Logo Daihatsu
Menu

Ide Pick Up Modifikasi Agar Tampak Lebih Keren

Modifikasi

2020-11-01

pickup modifikasi

Pick Up Modifikasi mungkin sesuatu yang jarang dilakukan karena memang mobil pick up didesain sebagai mobil yang digunakan untuk berniaga atau mengangkut banyak barang. Namun, mobil pick up ini nyatanya bisa disulap menjadi mobil yang keren dengan melakukan modifikasi. Ada beberapa komunitas yang hobi melakukan pick up modifikasi agar tampilannya semakin gaul dan keren. 

Mungkin masih banyak juga orang yang bingung bagaimana memulai modifikasi pada sebuah mobil pick up, karena bentuknya jelas berbeda dengan kebanyakan mobil umum lainnya. Ada banyak sekali variasi dan model modifikasi yang bisa Sahabat pilih untuk mengubah tampilan mobil pick up Sahabat. Untuk melakukan modifikasi mobil pick up tentunya ada hal yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan performa mobil. Sebagai rekomendasi, inilah beberapa ide bagaimana cara modifikasi mobil pick up yang sesuai dengan selera Sahabat:

Sistem Saluran Udara

Hal pertama yang perlu Sahabat lakukan saat ingin melakukan pick up modifikasi adalah mengubah sistem saluran udaranya. Jika Sahabat ingin kinerja mesin menjadi lebih baik dan mengubah kecepatannya, maka Sahabat perlu upgrade pada bagian sistem saluran udara. Udara yang masuk dan filter yang telah dimodifikasi akan menyuplai udara bersih lebih banyak pada ruang bakar, sehingga hal itu akan membuat tenaga pada mesin dan torsi lebih dalam membawa beban. 

Meskipun tenaga mesin yang didesain dari pabrikan sudah cukup mumpuni, namun Sahabat tentu bisa menambahkan sedikit tenaga lagi pada mobil pick up Sahabat agar memudahkan dalam berkendara setelah di upgrade.

Sistem Knalpot

Selanjutnya pada bagian pembuangan atau dikenal dengan knalpot, Sahabat sebaiknya melakukan modifikasi di bagian tersebut. Air intake system (sistem saluran udara) yang ditingkatkan akan memberikan tenaga pada mesin mobil pick up Sahabat. Namun jika Sahabat mengganti dengan knalpot khusus dan muffler maka akan menjadikan suaranya lebih dalam dan mantap.

Kendati demikian, tidak semua orang menyukai suara mobil yang keras karena bisa mengganggu kenyamanan pada pengendara lain atau orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, pabrik mobil pick up memang telah mendesain sistem knalpot menjadi lebih tenang atau kalem, namun pabrik kurang memperhatikan pada kinerja mobil pick up. Knalpot custom atau knalpot yang telah didesain akan meningkatkan aliran udara pada mesin, meningkatkan torsi dan tenaga serta mengurangi turbulensi juga tekanan balik. 

Suspensi

Suspensi menjadi salah satu bagian yang tak kalah penting untuk dimodifikasi. Dengan memodifikasi suspensinya, akan membuat mobil pick up Sahabat menjadi lebih handal di medan yang sulit. Mobil pick up Sahabat juga akan tampak lebih gagah dengan velg dan ban yang lebih besar jika melakukan modifikasi suspensi.

Modifikasi ECU

Engine Control Unit atau ECU memang didesain khusus untuk mobil pick up dan Sahabat bisa melakukan modifikasi pada bagian tersebut. ECU merupakan sistem yang mengontrol mesin rig dan sudah diprogram dari pengaturan pabrikan dengan menyesuaikan aktivitas harian dalam penggunaan mobil. Manfaat memodifikasi ECU akan memungkinkan mobil pick up Sahabat mengeluarkan potensi penuh dari mesin. 

Velg dan Ban

Modifikasi yang paling umum dan sering dilakukan oleh para pengguna mobil adalah memodifikasi pada bagian velg dan ban. Perubahan pada velg yang lebih keren akan langsung memberi kesan bagi siapapun yang melihatnya. Sahabat bisa pilih satu set velg krom warna hitam atau warna sesuai keinginan Sahabat dan tambahkan sentuhan gaya yang paling cocok untuk mobil pick up Sahabat. Selain mengganti velg, Kamu juga perlu mengganti ban dengan yang baru. 

Sistem Rem

Rem harus di upgrade terutama bagi Sahabat yang sering melakukan perjalanan pada medan yang berbatu atan medan kasar dengan kecepatan tinggi. Rem dari bawaan pabrik memang sudah didesain efisien dan aman namun akan lebih baik jika Sahabat memodifikasinya untuk kenyamanan Kamu dalam berkendara. Memodifikasi cakram rem, caliper, rotor pada sistem rem akan menambah lebih banyak daya kekuatan rem bekerja maksimal dan lebih baik dari sebelumnya.

Lampu Superior

Jika Sahabat sering melakukan perjalanan malam, maka sebaiknya Sahabat perlu memodifikasi bagian lampu mobil pick up Sahabat. Sahabat bisa mengganti lampu depan dan belakang dengan LED yang lebih kuat dan terang untuk memaksimalkan jarak pandang mobil Sahabat pada malam hari. Penggunaan LED akan memberikan cahaya lebih terang dan tajam di segala arah dan menarik lebih sedikit ampere dari lampu standar.

Stickering

Bagian luar (eksterior) akan jelas terlihat lebih menarik jika Sahabat memodifikasinya dengan melakukan stickering. Sahabat bisa menggunakan stickering tanpa mengubah warna cat asli mobil pick up Sahabat. Ada banyak bengkel yang menyediakan berbagai macam variasi model sticker serta melayani jasa untuk memodifikasinya.

Sahabat bisa pilih model sticker yang paling cocok dan sesuai dengan keinginan Sahabat. Penggunaan stickering sudah sangat populer di kalangan para pecinta modifikasi otomotif khususnya mobil. Selain cara pemasangannya yang mudah, biayanya pun cukup terjangkau tanpa harus menguras kantong Sahabat lebih banyak. Pemilihan sticker yang menarik tentunya akan menjadi daya tarik mobil pick up Sahabat.

Modifikasi Lainnya

Beberapa bagian yang tentu bisa Sahabat lakukan modifikasi antara lain: step bar, pelindung gril, pelapis tempat tidur, flap/karet lumpur, kompresor udara portable, Derek, liners/karpet lantai variasi dan cat khusus.

Nah, itu dia ide untuk melakukan modifikasi pick up yang bisa Sahabat terapkan agar tampilan pick up Sahabat lebih keren. Dengan pick up modifikasi untuk jualan pastinya akan menjadi daya tarik bagi siapa pun yang melihat mobil Sahabat, bukan?

Baca juga : Cara Tepat Untuk Modifikasi Mobil Ceper


Tag

Modifikasi

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tips Mudah Modifikasi Tampilan Mobil Kamu

2020-11-01

Sahabat ingin punya mobil yang tampil beda? Lakukanlah modifikasi. Jangan takut soal biaya. Percayalah, modifikasi itu tidak selalu mahal. Semua bisa diatur sesuai kebut

thumbnail

Modifikasi Interior Mobil Pick Up Untuk Pemula

2020-11-01

Memodifikasi mobil kesayangan kadang tidak cukup hanya pada bagian eksteriornya saja tapi juga bagian interior. Bahkan terkadang bagian interior mobil dimodifikasi total

thumbnail

Tips Modifikasi Mobil Ayla Agar Tampak Lebih Menawan

2020-11-01

Modifikasi mobil Ayla? Yang pasti cocok untuk Sahabat yang stylish! Tampilan eksterior sebuah mobil adalah hal terpenting untuk bisa memikat siapapun yang melihatnya. Pa

thumbnail

Ide Pick Up Modifikasi Agar Tampak Lebih Keren

2020-11-01

Pick Up Modifikasi mungkin sesuatu yang jarang dilakukan karena memang mobil pick up didesain sebagai mobil yang digunakan untuk berniaga atau mengangkut banyak barang.