Logo Daihatsu
Menu

Hand Tool Mobil - Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

Otomotif

2021-02-25

fungsi hand tool

Anda mungkin sudah tidak asing dengan dunia otomotif yang ada di lingkungan sekitar. Otomotif yang tersusun dari berbagai rancangan khusus memerlukan peralatan agar komponen tersebut dapat bekerja dengan baik. 

Tools atau peralatan yang diperlukan dalam otomotif terdiri dari power tools, service tool hingga hand tool. Lantas, apa pengertian hand tool beserta contoh dan fungsinya?

Apa Itu Hand Tool?

Kata hand tool dapat merupakan potongan dari kata “hand” dan “tool”. Hand itu sendiri dapat diartikan sebagai tangan. Sedangkan tool memiliki arti alat atau peralatan. Untuk itu, hand tool dapat diartikan sebagai peralatan yang digunakan dengan tangan manusia. 

Peralatan ini adalah bagian dari perkakas kecil yang bisa digunakan untuk menunjang berbagai rangkaian otomotif.

Cara kerja hand tool yang menggunakan tangan memang tidak berbahaya jika dibandingkan dengan power tool yang menggunakan energi listrik. 

Meski demikian, penggunaan hand tool juga harus dilakukan secara hati-hati agar tidak mengakibatkan cidera bagi pekerja. Oleh karena itu, pengertian hand tool sebaiknya lebih dipahami sebelum menggunakannya.

Penggunaan hand tool yang tidak berbahaya dibandingkan power tools sebaiknya perlu dikaji lagi. Hal ini karena hasil penelitian di Amerika menunjukkan 8% total kerugian akibat kecelakaan kerja berasal dari kesalahan penggunaan hand tool.

Cedera yang terjadi ini bahkan bisa berakibat fatal karena menyebabkan kerusakan alat hingga menurunkan produktivitas kerja.

Untuk itu, jenis peralatan ini sebaiknya hanya digunakan ketika membutuhkan. Anda bahkan perlu menggunakan hand tool sesuai dengan prosedur agar tidak terjadi kecelakaan kerja. 

Selain itu, jenis peralatan yang memiliki jenis yang beragam sebaiknya ditata dengan rapi agar mudah ditemukan. Anda bahkan dapat menggantung maupun meletakkannya dalam roll cabinet.

Baca Juga: 7 Barang Esensial Berkendara yang Wajib Ada Di Mobil

Beberapa Contoh Hand Tool Beserta Fungsinya

Lazimnya, fungsi hand tool dalam otomotif digunakan untuk merawat suatu kendaraan. Peralatan ini memiliki jenis yang beragam dengan fungsi yang berbeda pula. Beberapa jenis alat yang digunakan untuk merawat kendaraan ini terdiri dari kunci atau wrench, tang, obeng, handle shock dan palu atau hammer.

Peralatan dalam bentuk hand tool jika disebutkan berdasarkan jenisnya memang terkesan sedikit. Kendati demikian, jenis peralatan tersebut dapat dibagi lagi menjadi bagian kecil yang dapat disesuaikan dengan fungsinya. 

Misalnya saja kunci atau wrench. Pasalnya, alat ini memiliki bentuk yang berbeda seperti kunci pas, kunci ring, kunci T, kunci inggris dan lain sebagainya.

Tentunya, jenis hand tool yang lain juga memiliki bagian kecil yang serupa. Macam macam hand tool berupa tang juga memiliki bagian kecil seperti tang potong, tang lancip dan tang kombinasi. 

Tang potong biasanya digunakan untuk memotong kawat atau logam tipis. Tang lancip memiliki fungsi sebagai penjepit. Sedangkan tang kombinasi dapat melakukan kedua fungsi dari jenis alat ini.

Kemudian, jenis peralatan yang lain juga memiliki bagian komponen yang sama. Obeng ini memiliki fungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup. 

Terdapat obeng pipih, obeng gagang stabil, obeng fleksibel, obeng kembang, obeng magnet, obeng aksesori dan obeng tespen. Pasalnya, jenis obeng tersebut memiliki bentuk yang berbeda untuk jenis sekrup tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hand tool dalam jenis handle shock untuk mengoperasikan kunci shock.

Sedangkan palu atau hammer berfungsi untuk memukul benda dalam merawat mesin otomotif. Tentunya, jenis peralatan ini juga terbagi lagi menjadi komponen kecil sebagaimana jenis hand tool lainnya.

Itulah beberapa ulasan yang dapat Anda ketahui terkait dengan hand tool. Hand tool ini biasanya dioperasikan menggunakan tangan atau tenaga manusia dalam melaksanakan perawatan otomotif

Tentunya, hand tool juga memiliki macam-macam alat yang beragam untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Yuk Mengenal Macam Macam Dongkrak Beserta Fungsinya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sudah Tahu Fungsi Intake Manifold Mobil

2020-12-07

Mobil termasuk moda transportasi pribadi yang banyak diminati masyarakat. Sayangnya beberapa diantaranya tidak memahami betul setiap komponen yang ada di dalam mesin ken

thumbnail

Inilah 5 Tanda Busi Mobil Harus Diganti, Yuk Pahami!

2022-11-10

Busi mobil menjadi salah satu komponen penting yang dimiliki mesin. Bila pada tubuh manusia, busi mobil bisa dikatakan sebagai jantungnya. Bila jantung rusak, manusi

thumbnail

Apa itu Aquaplaning Pada Mobil? Ini Bahaya & Cara Mengatasinya

2022-12-05

Apakah Anda sering menonton Formula 1, atau malah menonton berita ketika musim hujan datang? Jika demikian, kata aquaplaning mungkin menjadi hal yang sudah tidak asi

thumbnail

Pahami Arti Warna Kabel Acc pada Kontak Mobil

2022-12-29

Kabel acc merupakan kabel remote yang terpasang pada