Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Resonator Knalpot Mobil dan Bedanya dengan Katalis

Otomotif

2023-10-30

Fungsi Resonator Knalpot Mobil dan Bedanya dengan Katalis

Bicara mengenai sistem pembuangan emisi mobil, tidak terlepas dari komponen di dalamnya. Komponen-komponen tersebut akan mengoptimalkan sistem pembuangan emisi tersebut, agar berdampak pada performa mobil, efisiensi bahan bakar, hingga ramah lingkungan. Namun, dari semua komponen tersebut, ada salah satu komponen terpenting yang mampu meningkatkan kenyamanan berkendara, yakni resonator knalpot mobil. Lantas apa fungsi sebenarnya dari komponen ini? Untuk selengkapnya perhatikan pembahasan berikut ini.

Fungsi Resonator Knalpot Mobil

Resonator knalpot bisa dibilang komponen khusus knalpot yang didesain untuk mengubah karakter suara knalpot. Komponen memiliki bentuk yang cukup sederhana, yakni berupa tabung silinder yang tersambung dengan pipa utama knalpot. Meski bentuknya sederhana, komponen ini menyimpan banyak fungsi sebagai berikut.

1. Meredam kebisingan suara

Resonator knalpot pada mobil memiliki fungsi utama, yakni meredam kebisingan suara dari mesin saat mengeluarkan emisi gas buang. Dengan memanfaatkan mekanisme resonansi maka resonator knalpot mampu meredam suara dengan baik sehingga telinga pengemudi dan penumpang mobil tidak terganggu saat emisi gas buang dikeluarkan.

2. Meningkatkan performa mesin

Fungsi selanjutnya, resonator knalpot mampu meningkatkan performa mesin mobil menjadi maksimal. Dengan mengontrol aliran emisi gas buang, komponen ini dapat meningkatkan kualitas proses pembakaran mesin. 

Seperti diketahui, sebenarnya tenaga dari hasil pembakaran mesin memiliki tekanan yang sangat kuat. Namun, dikarenakan knalpot tidak memiliki saringan pada saluran gas pembuangannya, maka daya dorong yang dihasilkan kurang kuat. Agar daya dorong tersebut menjadi kuat, maka diperlukan pemasangan resonator untuk mengubah tekanan dari saluran gas buang menjadi tenaga . Dengan begitu efisiensi bahan bakar, hingga peningkatan kualitas kinerja mesin dapat terwujud.

3. Meredam getaran

Mesin yang bekerja ketika mobil melaju, tentu saja menimbulkan getaran yang cukup mengganggu kenyamanan berkendara. Untuk mengecilkan getaran yang terlalu besar tersebut, maka diperlukan resonator knalpot. 

Perbedaan Resonator dan Katalis

Setelah Anda mengetahui apa saja fungsi dari resonator knalpot pada mobil. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui perbedaan komponen ini dengan komponen knalpot lainnya, seperti katalis konverter. 

Seperti diketahui, katalis konverter memiliki fungsi yang hampir sama dengan resonator knalpot dalam hal meredam suara. Namun, ketika Anda hendak berniat meningkatkan salah satu dampak dari ketiga dampak positif sistem pembuangan emisi mobil. Maka Anda perlu mengetahui perbedaan kedua komponen tersebut agar Anda dapat menentukan pilihan yang tepat. Adapun perbedaannya sebagai berikut.

1. Segi fungsi

Perbedaan pertama terletak pada segi fungsinya. Jika dilihat dari fungsinya, resonator knalpot lebih unggul dalam hal meredam suara dan peningkatan performa mesin mobil. Komponen ini mampu meredam kebisingan yang dihasilkan oleh proses pembuangan emisi gas dari mesin ke saluran gas buang. 

Selain itu, resonator dapat meningkatkan daya dorong untuk meningkatkan performa mesin dengan memanfaatkan tekanan dihasilkan saat proses pembakaran mesin. Sedangkan katalis konverter sendiri, lebih unggul dalam hal ramah lingkungan. Hal tersebut terjadi karena katalis konverter berfungsi untuk menyaring emisi gas buang agar kadar polutan yang dihasilkan tidak mencemari udara (sesuai dengan Euro 2). 

Baca Juga : Ini Efek Knalpot Mobil Tanpa Resonator yang Perlu Diperhatikan

2. Tata letak

Perbedaan kedua dari resonator knalpot dan katalis konverter dapat dilihat dari segi tata letak komponen, Resonator knalpot biasanya terpasang di depan katalis konverter, tepatnya di area sekitar header. Namun, ada juga yang terpasang di bagian belakang katalis konverter atau di area muffler. 

Demikian ulasan lengkap mengenai fungsi resonator pada mobil beserta perbedaannya dengan katalis konverter. Mengingat kedua komponen tersebut sangat penting, maka Anda perlu mempertimbangkan dengan baik-baik apabila hendak melepas salah satu komponen tersebut. Sebaiknya, konsultasi dengan ahli sebelum melepas salah satu komponen tersebut. Anda bisa konsultasi dengan mekanik dari bengkel resmi Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Penting Oil Seal dan Jenisnya, Yuk Simak!

2023-07-31

Oil seal berfungsi untuk melindungi pelumas mesin agar selalu berada pada mesin mobil sehingga tidak terkontaminasi dengan kotoran. Dengan begitu, mesin terbebas dar

thumbnail

Lima Jenis Aki Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

2020-11-21

Mobil membutuhkan listrik. Tanpa arus listrik, lampu mobil Sahabat tidak bisa menyala, AC tidak berfungsi, bahkan, mobil Sahabat tidak akan bisa nyala, apalagi berjalan.

thumbnail

Cara Mengetahui Pajak Kendaraan Diblokir atau Tidak, Cek di Sini!

2023-03-21

Agar keamanan dan kenyamanan berkendara selalu terjamin, Anda tidak hanya wajib rutin memeriksa dan merawat kendaraan. Tetapi Anda juga perlu memeriksa surat, dan pa

thumbnail

Bahaya Pakai Koil Busi Imitasi

2022-02-21

Performa kendaraan yang Anda miliki sudah semestinya dijaga dan dirawat dengan baik. Kendaraan yang memiliki performa kurang bagus akan mengakibatkan kerusakan dalam jan