Logo Daihatsu
Menu

12 Nama-Nama Kunci Bengkel Beserta Gambar dan Fungsinya

Otomotif

2023-02-09

Nama-Nama Kunci Bengkel Beserta Gambar dan Fungsinya

Mengetahui nama-nama kunci bengkel beserta fungsinya dapat memberikan wawasan dan manfaat bagi Anda. Pasalnya Anda membutuhkan beberapa peralatan tersebut ketika hendak memperbaiki komponen mobil secara mandiri. 

Nama-Nama Kunci Bengkel Beserta Fungsinya

Sebelumnya kita sudah pernah membahas macam-macam alat ukur mekanik. Nah, pembahasan kali ini yaitu mengetahui nama-nama kunci bengkel.

Berikut beberapa nama kunci bengkel yang perlu Anda ketahui beserta gambar dan fungsinya :

1. Kunci ring

Kunci Ring

Kunci ini berfungsi untuk membuka dan mengencangkan mur atau baut. Kunci ini memiliki bentuk khas yaitu pada bagian rahangnya berbentuk heksagonal dan gagang yang panjang. Hal tersebut menghasilkan gaya tuas yang cukup besar.

2. Kunci pas

Kunci Pas

Kunci ini memiliki bentuk seperti tanduk banteng pada ujung-ujung kuncinya. Kunci pas sendiri memiliki ukuran diameter mulai dari 6mm-36mm sehingga Anda bisa mengencangkan baut dan mur sesuai ukuran yang pas.

3. Kunci kombinasi ring pas

Kunci Kombinasi Ring Pas

Sesuai dengan namanya, kunci ini memiliki desain setengah kunci pas dan setengah kunci ring. Pada salah satu ujung berbentuk seperti ujung kunci pas, dan di salah satu ujungnya berbentuk bulat dengan lubang heksagonal khas kunci ring. Untuk fungsinya sendiri, sama seperti kunci pas dan kunci ring yaitu sama-sama untuk mengencangkan dan melepas baut atau mur.

Baca Juga : Fungsi Kunci Ring & Pas Beda, lho! Ini Cara Menggunakannya

4. Kunci inggris

Kunci Inggris

Kunci ini digunakan untuk melepas atau memasang baut dan mur ketika proses pemasangan atau pelepasan tidak dapat diatasi menggunakan kunci ring dan pas. Rahang kunci ini dapat dilebarkan ataupun dipersempit sesuai sekrup putar yang di dekat rahang kunci.

5. Kunci L atau Allen

Kunci L Atau Allen

Sesuai namanya kunci ini memiliki bentuk seperti huruf L. Kunci ini memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari 2 mm hingga 22 mm dengan ujung berbentuk heksagonal dan berbentuk bintang. 

6. Kunci shock

Kunci Shock

Jika dilihat bentuknya, kunci ini menyerupai kunci pas. Fungsinya juga sama yaitu digunakan untuk melepas atau memasang baut atau mur. Kunci ini digunakan ketika kunci pas tidak dapat menjangkau pemasangan atau pelepasan baut dan mur. Kunci shock memiliki batang soket yang dapat disesuaikan dengan ujung mur, baut, dan soket.

7. Kunci busi

Kunci Busi

Sesuai dengan namanya, kunci ini digunakan untuk mengencangkan, mengendurkan, melepaskan, dan memasang busi. Kunci ini memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dengan ukuran busi yang digunakan pada mobil.

8. Kunci pipa

Kunci Pipa

Kunci pipa biasanya digunakan untuk memasang dan melepas pipa atau digunakan untuk menggenggam komponen mobil yang berbentuk silinder. Kunci pipa juga dapat digunakan sebagai pengganti kunci pas apabila kunci pas tidak dapat menjangkau sudut pelepasan mur.

Baca Juga : Fungsi Kunci T Sebagai Alat Mekanik Mobil & Cara Menggunakan

9. Kunci roda

Kunci Roda

Kunci ini memiliki bentuk menyerupai huruf X dan pada setiap ujungnya memiliki lubang yang sesuai dengan ukuran mur roda mobil. Lubang pada kunci roda tersebut memiliki ukuran yang berbeda menyesuaikan ukuran mur roda seperti 21mm, 19mm, dan 16mm.

10. Kunci rachet

Kunci Rachet

Kunci rachet termasuk dalam bagian komponen kunci shock. Fungsi dari kunci ini untuk melepaskan dan memasang baut dan mur yang sudah longgar. Kunci ini akan mempercepat proses pelepasan atau pemasangan baut dan mur. Anda juga tidak perlu susah-susah melepaskan kunci shock yang melekat ke kepala mur dan baut.

11. Kunci nepel

Kunci Nepel

Jika dilihat bentuknya, kunci ini mirip dengan kunci ring. Namun, kunci ini digunakan untuk membuka baut yang melekat di pipa rem atau sambungan pada injektor line. Kunci ini didesain lebih presisi dari kunci pas dan ring sehingga tidak merusak bagian kepala baut.

12. Kunci momen

Kunci Momen

Kunci ini berfungsi untuk membuka dan mengencangkan baut agar tidak merusak kepala baut.

Demikian beberapa nama-nama kunci bengkel beserta gambar dan fungsinya yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Kelebihan Daihatsu Charade, Si Mungil yang Penuh Daya Tarik

2021-03-15

Saat ingin memiliki sebuah mobil, hal pertama yang dilihat adalah kelebihannya yang dibawa oleh mobil tersebut. Begitu juga saat ingin membeli mobil klasik seperti Daiha

thumbnail

Tanda Oli Kompresor AC Mobil Habis, Ini Cara Cek & Mengatasinya

2023-10-10

Mengenali tanda oli kompresor AC mobil habis bisa mencegah peningkatan suhu pada kabin mobil agar tidak terlalu panas. Seperti diketahui, oli kompresor AC berfungsi

thumbnail

Hal-Hal Penting tentang RPM yang Harus Diketahui Pengendara Pemula

2023-12-21

RPM adalah singkatan dari Revolutions Per Minute dalam bahasa Inggris yang menyatakan satuan  kecepatan perputaran mesin, diukur dalam menit. Istilah ini umumnya t

thumbnail

SIM Keliling Pati: Jadwal, Biaya, dan Lokasi Terbaru 2024

2024-02-23

Apakah Anda sudah mengetahui jadwal, biaya, dan lokasi terbaru SIM keliling Pati 2024? Jika belum, mari perhatikan informasi selengkapnya di bawah ini.