Logo Daihatsu
Menu

Gunung Batur, Gunung di Bali yang Cocok Buat Trekking

Travel

2021-05-11

gunung batur

Bali tak hanya memiliki pantai, tetapi juga pegunungan yang tak kalah menarik. Adapun salah satu diantaranya adalah Gunung Batur. Gunung Batur ini dikenal wisatawan sebagai tempat yang cocok buat trekking.

Pada artikel ini, kami akan bagikan sejumlah informasi soal gunung tersebut. Mulai dari deskripsi singkat, daya tarik, sampai paket harga yang ditawarkan di sana. Semua informasi itu bisa disimak sebagai berikut!

Deskripsi Singkat Gunung Batur

Gunung Batur merupakan salah satu gunung berapi aktif di Bali. Gunung satu ini juga merupakan salah satu gunung tertinggi di Bali. Lokasinya sendiri berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Gunung Batur sendiri punya tiga kerucut gunung api. Masing-masing kerucut tersebut punya kawah. Adapun tiga kerucut tersebut adalah Batur I, Batur II, dan Batur III.

Gunung satu ini lazim sekali dipakai untuk trekking oleh para wisatawan. Selain trekking, Gunung Batur juga lazim dikunjungi untuk beberapa kegiatan wisata lainnya. Semisal memandangi sunset dan mengunjungi Desa Trunyan.

Daya Tarik Gunung Batur

Ada beberapa daya tarik yang terdapat di Gunung Batur. Beberapa daya tarik itu dijamin bikin Sahabat tak menyesal menyambangi gunung ini. Beberapa daya tarik tersebut adalah:

1. Kaldera

Daya tarik utama yang dimiliki Gunung Batur adalah kaldera. Bisa dibilang kalau kaldera di Gunung Batur merupakan kaldera salah satu yang terbesar di dunia. Bagaimana tidak, kaldera di gunung ini punya ukuran sebesar 13,8 km x 10 km.

Kaldera Gunung Batur sendiri terdiri atas dua buah, yaitu Kaldera I dan Kaldera II. Kaldera II sendiri letaknya persis di dalam Kaldera I. Kaldera II punya bentuk serupa lingkaran yang dilengkapi garis tengah sepanjang 7 km.

2. Pemandangan Sunset

Menikmati sunset di Bali tak harus ke pantai. Sahabat juga bisa melakukannya di Gunung Batur. Di sana, Sahabat bisa melihat cahaya matahari sunset berwarna kemerahan. Cahaya tersebut lantas ditutupi oleh kabut tipis, serta mewarnai lingkungan sekitar Gunung Batur. Panorama tersebut bisa Sahabat dapatkan saat berhasil mencapai ketinggian 1717 mdpl gunung ini.

3. Tanah yang Mengeluarkan Sumber Panas Bumi

Di beberapa sudut Gunung Batur, terdapat tanah yang mengeluarkan sumber panas bumi. Di tanah tersebut, Sahabat bisa merasakan sensasi merebus telur hingga matang. Untuk melakukan itu, kami sarankan agar Sahabat melakukannya bersama pemandu wisata. Hal itu dilakukan tentu demi keselamatan Sahabat selama di Gunung Batur.

4. Desa Trunyan

Selain berwisata alam, Sahabat pun juga bisa berwisata budaya di gunung satu ini. Di Gunung Batur, ada satu desa bernama Trunyan. Di desa itu, penduduknya kebanyakan beragama Hindu warisan Majapahit. Tak seperti masyarakat Bali pada umumnya.

Paket Harga Tour/Trekking di Gunung Batur

Seum kami tutup, kami akan beritahukan berapa kisaran paket harga untuk piknik ke Gunung Batur. Entah itu untuk tour maupun trekking.

Untuk tour, Sahabat mesti mengeluarkan kocek sekitar Rp 1 - Rp 2 juta. Budget tersebut sudah mencakup biaya penjemputan, pemandu wisata, dan sebagainya.

Untuk trekking, biayanya sedikit lebih terjangkau, yakni sekitar Rp 600 ribu - Rp 800 ribu. Trekking sendiri bisa dilakukan secara perorangan, berdua, maupun berkelompok. Tergantung dari keinginan Sahabat, serta kebijakan dari penyedia jasa trekking di Gunung Batur.

Demikianlah sejumlah informasi soal Gunung Batur. Semoga bisa menjadi panduan bagi Sahabat yang tertarik untuk ke gunung satu ini. Entah untuk trekking ataupun kegiatan wisata lainnya.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Memasuki Jalan Tol

2020-10-28

Jalan bebas hambatan atau lebih dikenal dengan jalan Tol memang menjadi alternatif tercepat menuju tujuan. Jalan berbayar ini diklaim mampu memangkas waktu dibanding jal

thumbnail

Patut Bangga! Berikut Daftar 50 Makanan Khas Indonesia Yang Dikenal Dunia

2021-01-31

Indonesia diberkahi dengan keragaman suku dan budaya yang juga menghasilkan kuliner unik dan lezat. Hal ini terbukti dengan dafta

thumbnail

5 Gunung Tertinggi di Indonesia Terletak di Papua, Tak Salah Dijuluki Surga Indonesia

2020-12-23

Pegunungan Jayawijaya adalah pegunungan yang terkenal di Indonesia. Rangkaian pegunungan ini terletak di Papua. Terdiri dari banyak pegunungan yang terangkai, Jayawijaya

thumbnail

Terkenal Kelezatannya! Berikut List 31 Makanan Khas Lombok Yang Wajib Dicicipi

2021-01-31

Berkunjung ke Lombok tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut.Ada berbagai macam olahan hidangan yang dibuat dengan bumbu rempah pilihan dan menjadi andalan di Lombok