Logo Daihatsu
Menu

Hati-Hati Bila Buka Kap Mesin Mobil Saat Parkir

Otomotif

2022-05-13

buka kap mesin mobil saat parkir

Buka kap mesin saat parkir mungkin menjadi pemandangan yang biasa terjadi. Apalagi jika mobil yang digunakan telah menempuh perjalanan yang jauh. Maka wajar saja jika Anda menemukan mobil pengendara lain yang terbuka kap mesinnya.

Membuka kap mesin saat parkir dilakukan bukan tanpa alasan. Ini dilakukan agar panas dari mesin mobil bisa keluar. Cara yang paling tepat adalah dengan membuka kap mesin mobil. Namun apakah melakukan hal seperti ini tidak berbahaya?

Buka Kap Mesin Saat Parkir Apakah Berbahaya?

Untuk buka kap mesin saat parkir memang tidak ada larangannya. Semua orang bisa melakukan hal ini selama tidak mengganggu lingkungan sekitarnya. Biasanya kondisi seperti ini dilakukan setelah menempuh perjalanan jauh. Pemilik mobil akan beristirahat dengan memarkir mobil, sedangkan mesin mobil coba didinginkan.

Suhu kerja dari mesin berbeda dengan suhu yang ada di lingkungan sekitar. Biasanya suhu kerja  dari mesin berkisar 90 hingga 95 derajat celcius. Inilah efisien tenaga dan konsumsi BBM bisa didapatkan. Namun perlu Anda ketahui bahwa terdapat kipas atau extra fan yang bisa berputar secara otomatis untuk mendinginkan mesin.

Sebenarnya suhu tersebut merupakan yang paling ideal, apabila sistem pendingin bekerja secara optimal. Mungkin membuka kap mesin mobil ini dilakukan karena merasa suhu sekitar yang dirasakan pengendara terasa panas. Sehingga memutuskan untuk mendinginkan mesin mobil bisa dilakukan dengan membuka bagian kap mesinnya.

Memang membuka kap mesin mobil bisa mempercepat pendinginan, karena udara yang panas dari mesin bisa terbuang ke atas. Meskipun kap mesin mobil tidak dibuka, bisa saja mendinginkan mesin secara otomatis. Akan tetapi prosesnya terbilang lebih lama dibandingkan membuka kap mobil secara langsung.

Padahal jika hal  seperti ini tidak dilakukan sekalipun, juga tidak akan berpengaruh apapun karena sistem pendingin bekerja secara optimal. Namun tahukah Anda bahwa aktivitas buka kap mesin saat parkir bisa saja membahayakan. Ini terjadi pada saat Anda membuka kap mesin dalam keadaan yang panas.

Komponen yang panas ini bisa saja melukai tangan Anda. Momen inilah yang berbahaya, Anda harus lebih hati-hati saat membuka kap mesin mobil. Untuk menghindari tangan Anda terluka karena komponen mobil yang panas, maka bisa menggunakan alas atau sarung tangan untuk membuka kap mesin mobil.

Hindari juga untuk duduk di sekitar bagian depan mobil Anda jika dirasa panas. Kegiatan membuka kap mesin mobil saat berada di parkiran bisa saja berbahaya jika Anda parkir di kepadatan. Panas dari mesin mobil bisa saja mengganggu aktivitas orang lain.

Lakukan Dengan Hati-Hati

Membuka kap mesin mobil bukanlah hal yang berbahaya selama Anda melakukannya dengan hati-hati. Jika dilakukan secara tergesa-gesa dan tidak waspada, sudah pasti bisa membahayakan Anda.

Pada saat Anda buka kap mesin mobil saat parkir akan terlihat kurang sedap dipandang. Ini terjadi karena kap mesin mobil dibiarkan terbuka begitu saja di parkiran. Namun, membuka kap mesin mobil seperti ini tetap bisa dilakukan tanpa melukai tangan Anda ataupun mengganggu aktivitas orang di sekitarnya.

Jangan anggap sepele mengenai bahaya membuka kap mesin mobil seperti ini. Tetap waspada dan tambah wawasan Anda mengenai perawatan mobil. Cukup kunjungi blog kami dan dapatkan informasi bermanfaat lainnya seputar perawatan kendaraan, otomotif dan mobil-mobil Daihatsu terbaru dari kami yang akan terus diupdate secara berkala. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Memilih Mobil MPV Bekas yang Berkualitas

2021-01-05

Tips memilih mobil MPV bekas adalah hal yang harus Sahabat lakukan, apalagi jika ingin mendapatkan MPV bekas berkualitas. Membeli MPV bekas berkualitas bisa bikin Sahaba

thumbnail

Speedometer Mobil: Fungsi, Bagian, dan Cara Kerjanya

2022-10-20

Untuk mengetahui performa kecepatan suatu mobil, Anda perlu memahami apa itu speedometer mobil. Speedometer mobil adalah alat untuk mengukur laju kecepatan kendaraan

thumbnail

Kenali Beberapa Penyebab Rem Cakram Mobil Bunyi Saat Dioperasikan

2020-12-22

Rem cakram mobil bunyi adalah salah satu masalah yang bikin rem tidak berfungsi secara seharusnya. Bila dibiarkan saja, masalah itu bisa mengganggu Sahabat saat sedang m

thumbnail

Fungsi Dwell Tester : Cara Perawatan & Menggunakannya

2022-08-10

Bicara soal pemeliharaan kendaraan, tentu tidak lepas dari penggunaan alat ukur untuk membantu proses perbaikan salah satunya menggunakan dwell tester. Salah satu fungsi dwell tester