Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Fungsi Kunci Socket Pada Mobil dan Cara Menggunakannya
15 Maret 2023
Fungsi Kunci Socket Pada Mobil dan Cara Menggunakannya

Kunci shock atau kerap disebut juga kunci socket merupakan peralatan penting bagi pemilik mobil. Ada banyak fungsi kunci soket seperti mengencangkan baut dan sebagainya. Untuk lebih jelas terkait hal tersebut, Anda bisa menyimak pembahasan pada kali ini.

Sekilas Tentang Kunci Socket

Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, kunci socket adalah kunci dengan bentuk silinder dan biasanya terbuat dari bahan baja tensil tinggi. Pada umumnya, batang atau stang pada kunci socket dapat diganti atau diperpanjang menggunakan sambungan.

Apabila dilihat secara sekilas, alat ini mempunyai dua ujung, yakni dengan dudukan segi empat dan tempat untuk sambungan sock. Sementara itu, di ujung yang satunya berbentuk hexagonal layaknya kunci ring.

Pada kendaraan terutama mobil, Anda dapat melihat bahwa terdapat banyak mur dan baut untuk menghubungkan komponen-komponen di dalamnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan baut tersebut akan mengalami masalah sehingga perlu diperbaiki, baik itu dilonggarkan maupun dikencangkan.

Nah, di sinilah peran dari kunci socket berada, yakni untuk mengendorkan atau mengencangkan baut sehingga menjadi lebih baik. Meski begitu, masih ada beberapa fungsi lain yang tidak kalah pentingnya. 

Berbagai Macam Fungsi Kunci Socket

Di bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa fungsi dari kunci socket adalah mengencangkan atau mengendorkan baut pada komponen mobil. Akan tetapi, ada fungsi yang jauh lebih luas dibandingkan itu. Untuk lebih jelas, silakan simak pembahasan di bagian ini.

1. Mencengkeram mur atau baut

Fungsi yang pertama dan paling umum bisa dirasakan adalah mencengkeram mur atau baut yang berbentuk hexagonal. Bahkan, alat ini bisa dibilang dapat mencengkeram lebih baik dibandingkan kunci-kunci lainnya.

Hal tersebut dikarenakan bagian ujung yang telah didesain sedemikian rupa sehingga mampu meminimalkan kunci tergelincir. Seperti Anda ketahui, apabila kunci tergelincir, maka hal tersebut bisa membuat kepala baut menjadi rusak dan tidak bisa dikencangkan ataupun dilonggarkan.

2. Meraih baut yang susah dicapai

Ada begitu banyak rangkaian komponen mobil yang cukup rumit. Kondisi ini biasanya akan sedikit menyulitkan ketika terdapat baut dan mur di tempat sulit. Guna mengatasi permasalahan tersebut, mekanik biasanya akan menggunakan alat yang panjang dan ramping, salah satunya adalah kunci socket.

Kunci socket memang mempunyai desain yang cukup ramping. Selain itu, di bagian ujung juga terdapat bagian untuk mencengkeram kepala baut, bahkan untuk posisi yang tidak mudah dijangkau seperti pada bagian kaki-kaki mobil.

3. Dikombinasikan dengan peralatan lain

Meskipun manfaatnya cukup banyak, namun alat ini masih bisa dikombinasikan dengan peralatan lainnya. Kombinasi ini sering sekali dilakukan oleh para mekanik yang membutuhkan fungsi-fungsi tertentu sehingga pekerjaan akan menjadi lebih mudah.

Beberapa peralatan yang kerap dikombinasikan dengan kunci socket antara lain kunci T, kunci rachet, extension bar, hingga sliding bar. Dengan kombinasi tersebut, maka Anda dapat lebih mudah ketika ingin memasang atau membuka baut.

Baca Juga : 12 Nama-Nama Kunci Bengkel Beserta Gambar dan Fungsinya

Bagaimana Cara Memakai Kunci Socket?

Setelah mengetahui fungsi di atas, maka Anda juga perlu memahami bagaimana cara menggunakan kunci ini. Secara umum, cara penggunaannya tidak terlalu sulit, yakni silakan simak pembahasan di bawah ini. 

Pertama, silakan pasang kunci socket pada alat tambahan yang dibutuhkan. Untuk mengencangkan baut, Anda bisa memutar kunci searah jarum jam. Begitu juga dengan sebaliknya. 

Selanjutnya, posisikan kunci lurus dengan mur atau baut yang akan dikencangkan maupun dilonggarkan. Pastikan ukuran kunci sesuai dengan baut dan seluruh kepala baut tertutup kunci socket dengan sempurna.

Jadi, itulah tadi penjelasan mengenai fungsi kunci socket dan juga cara menggunakannya. Mulai saat ini, Anda tidak akan lagi kebingungan saat memakai alat tersebut.

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor