Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Kunci Ring & Pas Beda, lho! Ini Cara Menggunakannya

Otomotif

2022-09-14

Fungsi Kunci Ring & Pas Beda, lho! Ini Cara Menggunakannya

Ketika sedang ingin memperbaiki mobil, misalnya memasang atau membongkar salah satu komponen mobil, hand tools yang tidak pernah luput untuk digunakan adalah kunci ring dan kunci pas. Kedua jenis kunci ini memang populer digunakan untuk mempermudah kinerja Anda ketika sedang memperbaiki mobil. Lalu apa fungsi kunci ring dan kunci pas? Apakah fungsinya berbeda atau sama? Lantas bagaimana cara menggunakan kunci tersebut. Ulasan selengkapnya, akan dibahas di bawah ini.

Perbedaan Fungsi Kunci Ring dan Kunci Pas

Apakah perbedaan kunci ring dengan kunci pas? Berikut ini perbedaanya :

1. Fungsi Kunci Ring

Pengertian dari kunci ring adalah salah satu kunci yang sering dipakai oleh mekanik otomotif yang ada di bengkel. Lantas, apa fungsi kunci ring? Kunci ring memiliki fungsi utama yaitu untuk mengencangkan dan mengendurkan mur atau baut suatu komponen kendaraan.

Biasanya baut atau mur yang bisa dikendurkan atau dikencangkan oleh kunci ring adalah baut dan mur yang memiliki bentuk segi enam (heksagonal).

Kunci ring sendiri di dalam dunia otomotif memiliki peran yang cukup penting. Baut dan mur yang dikencangkan oleh kunci ring menjadi sangat kencang dan kuat. Selain itu, penggunaan kunci ring terbilang minim risiko merusak baut atau mur mobil.

2. Fungsi Kunci Pas

Sedangkan, kunci pas memiliki fungsi utama mengencangkan atau mengendurkan baut atau mur yang sebelumnya sudah dikendurkan dengan kunci ring.

Bisa dibilang penggunaan kunci pas membantu proses percepatan pelepasan baut dan mur dibandingkan kunci ring. Kunci pas hanya bisa digunakan untuk kepala mur dan baut yang berbentuk kotak atau heksagonal saja.
 

Baca Juga : Hand Tool Mobil - Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

Cara Menggunakan Kunci Ring dan Kunci Pas 

Tentu saja cara penggunaan kunci rind dan kunci pas pun berbeda. Simak cara menggunakan kunci ring dan kunci pas dibawah ini :

1. Cara Menggunakan Kunci Ring

Cara menggunakan kunci ring bisa dibilang cukup mudah. Jika Anda sedang ingin mengendurkan maka Anda hanya perlu memutar posisi kunci ring ke sebelah kanan.

Namun, jika Anda sedang ingin mengencangkan baut atau mur, Anda cukup memutar kunci ring ke sebelah kiri. Cukup mudah bukan? 

Namun, sebelum Anda memulai proses pengencangan dan pengenduran baut dan mur pada komponen mobil. Sebaiknya Anda perhatikan dahulu bentuk dan ukuran baut dan mur apakah sudah sesuai dengan bentuk dan ukuran kunci ring.

2. Cara Menggunakan Kunci Pas

Sebelum Anda melakukan proses pengenduran dan pengencangan baut dan mur, Hal yang perlu Anda perhatikan pertama kali adalah memperhatikan ukuran kepala mur dan baut apakah sudah pas dengan ukuran kunci pas. Pastikan ukuran kepala baut dan mur sama dengan ukuran kunci pas. 

Jika Anda ingin melepas baut dan mur dengan ukuran 10 mm, maka Anda harus menggunakan kunci pas yang memiliki ukuran 10 mm.

Hindari penggunaan ukuran kunci pas yang berbeda dengan ukuran kepala baut atau mur yang ingin dilepas. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kerusakan pada kunci pas atau kepala mur dan baut. 

Selain itu, hindari melepas baut dan mur dengan posisi miring. Pastikan kunci pas sejajar atau lurus (pastikan posisi atas menggunakan posisi rahang kunci yang berukuran lebih besar).

Hindari mendorong kunci pas saat proses pelepasan baut dan mur. Jika posisi kunci pas sudah tepat, tarik kunci pas ke bawah. Sehingga meminimalisir kerusakan pada kepala baut dan mur serta lubang kunci pas. 

Baca Juga : Panduan Membaca Tabel Ukuran Baut Dan Kuncinya Lengkap

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah memahami apa fungsi kunci ring dan kunci pas pada saat memperbaiki kendaraan? Sekarang Anda sudah dapat menggunakan kedua kunci tersebut secara mandiri jika ingin melepas dan mengencangkan baut dan mur kendaraan Anda. 

Namun, jika Anda kurang yakin, Anda bisa membawa mobil Anda ke dealer Daihatsu terdekat atau bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tanda Platina Mobil Rusak yang Perlu Diwaspadai

2020-12-02

Mobil tak bisa nyala, mati mendadak sampai terasa tak bertenaga merupakan tanda platina mobil rusak. Sahabat harus memahami soal tanda-tanda ini biar nggak terjadi kerusakan mesin yang cukup parah.

thumbnail

Manfaat Cover Mobil

2021-01-19

Memiliki mobil di zaman sekarang bukan lagi hal yang sulit. Orang dapat membeli mobil dengan cara mencicilnya dengan DP yang ringan. Dengan adanya sistem cicilan ini, mo

thumbnail

Perpanjang SIM Online Sidoarjo 2023 Lokasi & Jadwal SIM Keliling

2023-01-17

Cara perpanjang SIM online Sidoarjo kini sangat mudah dan cepat, sama halnya dengan pembahasan kita sebelumnya mengenai

thumbnail

Performa Makin Oke, Ini 3 Tips Memilih Oli yang Bagus untuk Mobil Matic

2020-11-22

Memilih oli yang bagus untuk mobil matic merupakan satu langkah tepat dalam merawat mobil kesayangan. Kalau salah dalam memilihnya, tentu saja bisa mengakibatkan kerusakan pada mobil.Hal uta