Logo Daihatsu
Menu

Hindari Kerusakan, Berikut 4 Cara Menyetel Wiper Mobil yang Benar

Otomotif

2021-01-12

cara menyetel wiper mobil

Wiper merupakan komponen mobil yang memerlukan perawatan dan penyetelan dengan benar. Kedua hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar komponen wiper dapat menjangkau seluruh bagian kaca mobil dengan baik. 

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara menyetel wiper mobil yang benar. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

1. Mempersiapkan Peralatannya

Sebagai langkah dasar, Anda perlu mempersiapkan semua peralatan untuk menyetel wiper mobil. Sebenarnya, untuk menyetel wiper pada mobil hanya membutuhkan peralatan yang sederhana dan tidak terlalu banyak. 

Namun tetap saja Anda harus mempersiapkan semua bahannya dan memastikan tidak ada satu saja alat yang terlewatkan. 

Alat yang dibutuhkan umunya mulai dari kunci pass ukuran 12, baut, dan peralatan lainnya. kunci pass 12 ini nantinya akan digunakan untuk membuka dan menempelkan baut pada pengunci wiper arm

Selain alat alat tersebut, Anda juga bisa menyiapkan alat bantu lainnya seperti obeng, tang, atau alat bantu lainnya. 

Baca Juga: Komponen Wiper Mobil dan Tips Mengatasi Kerusakannya

2. Membuka Tutup Wiper Arm

Setelah menyiapkan semua peralatan, langkah selanjutnya dari cara menyetel wiper mobil adalah membuka tutup wiper arm. Perlu Anda ketahui, tutup wiper arm berfungsi sebagai pelindung baut yang mengunci komponen wiper

Tutup ini akan melindungi wiper dari air hujan dan debu yang sifatnya korosif. Untuk membuka penutup, putar dan tarik bagian ke arah atas. 

3. Mengendorkan Baut Pada Pengunci Wiper Arm

Jika tutup wiper arm sudah selesai dibuka, Anda akan melihat baut pengunci yang digunakan untuk menyetel wiper. Setelah melihatnya, kendorkan baut tersebut dengan menggunakan kunci dengan memutarnya ke arah berlawanan. 

Kendorkan baut tersebut hingga bagian pengunci terlepas. Kemudian, Anda perlu membersihkan baut hingga terhindar dari debu.

Setelah terlepas, Anda perlu mengetuk bagian pengunci wiper arm agar kotoran di dalamnya menghilang. Setelah itu, Anda bisa menarik wiper arm sampai terlepas dari tempat asalnya. 

Jika dirasa sudah bersih, cara menyetel wiper mobil selanjutnya adalah memasangnya sesuai kebutuhan. Jika terlalu ke atas, maka Anda bisa mengatur ulang wiper arm hingga posisinya sesuai postur tubuh.

Setelah posisi dirasa sudah tepat dan sesuai kebutuhan pengemudi, kunci bagian wiper arm dan kembalikan bagian tersebut ke posisi awal. 

Setelah itu, pasang kembali baut pengunci wiper arm, kemudian kencangkan bagian tersebut dengan memutarnya searah jarum jam. Untuk mencegah terjadinya kerusakan, Anda bisa menaikkan posisi wiper sesuai standar.

4. Mencoba Setelan Wiper Arm yang Sudah Dirakit Sebelumnya

Untuk memastikan wiper terpasang dengan sempurna, Anda bisa menyalakan saklar wiper dan memastikan apakah wiper dapat bergerak lebih baik. Pastikan pula pergerakkan wiper tidak melebihi bidang kaca. 

Setelah itu, kencangkan kembali baut pengunci dengan memperhitungkan jangkauan pergerakkan dari wiper itu sendiri, sebagai langkah akhir cara menyetel wiper arm

Baca Juga: 5 Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Wiper Mobil dan Cara Mengatasinya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Water Jacket, Komponen, dan Penyebab Kerusakannya

2022-10-24

Water jacket adalah ruang yang ada di dalam mesin mobil sebagai tempat untuk menyimpan air pendingin mesin (coolant) yang bersikulasi di dalam mesin mobil. Maka dari itu, f

thumbnail

Tips Menaruh Tutup Tangki saat Isi BBM Agar Tidak Kelupaan

2022-04-07

Setiap pabrikan mobil tentu memiliki desain tersendiri dalam menentukan letak tangki dan posisi tutup tangki BBM (bahan bakar minyak). Sayangnya, terkadang saat Anda mel

thumbnail

Inilah 3 Tanda Baterai Remote Mobil Habis dan Cara Menggantinya

2023-02-08

Saat ini banyak sekali mobil yang sudah menggunakan

thumbnail

Pengaruhi Power, Ini 3 Efek Knalpot Mobil Tanpa Resonator

2021-01-07

Salah satu bagian penting pada sistem kerja sebuah mobil yaitu resonator. Resonator merupakan komponen pada knalpot yang terletak