Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Fungsi Busi Mobil, Jenis dan Cara Kerjanya, Yuk Ketahui!
06 Januari 2023
Fungsi Busi Mobil, Jenis dan Cara Kerjanya, Yuk Ketahui!

Fungsi busi mobil bisa dibilang krusial, karena apabila komponen ini bermasalah maka mobil akan sulit dihidupkan. Lantas apa saja fungsi dari komponen ini selengkapnya? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Fungsi Busi Mobil

Meski busi memiliki ukuran yang sangat kecil, namun fungsinya cukup besar pada kendaraan. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Pemantik api atau pembakar bensin

Fungsi utama busi adalah untuk memantik api atau membakar bensin yang sudah dikompresi oleh piston mobil. Dengan begitu, proses pembakaran mesin bisa maksimal, sehingga performa mobil ketika bermanuver lancar.

2. Menyalakan mesin mobil

Seperti dijelaskan sebelumnya, fungsi busi sebagai pembakar bensin dapat memudahkan memaksimalkan proses pembakaran mesin. Alhasil mesin mobil jadi mudah untuk dinyalakan.

3. Menjaga kestabilan mesin mobil

Selain fungsi yang sudah dijelaskan sebelumnya, busi juga berfungsi menjaga kestabilan mesin mobil. Kondisi busi yang baru dan bersih, akan mempengaruhi proses pembakaran mesin sehingga laju mobil akan ringan. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kondisi busi Anda tidak kotor atau sudah aus ketika digunakan.

4. Dapat menghasilkan listrik sehingga dapat digunakan sebagai cadangan aki

Kondisi busi yang masih baru, atau tidak kotor dapat menghasilkan aliran listrik. Aliran tersebut terjadi karena percikan yang dihasilkan elektroda busi ketika berdekatan dengan logam komponen pembakaran mesin ketika mobil menyala.

Tidak hanya itu, busi juga dapat diandalkan ketika aki sedang soak atau habis. Namun, penggunaan busi sebagai cadangan aki tidak dapat digunakan terus menerus, karena daya listrik yang dihasilkan busi tidak sebesar daya listrik yang dihasilkan aki.

Baca Juga : Berapa Ukuran Celah Busi Standar Mobil? Yuk Ketahui!

Jenis-Jenis Busi Mobil

Perlu Anda ketahui, ternyata busi di setiap mobil tidaklah sama. Agar Anda lebih memahaminya, yuk perhatikan jenis-jenis busi berikut ini.

1. Busi standar

Busi jenis standar merupakan jenis busi yang digunakan untuk keperluan harian dan merupakan bawaan dari pabrikan mobil. Jenis busi standar memiliki banyak kelebihan, seperti tidak mudah aus, menstabilkan pembakaran mesin ketika putaran mesin dalam kondisi sedang ataupun rendah. 

2. Busi platinum

Busi platinum merupakan busi yang dibuat dengan bahan platinum dengan ujung yang lebih runcing dan lancip dibanding jenis standar. Busi jenis ini mampu merespons lebih baik putaran mesin yang rendah dibandingkan busi jenis standar. Namun, kelemahan dari busi platinum, usia penggunaannya lebih singkat dibandingkan busi standar.

3. Busi iridium

Busi iridium, merupakan busi yang digunakan untuk keperluan balapan sehingga sering disebut dengan busi jenis racing. Seperti namanya, busi ini mampu meningkatkan performa mesin mobil untuk mencapai kecepatan maksimal. Oleh karena itu, jenis busi iridium tidak cocok digunakan untuk keperluan harian. 

Baca Juga : Busi Iridium Mobil vs Busi Biasa, Ini Perbedaanya!

Cara Kerja Busi Mobil

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis busi, Anda juga perlu mengetahui cara kerja busi pada mobil. Agar mesin mobil menyala, busi harus menghasilkan percikan api atau spark ketika hendak memulai proses pembakaran mesin. 

Percikan api tersebut berawal dari aliran listrik yang dialirkan koil pengapian ke bagian kepala busi. Pada proses tersebut, ternyata pada bagian tengah dan samping elektroda busi terjadi perbedaan arus listrik. Pada kondisi tersebut, insulator pada celah ruang pembakaran menyebabkan bagian tengah dan samping elektroda busi tidak dialiri arus listrik. 

Alhasil, gas dari campuran bahan bakar berubah struktur sehingga menjadikannya sebagai konduktor. Akibatnya, arus elektron gas masuk melalui celah ruang pembakaran dan menghasilkan daya listrik lebih dari 20.000 volt. Kondisi tersebut menyebabkan temperatur mencapai suhu 60.000 celcius sehingga memunculkan percikan api.

Mengingat fungsi busi mobil yang krusial, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi busi mobil Anda agar performa mobil Anda maksimal. Percayakan ke mekanik profesional di bengkel resmi Daihatsu terdekat.

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku