Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Bushing Arm Mobil yang Jarang Diketahui

Otomotif

2021-01-04

bushing arm

Fungsi bushing arm mobil adalah hal yang jarang diketahui, padahal sangat penting diketahui oleh para pemilik mobil. Dengan mengetahui fungsi tersebut, Sahabat bisa lebih menghargai salah satu komponen mobil yang tersembunyi itu.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan seperti apa fungsi bushing arm mobil, serta beberapa informasi penting yang terkait dengannya. Penjelasan itu bisa disimak sebagaimana berikut ini!

Fungsi Bushing Arm Mobil

Bagi yang belum tahu, bushing arm mobil adalah salah satu komponen yang ada pada kaki-kaki mobil. Komponen satu ini memiliki bentuk serupa selongsong besi, serta dilengkapi karet di dalamnya. 

Karet yang terletak pada bushing arm membantu komponen itu bisa berfungsi secara maksimal. Letak komponen ini cukup tersembunyi, yaitu terletak di balik roda mobil.

Fungsi utama bushing arm mobil sendiri adalah sebagai titik tumpu roda terhadap pencengkeramnya. Fungsi lain dari komponen ini peredam getaran, entah getaran yang berasal dari mesin mobil maupun akibat dari pergesekan kendaraan itu sendiri.

Rentan Mengalami Kerusakan

Seperti halnya komponen mobil pada umumnya, bushing arm mobil sendiri juga rentan mengalami kerusakan. Terlebih, jika bushing arm tersebut berada pada mobil yang usianya menginjak 5 tahun ke atas.

Ada beberapa tanda bushing arm mobil mengalami kerusakan. Tanda-tanda itu adalah:

Mobil Mulai Terasa Oleng

Tanda pertama yang bakal muncul adalah mobil akan terasa oleng saat dikendarai. Tanda ini akan sangat terasa saat mobil berada di permukaan jalan yang tidak merata. Jika diabaikan saja, tanda ini bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan pada mobil yang tengah Sahabat kendarai. Untuk menghindari hal itu, segeralah ganti bushing arm mobil dengan yang baru. Sahabat bisa melakukannya sendiri, atau meminta bantuan pihak bengkel.

Munculnya Suara yang Mengganggu

Tanda selanjutnya yang akan muncul adalah adanya suara yang mengganggu telinga. Tanda Ini akan muncul tatkala mobil melaju di jalanan yang berlubang atau tidak rata. Saat melewati jalanan semacam itu, Sahabat akan langsung mendengar suara yang mengganggu langsung dari dalam kabin mobil Sahabat.

Jika tanda ini muncul, segera bawa mobil ke bengkel. Atau, lakukanlah pembongkaran pada kaki-kaki mobil.

Karet Pada Bushing Arm Mobil Mulai Retak

Tanda yang terakhir ini bisa Sahabat lihat saat Sahabat telah melakukan pembongkaran pada kaki-kaki mobil Sahabat.Karet bushing arm yang retak bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Mulai dari usianya yang sudah tua, terlalu sering dibawa ke jalanan yang tidak rata, sampai kinerja bushing arm yang sudah terlalu berat.

Mengganti karet yang retak dengan karet baru adalah hal yang mesti dilakukan. Karet pada bushing arm sendiri sudah bisa didapat di sejumlah toko onderdil. Sebagai saran, belilah karet yang original, karena kualitasnya lebih bisa dipertanggungjawabkan. Karet bushing arm yang original sendiri bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 200 ribuan.

Merawat Bushing Arm Mobil

Karena rentan mengalami kerusakan, maka bushing arm mobil mesti Sahabat rawat dengan baik. Ada beberapa cara untuk merawat bushing arm pada mobil. Tidak terlalu sering mengemudikan mobil dalam kecepatan tinggi, serta menghindari jalanan yang rusak dan berlubang adalah beberapa di antaranya.

Sahabat juga bisa melakukan langkah pemeriksaan pada bushing arm. Caranya, perhatikan laju mobil Sahabat. Jika mulai melenceng atau menimbulkan bunyi bising di bagian kabin, maka bushing arm tersebut mesti diganti.

Demikianlah penjelasan soal fungsi bushing arm mobil, beserta informasi penting lainnya. Semoga bisa dipahami, serta membuat Sahabat lebih kenal dan menghargai bushing arm pada mobil Sahabat.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama

2022-10-11

Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20

thumbnail

Rekomendasi Ban Mobil Murah dan Berkualitas di Bawah Rp800 Ribuan

2020-11-26

Kualitas ban mobil sangat berpengaruh pada kepercayaan serta nilai jual ban itu sendiri di pasar otomotif. Tak heran, banyak produsen ban mobil berlomba-lomba memproduksi berbagai tipe ban mobil se

thumbnail

Cara Membaca Avometer dengan Benar

2021-01-04

Avometer termasuk salah satu perangkat yang membantu Anda mengetahui besaran listrik yang ada pada rangkaian baik arus, tegangan, maupun nilai hambatan. 

thumbnail

Begini Aturan Kaca Film Mobil Pick Up Sesuai Peraturan Menteri

2024-02-22

Memahami aturan kaca film mobil pick up sebelum melakukan penggantian kaca film sangatlah perlu. Sebab apabila pemasangan dilakukan tidak sesuai dengan aturan yang b