Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Lampu Tembak Mobil

Otomotif

2021-01-02

lampu tembak mobil

Lampu merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk penerangan, terutama ketika keadaan gelap. Ada beragam jenis lampu yang digunakan sesuai fungsi, kecanggihan teknologi, dan penggunaannya. Pertama dan paling awal dikenal, ada lampu pijar atau lampu bohlam, yang biasanya sering digunakan sebagai lampu tidur. Ada pula lampu neon, hingga yang terbaru ada lampu LED.

Penggunaan lampu pada mobil memiliki peranan sangat penting karena lampu tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saat gelap, tetapi juga sebagai lampu tanda maupun lampu sorot. Salah satu bentuk lampu sorot yang dipakai pada mobil adalah lampu tembak. Lampu ini atau sering disebut juga sebagai lampu flash merupakan lampu jarak jauh yang akan menyala semua terutama pada kondisi insidental, seperti ketika akan menyalip kendaraan.

Lampu tembak mobil sebenarnya tidak boleh digunakan ketika mobil berkendara di jalan-jalan dengan lalu lintas yang padat. Hal tersebut karena sinar terang pada lampu tembak akan mengganggu penglihatan pengendara di depannya akibat silau. Bahkan hal ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Supaya penggunaan lampu tembak tepat guna, ketahui dahulu fungsi lampu tembak mobil itu sendiri.

Berikut adalah Fungsi Lampu Tembak Mobil

1. Penerangan di jalan yang gelap

Lampu tembak memang tidak dianjurkan digunakan ketika melintasi jalanan yang ramai, seperti jalanan kota Jakarta, karena sinar yang terlalu terang membuat silau pengendara lain yang berpapasan dengan mobil Anda. Bahkan hal tersebut bisa memicu terjadinya kecelakaan. Ketika berada di jalanan yang ramai, sebaiknya gunakan lampu low beam.

Berbeda halnya ketika Sahabat mengendarai mobil melintasi daerah sepi dan minim penerangan, lampu tembak bisa Anda gunakan untuk menerangi jalan. Lampu tembak sejatinya tidak hanya digunakan pada sistem penerangan mobil saja. Stadion, taman, atau tempat-tempat yang membutuhkan penerangan jarak jauh juga menggunakan lampu tembak ini.

2. Penerangan di jalan yang berkabut

Lampu tembak, selain digunakan sebagai penerangan di jalanan yang gelap, juga bisa digunakan sebagai penerangan ketika Anda melaju di jalanan yang berkabut. Kabut yang tebal karena cuaca atau sedang melintasi daerah pegunungan akan menghalangi penglihatan Sahabat. Selain itu, kaca bagian depan kendaraan Anda juga tertutup embun.

Kondisi tersebut tidak sedikit yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Sehingga untuk menembus jalanan, Sahabat membutuhkan lampu yang memiliki sorot jarak jauh dan lebih terang. Lampu tembak yang menggunakan teknologi HPL mampu menembus jalanan berkabut dan mengirimkan tanda terutama bagi kendaraan di depannya bahwa dari arah berlawanan sedang ada kendaraan yang melintas, sehingga akan menghindari arah jalur yang sama.

3. Kode atau penanda untuk pengendara lain

Fungsi lampu tembak mobil selanjutnya adalah sebagai kode atau penanda bagi pengendara lain, terutama pada kondisi insidental. Misalnya ketika Sahabat akan menyalip kendaraan lain, Sahabat bisa menghidupkan lampu tembak supaya kendaraan di belakang atau di depan Sahabat tidak tiba-tiba juga ikut menyalip dan mengantisipasi dengan mengurangi laju kendaraan atau menghindar.

Atau bisa Sahabat gunakan sebagai tanda ketika berkendara, sedang dari arah berlawanan ada yang ingin berbelok, sehingga dengan lampu sorot ini Sahabat menginginkan atau mengkode kendaraan tersebut untuk berhenti dahulu. Namun Sahabat harus tahu cara penggunaannya. Sahabat boleh menyalakan lampu jarak jauh hanya sejenak, juga dibarengi dengan menyalakan lampu dekat.

Karena lampu sorot memiliki fungsi dan perannya sendiri, terutama ketika Sahabat harus melewati jalanan yang minim penerangan dan jalanan yang berkabut, sebaiknya Sahabat memastikan bahwa lampu tembak kendaraan Sahabat berfungsi dengan baik. Lakukan pengecekan secara menyeluruh, terutama jika Sahabat akan melakukan perjalanan jauh.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Rem Mobil Bunyi Mendesis? Mungkin Ini Sebabnya!

2020-11-17

Rem mobil bunyi mendesis adalah salah satu masalah yang lazim dialami pada rem mobil. Jangan sampai menyepelekan masalah ini saat menimpa mobil Sahabat. Sebab, hal itu b

thumbnail

Manfaat Cover Mobil

2021-01-19

Memiliki mobil di zaman sekarang bukan lagi hal yang sulit. Orang dapat membeli mobil dengan cara mencicilnya dengan DP yang ringan. Dengan adanya sistem cicilan ini, mo

thumbnail

Mengenal Aneka Jenis Sistem Rem Mobil

2020-11-17

Mobil termasuk moda transportasi pribadi yang diminati oleh masyarakat, karena dapat membantu kebutuhan harian penggunanya. Setiap kendaraan dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan seperti

thumbnail

Mengenal 3 Jenis Dempul Mobil dan Cara Melakukannya

2021-02-16

Memiliki kendaraan memang menjadi hal yang paling diinginkan oleh semua orang. Jadi tak heran jika banyak sekali orang membeli mobil baik itu bekas maupun baru. Tidak se