Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Kunci Momen, Jenis dan Cara Menggunakannya

Otomotif

2023-11-22

Fungsi Kunci Momen, Jenis dan Cara Menggunakannya

Dalam melakukan perbaikan mobil tentunya dibutuhkan peralatan perbaikan seperti obeng, kunci pas ring hingga kunci momen. Namun, pada pembahasan kali ini akan dibahas secara mendetail mengenai fungsi kunci momen, jenisnya, dan cara penggunaannya yang tepat. Adapun pembahasan selengkapnya sebagai berikut.

Fungsi Kunci Momen 

Pada dunia perbengkelan kunci momen juga dikenal dengan istilah kunci torsi. Kunci momen berfungsi sebagai alat pengukur kekencangan atau alat pengerat baut atau mur. Adapun fungsi selengkapnya sebagai berikut.

1. Mencegah under tightening

Under-tightening merupakan kondisi dimana pengencangan pada suatu komponen kurang kencang. Apabila kondisi terjadi, maka menyebabkan sambungan antar komponen longgar atau oblak. Akibatnya, terjadi kebocoran getaran sehingga mur atau baut yang terpasang kurang kuat atau mudah copot.

2. Mencegah over-tightening

Kondisi ini merupakan kebalikan dari kondisi under-tightening. Kunci momen memungkinkan penggunanya mengencangkan mur atau baut sesuai dengan standar pabrik sehingga tidak merusak baut atau mur tersebut ketika proses pengencangan atau pelonggaran.

3. Memastikan konsistensi

Kunci momen juga dapat memastikan konsistensi pengencangan baut atau mur mendapatkan torsi pengencangan yang sama sehingga kekuatan pada setiap sambungan seragam.

Jenis-Jenis Kunci Momen

Ada beberapa jenis kunci momen yang berada di pasaran. Adapun jenis selengkapnya sebagai berikut.

1. Deflecting beam

Kunci ini dikenal dengan istilah kunci momen jarum. Kunci momen ini memiliki bentuk mirip pedang dan ujungnya menyerupai jarum dan kunci soket. Jarum tersebut akan bergerak sesuai dengan torsi yang diberikan ketika mengencangkan baut atau mur.

2. Dial indikator

Untuk menunjukkan besaran nilai kekencangan baut atau mur, kunci momen dial indikator memanfaatkan dial gauge atau dial indikator. Tingkat akurasi pada kunci momen ini terbilang sangat akurat, karena bisa mencapai 0,01 mm hingga 0,001 mm.

3. Click adjustable

Sesuai namanya, pada kunci momen jenis ini Anda bisa menyesuaikan nilai kekencangan hanya dengan mendengar suara “klik” pada proses pengencangan. Jadi Anda tidak perlu susah-susah melihat jarum indikator atau skala seperti kunci momen deflecting beam. 

Selain jenis di atas, kunci momen juga bisa dibagi berdasarkan mekanisme kerja, seperti kunci momen mekanik, elektrik, preset, dan hidrolik atau pneumatik.

Baca Juga : 12 Nama-Nama Kunci Bengkel Beserta Gambar dan Fungsinya

Cara Menggunakan Kunci Momen yang Benar

Penggunaan kunci momen sebenarnya hampir sama dengan penggunaan kunci lain pada umumnya. Namun, terdapat sedikit perbedaan karena kunci momen memiliki indikator ukur di area gagangnya. Adapun cara penggunaannya sebagai berikut.

1. Melonggarkan mur penyetelan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan kunci momen, Anda perlu melonggarkan mur penyetelan. 

2. Geser skala kekencangan

Selanjutnya, Anda perlu menggeser skala kekencangan pada mur penyetelan tersebut. Geser hingga jarum mendapatkan angka yang Anda inginkan. Pastikan nilai kekencangan mur yang Anda buat sama antara mur satu dengan mur lainnya agar tidak merusak komponen.

3. Mengunci batas beban

Selanjutnya, Anda perlu mengunci batas beban. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu mengencangkan mur pengunci. 

4. Gunakan bantuan kunci biasa

Meski kunci momen berfungsi untuk mengencangkan baut atau mur, ketika Anda hendak melakukan pengencangan baut atau mur, Anda perlu menggunakan bantuan kunci biasa. Hal tersebut perlu Anda lakukan, untuk memudahkan proses pengencangan sehingga tidak merusak baut atau mur yang terpasang beserta menambah usia keausan kunci momen.

5. Memasang kunci soket

Selanjutnya, Anda perlu memasang kunci soket sebelum mengencangkan mur atau baut dengan kunci momen. Pasang baut atau mur ke komponen mobil yang hendak dieratkan, kemudian masukkan baut atau mur tersebut ke kunci soket melalui lubang pada ujung kunci momen. 

6. Memutar kunci momen

Langkah terakhir, putar kunci momen searah jarum jam hingga nilai kekencangan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Apabila Anda tidak memiliki kunci momen saat perbaikan mobil, Anda bisa kunjungi bengkel resmi Daihatsu untuk melakukan perbaikan tersebut. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Hitung Pajak Mobil Tahunan dan 5 Tahunan

2020-11-17

Saat ingin membayar pajak, menghitung besaran pajak mobil tahunan dan 5 tahunan adalah langkah terbaik. Selain nggak bikin bingung harus menyiapkan dana berapa, Sahabat juga bisa melihat rinci biay

thumbnail

Ini Bedanya Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan Mobil

2022-06-26

Biasanya banyak orang yang mengganti header knalpot racing dengan knalpot bawaan untuk bisa meningkatkan performa mobil. Namun terkadang masih ada yang belum mengetahui

thumbnail

Mari Ketahui Fungsi Karpet Dasar Mobil serta Tips Membelinya

2021-02-02

Selain karpet mie, karpet dasar menjadi jenis karpet lainnya yang lazim dipakai. Karpet bernama lain karpet tambahan ini lazim dipakai untuk melapisi karpet bawaan yang

thumbnail

Jadwal Ganjil Genap Jakarta 2023: Jam, Jalur & Peraturan Terbaru

2023-11-20

Ganjil genap Jakarta adalah kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah kota untuk mengontrol jumlah kendaraan yang melintasi suatu ruas jalan pada waktu tertentu. Meskip