Logo Daihatsu
Menu

Harga Daihatsu Charade, Mobil Klasik untuk Koleksi Terbaik

Otomotif

2021-03-15

harga charade

Memburu mobil klasik merupakan hobi yang cukup menyenangkan. Salah satu yang menjadi incaran para kolektor adalah Daihatsu Charade, baik versi turbo atau standar. Harga Daihatsu Charade terbilang masih cukup aman dan terjaga dengan baik.

Daihatsu Charade merupakan mobil yang hadir di Indonesia pada akhir 1970-an. Mobil ini bertahan cukup lama hingga tahun 1990-an dan sudah memunculkan berbagai varian. Biarpun terbilang sudah cukup berumur, Daihatsu Charade masih memiliki daya tarik untuk sebagian masyarakat. Sejarah dan spesifikasi mobil klasik pastinya yang menjadi daya tarik para kolektor.

Mobil pertama yang dijual adalah Daihatsu Charade G10. Mobil ini berbentuk sedikit kotak pipih ala sedan dan tidak memiliki buntut di belakangnya (hatchback). Sebagai tetua atau sesepuh hatchback di Indonesia, mobil memang masih belum memiliki banyak fitur di dalamnya. Bagasi pada mobil ini persis di belakang jok penumpang dan terbilang sangat kecil.

Seri Daihatsu Charade yang dipasarkan di Indonesia juga sedikit berbeda. Mobil ini hadir dalam versi 4 pintu penumpang dan satu pintu bagasi. Varian yang sama yang dipasarkan di negara Asia lainnya memiliki dua pintu penumpang dan satu bagasi.

Tahun 1981, Daihatsu mengubah sedikit tampilannya dan memberi kode Charade G20. Bodi Charade terbilang sedikit lebih kotak dibanding pendahulunya. Selain itu, lampu depannya juga dibuat kotak oleh Daihatsu. Namun, mesin yang dipakai oleh dua varian mobil ini tetap sama dengan kapasitas 993 cc. Pada masanya, mobil ini memiliki kekuatan yang apik untuk dibawa ngebut atau jalan menanjak dengan semua kursi penumpang terisi penuh.

Daihatsu Charade Era 80-an dan 90-an

Generasi kedua dari Daihatsu Charade hadir dua tahun berselang setelah seri G20. Varian selanjutnya ini memiliki bodi yang lebih kotak, gemuk, tapi tetap mungil khas Charade. Selain itu, ada berbagai tampilan lain yang berbeda.

Lubang angin atau grille mobil ini dibuat lebih besar dengan bentuk layaknya sarang lebah. Lampu kotak yang lebih manis pun menjadi penerangan utama ketika di jalan. Pada 1985, varian ini muncul versi facelift dengan bentuk grille garis memanjang dan lampu yang lebih manis berbentuk trapesium

Varian mobil akhirnya dikenal dengan Daihatsu Charade CS. Varian inilah yang paling banyak diburu kolektor. Pasalnya, Daihatsu Charade CS ada yang versi standar dengan menggunakan mesin CB23 dan varian turbo dengan kode CB60 turbo.

Dua mesin yang dibawa sebenarnya memiliki SOHC 6 katup. Namun, ada perbedaan besar yang terjadi dalam performa. Varian turbo memiliki daya 68 Ps pada 5500 rpm yang membuatnya mampu berlari lebih cepat. Selain itu, transmisi yang dibawa oleh varian turbo pun 5 percepatan.

Harga Daihatsu Charade

Harga yang ditawarkan dari mobil ini pun sangat beragam karena usia mobil ini sudah hampir 40 tahun. Sahabat perlu sedikit detail saat berburu mobil ini dan pastikan kondisinya masih layak pakai. Jangan sampai koleksi mobil klasik yang satu ini malah menyusahkan di kemudian hari.

Harga Daihatsu Charade merupakan kisaran harga mobil klasik yang sangat menarik bagi para kolektor. Ya, harga terendahnya ada di kisaran Rp13 – Rp15 jutaan. Hal ini disebabkan karena jarak tempuh yang sudah dilalui mobil ini sudah sangat tinggi. Belum lagi beberapa bagian mobil yang mungkin sudah penuh dengan karat. Harga pasaran mobil ini sebenarnya ada di angka Rp25 – Rp30 jutaan.

Kalau mau membayar lebih tinggi, Sahabat bisa menemukan Daihatsu Charade tahun yang lebih muda dengan kondisi yang masih luar biasa. Beberapa pemilik yang biasanya adalah kolektor juga bisa membanderol mobil ini dengan harga sampai Rp75 jutaan.

Harga tinggi tersebut tentunya akan membawa kenyamanan saat mobil ini dikendarai nantinya. Selamat berburu Daihatsu Charade!

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa Lama STNK Mobil Baru Keluar? Ini Info Terbaru 2023!

2023-05-12

Berapa lama STNK mobil baru keluar? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang kerap kali ditanyakan seseorang ketika

thumbnail

Daihatsu Rocky - Sejarah, Spesifikasi hingga Harganya

2021-05-06

Setelah merilis sejumlah mobil kembar seperti Agya dan Ayla, Daihatsu kembali merilis mobil baru hasil kerjasama dengan Toyota, mobil tersebut adalah