Logo Daihatsu
Menu

Foto SIM Pakai Baju Apa? Simak Syarat dan Ketentuannya di Sini!

Otomotif

2023-11-17

Foto SIM Pakai Baju Apa? Simak Syarat dan Ketentuannya di Sini!

Sudah tahukah Anda mengenai foto SIM pakai baju apa yang tepat? Jika Anda belum mengetahuinya, langsung saja perhatikan syarat dan ketentuannya dalam pembahasan berikut.

Syarat dan Ketentuan Foto dalam Pengambilan Foto SIM

Sebagai salah satu surat izin yang dibutuhkan dalam mengoperasikan kendaraan di jalanan, penerbitan SIM tentu memiliki syarat tertentu. Mulai dari, umur, tes kesehatan, dan psikologi, uji mengoperasikan kendaraan bermotor, hingga baju yang digunakan saat pembuatan atau perpanjangan SIM

Seperti diketahui, foto untuk pembuatan dan perpanjangan SIM ternyata tidak boleh sembarangan. Ada persyaratan dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Adapun selengkapnya sebagai berikut.

1. Menggunakan pakaian yang sopan dan rapi

Syarat pertama pengambilan foto SIM, pemohon diwajibkan menggunakan pakaian yang sopan tidak terbuka, serta yang bersih dan rapih. Hal ini wajib diperhatikan oleh pemohon yang ingin mengajukan permohonan penerbitan SIM. Sebab pakaian yang terawat, bersih, sopan, dan rapi akan meningkatkan kenyamanan saat pengambilan foto berlangsung serta mengoptimalkan hasil pengambilan foto.

2. Tidak menggunakan baju yang sama dengan latar belakang foto

Seperti diketahui, pengambilan foto SIM biasanya menggunakan latar belakang putih atau biru. Maka sebaiknya, pemohon penerbitan SIM dianjurkan untuk tidak menggunakan baju warna biru atau putih ketika pengambilan foto berlangsung. Sebab, warna baju tidak dapat diidentifikasi dengan baik sehingga hasilnya kurang profesional dan memuaskan. Sebaiknya, Anda gunakan kemeja warna gelap lainnya selain warna putih dan biru. Kedua warna tersebut berlaku juga pada penggunaan hijab. 

3. Tidak menggunakan topi dan kacamata

Dalam pengambilan foto SIM, pemohon penerbitan SIM tidak diperbolehkan menggunakan kacamata dan topi. Hal tersebut dilakukan guna memudahkan pihak Kepolisian dalam melakukan proses identifikasi pengenalan wajah pemohon.

4. Ekspresi wajah

Pemohon penerbitan SIM yang hendak melakukan pengambilan foto, sebaiknya menunjukkan ekspresi wajah yang ramah dan rileks. Pastikan pandangan mata fokus memandang kamera dan hindari ekspresi tegang seperti mengerutkan dahi atau cemberut. Tidak dianjurkan juga untuk senyum lebar karena memang tidak diperbolehkan menampakkan gigi. 

5. Perhatikan riasan

Pastikan riasan Anda tidak terlalu menor. Hindari menggunakan lipstik atau eyeshadow yang terlalu berkilau karena dapat mempengaruhi hasil foto dan akan nampak lebih tua.

6. Perhatikan rambut

Dalam pengambilan foto SIM, terdapat aturan bahwa dahi, alis, mata dan bibir tidak boleh tertutup oleh sesuatu, termasuk tertutup rambut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal tersebut dilakukan agar pihak Kepolisian mudah mengidentifikasi pengenalan wajah pemohon.

7. Tidak diperbolehkan menggunakan softlens atau kontak lens

Penggunaan softlens atau kontak lens ketika pengambilan foto SIM juga tidak dianjurkan karena dapat menyusahkan proses identifikasi dan pengenalan wajah pemohon. 

8. Posisi tubuh tegak

Pastikan posisi tubuh Anda selalu tegak dan tidak condong ke samping ketika melakukan pengambilan foto SIM. Hal ini perlu dilakukan agar hasil foto bagus, dan tidak ada bagian tubuh Anda yang terpotong di foto. Pastikan juga posisi bahu Anda rileks agar hasil foto yang didapatkan nampak profesional. 

9. Foto SIM harus menampakkan 2 kancing kemeja

Syarat dan ketentuan terakhir pengambilan foto SIM, foto yang diambil harus menampakkan 2 kancing kemeja. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memposisikan tubuh pada posisi tegak, dan tidak mengangkat dagu ke belakang agar bagus hasilnya.

Baca Juga : Ketahui Persyaratan Perpanjang SIM 2023 Online dan Offline

Demikian syarat dan ketentuan yang wajib Anda patuhi ketika hendak melakukan pengambilan foto SIM. Pastikan Anda selalu membawa SIM Anda ketika hendak melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk selalu servis mobil Anda di bengkel resmi Daihatsu terdekat agar performa mobil selalu maksimal.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Informasi Jadwal SIM Keliling Bandung, Terbaru 23 November 2023

2023-11-23

Jadwal SIM Keliling Bandung untuk tahun 2023 telah dirilis, memberikan kemudahan bagi warga Bandung yang ingin

thumbnail

Alasan Ganti Shockbreaker Harus Sepasang

2022-05-20

Shockbreaker merupakan komponen berbentuk tabung pada mobil yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang diciptakan oleh spring agar tidak terjadi efek rolling. Jadi, sa

thumbnail

Perbedaan BPKB dan STNK, Ini Fungsi dan Pembuatannya!

2024-01-21

BPKB dan STNK adalah dokumen penting yang diperoleh saat membeli kendaraan bermotor secara resmi. Meskipun kedua dokumen ini akrab di telinga pemilik kendaraan, tida

thumbnail

Mengenal Fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Kegunaannya pada Mobil Daihatsu

2021-09-30

Setiap pengendara roda empat, kehati-hatian dalam membawa mobil adalah hal yang lumrah. Namun, tahukah Anda bahwa upaya mencegah kecelakaan dalam berkendara tidak cukup