jam.

Selain scooter, di sini juga terdapat kereta mini yang bisa dinaiki oleh anak-anak untuk berkeliling. Untuk objek wisata air yang menyajikan danau buatan, anak-anak bisa menaiki perahu juga loh di sana.

Lokasi yang Instagramable

Zaman sekarang, di mana sosial media marak digunakan, terutama Instagram, membuat banyak tempat wisata yang menawarkan titik lokasi berkonsep instagramable. Begitu pula di Lembang Park & Zoo.

Bird Aviary menjadi primadona bagi pengunjung. Ini adalah lokasi di mana banyak burung di dalamnya. Bentuknya adalah kubah dengan burung-burung cantik bertengger di sana. Pengunjung bisa berfoto bersama burung di lokasi aviary cantik ini.

Di Lembang Park & Zoo juga memiliki kafe untuk bersantai dan bersantap bersama keluarga atau teman. Yang unik, kafe yang tersedia bukan kafe seperti biasanya. Tempatnya sama cantiknya dengan kafe pada umumnya, tetapi di sini juga ada banyak kucing!

Namanya Neko Cat Cafe. Kafe ini tentu saja menjadi tempat nongkrong idaman para pecinta kucing. Selain itu, interiornya juga kece loh, Sahabat.

Baca juga : 12 Tempat Wisata Di Lembang yang Tidak Akan Membuat Bosan

Jika Sahabat ingin memutuskan ke Lembang Park & Zoo, jangan lupa patuhi protokol kesehatan ya. Selagi berlibur, jaga diri supaya tetap aman, nyaman, dan sehat! Eh, ingat loh, yang boleh berkunjung hanya orang asli Jawa Barat.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Persiapan untuk Perjalanan Mudik yang Lebih Menyenangkan!

2020-10-28

Sebuah tradisi mudik tidak lepas dari kehidupan setiap keluarga. Berkumpul bersama keluarga tercinta setelah setahun hidup di tanah rantau adalah sebuah kebahagian terse

thumbnail

Tari Barong Bali: Sejarah, Makna Gerakan, Pola Lantai dan Keunikannya

2021-02-15

Sebagai salah satu daerah pariwisata yang begitu populer, Bali ternyata tidak hanya kaya akan tempat wisata. Namun pulau dewata t

thumbnail

Bikin Ketagihan! Ini 5 Oleh-Oleh Khas Blitar yang Murah Meriah!

2020-10-28

Jika dibandingkan dengan kota lain di Jawa Timur, Blitar mungkin kalah populer. Padahal, kota yang secara geografis ini terletak di kaki Gunung Kelud yang pastinya memil

thumbnail

15 Tempat Wisata di Singapura yang Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

2021-03-24

Singapura menjadi salah satu negara yang paling populer dikunjungi oleh turis dari Indonesia. Tiket murah ke Singapura menjadi salah satu daya tarik paling menggiurkan b