Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Timing Light dalam Otomotif & Cara Menggunakannya

Otomotif

2023-03-21

Fungsi Timing Light dalam Otomotif & Cara Menggunakannya

Fungsi timing light dalam dunia otomotif terbilang penting. Bahkan bisa dibilang sahabat para mekanik. Mengapa bisa begitu? Karena timing light merupakan salah satu bagian dari peralatan ukur bengkel. Jika Anda ingin mengetahui fungsi dari alat ini lebih dalam beserta cara penggunaannya. Anda perlu memperhatikan ulasan berikut ini.

Fungsi Timing Light dalam Dunia Otomotif

Timing light merupakan alat ukur yang digunakan untuk membantu proses penyempurnaan percikan bunga api yang dihasilkan busi. Timing light akan memudahkan Anda mencari posisi percikan bunga api busi yang tepat. Dengan begitu pembakaran mesin dapat berjalan dengan baik. 

Alat ini akan menyala dan mengeluarkan sinar stroboscopic apabila ada rangsangan tegangan tinggi listrik dari kabel busi. Hal tersebut, menjadi pertanda proses pengapian busi terjadi. Perlu diingat, penggunaan timing light hanya digunakan untuk mobil yang memiliki sistem pengapian konvensional. Untuk mobil keluaran tahun terbaru, sudah tidak menggunakan alat ini karena mobil sudah menggunakan sistem ECU.

Cara Menggunakan Timing Light

Setelah Anda mengetahui fungsi utama dari timing light, Anda perlu mengetahui bagaimana cara penggunaan timing light yang benar. Berikut cara selengkapnya.

  • Siapkan mobil Anda yang akan dilakukan perbaikan. Jangan lupa matikan mesin mobil terlebih dahulu apabila kondisi mesin menyala. Tunggu hingga mesin mobil dingin.
  • Selanjutnya, buka bagian magnet atau penutup rotor.
  • Kemudian Anda bisa buka bagian penutup platina.
  • Selanjutnya, Anda siapkan timing light dan pasang kabel yang tersemat di timing light. Berikut cara pemasangan kabel timing light yang tepat.
    • Pasang kabel timing light yang berwarna merah ke bagian kutub positif aki.
    • Pasang kabel timing light yang berwarna hitam dan berukuran besar ke bagian kabel busi.
    • Pasang kabel timing light yang berwarna hitam dan berukuran kecil ke bagian kutub negatif aki.
  • Jangan lupa nyalakan mesin mobil terlebih dahulu hingga mesin mobil mencapai suhu kerja mobil.
  • Nyalakan mesin dengan kondisi idle a, pastikan putaran RPM mencapai 750 hingga 800. Hal tersebut wajib Anda lakukan agar pengukuran menjadi presisi.
  • Kemudian, lepas selang yang melekat pada bagian vacuum advancer distributor sehingga proses pengukuran menjadi lebih presisi. 
  • Langkah selanjutnya, tekan bagian tombol dari timing light agar menyala. Lalu senter pada bagian puli poros engkol. Perhatikan bagian tersebut dengan teliti agar Anda mengetahui waktu pengapian busi. Pastikan pada saat penyorotan atau senter, lampu strobo berada pada angka 0.
  • Geser bagian distributor apabila nilai dari lampu strobo tersebut kurang atau melebihi angka 0.
  • Setelah semuanya sesuai, segera pasang baut dan putar hingga kencang.
  • Dan langkah terakhir, pasang bagian selang dan segera bereskan peralatan yang Anda gunakan.

Demikian beberapa langkah mudah yang bisa Anda contoh ketika menggunakan timing light. Bagaimana cukup mudah dan sederhana, bukan? 

Seperti diketahui, keberhasilan mesin dalam mewujudkan performa yang maksimal dipengaruhi oleh proses pengapian busi mobil. Apabila proses pengapian tersebut mengalami masalah, maka mobil menjadi kurang bertenaga. Selain itu, masalah lain akan muncul seperti meningkatnya emisi gas buang, hingga konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih boros. 

Jika Anda kurang percaya diri untuk melakukan pemeriksaan menggunakan timing light secara mandiri. Anda bisa mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan pelayanan service terbaik. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Mengapa Parkir Mobil Ban Harus Lurus untuk Kenyamanan Berkendara

2021-02-08

Parkir mobil merupakan salah satu bagian yang cukup krusial dalam menjaga komponen kendaraan agar tidak rusak. Mulai dari cara parkir, posisi ban dan setir, hingga lokas

thumbnail

Power Steering Berat? Begini Cara Mengatasi yang Aman

2022-07-27

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kendaraan roda empat adalah power steering yang terasa berat dan terkadang disertai bunyi. Lantas, bagaimana cara mengatasi power steering berat? Simak s

thumbnail

STNK Sementara Mobil Baru dan Aturan Plat Putih

2022-10-07

Salah satu dokumen kelengkapan berkendara yang harus dimiliki oleh setiap pengendara adalah STNK serta TNKB asli. Bagi pemilik kendaraan bermotor baru, tentunya dia

thumbnail

Hal yang Harus Dipahami Mengenai Penentuan Tekanan Ban Mobil

2020-12-04

Saat Sahabat mengisi atau menambah tekanan ban mobil sebenarnya tidak boleh dilakukan sembarangan atau sekedar sampai ban terasa lebih keras saja. Pabrikan mobil biasany