Logo Daihatsu
Menu

Indikator Airbag Menyala? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Otomotif

2023-10-10

Indikator Airbag Menyala? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Indikator airbag menyala bisa terjadi sewaktu-waktu, dan tidak sedikit pengemudi yang panik atas kejadian tersebut. Seperti diketahui, lampu indikator menyala biasanya menjadi penanda bahwa suatu komponen mengalami masalah. Selain itu, masalah tersebut juga bisa terjadi ketika komponen tertentu belum terpasang dengan baik, contohnya lupa pasang seat belt. 

Menyalanya indikator airbag, tidak serta merta akan membuat airbag mengembang apabila mobil tidak mengalami kecelakaan atau benturan. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Bagaimana cara menanganinya yang tepat? Yuk, ketahui jawaban dari semua pertanyaan tersebut, dengan memperhatikan penjelasan berikut ini.

Penyebab Indikator Airbag Menyala

Indikator airbag mobil tiba-tiba menyala bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab seperti berikut.

1. Sistem keamanan mobil bermasalah

Pada umumnya, indikator airbag akan menyala jika mobil mengalami benturan yang hebat. Namun, bila indikator airbag secara tiba-tiba menyala tanpa adanya benturan, maka bisa jadi sistem keamanan mobil sedang bermasalah. Di zaman modern seperti sekarang, sistem keamanan mobil sudah dilengkapi dengan beragam komponen kelistrikan. Dan setiap komponen kelistrikan tersebut memiliki kode yang beragam. Apabila kode tersebut tidak sesuai, maka bisa memicu indikator airbag tiba-tiba menyala.

2. Saklar seatbelt bermasalah

Saklar seatbelt yang bermasalah, juga menjadi pemicu indikator airbag tiba-tiba menyala. Seperti Anda ketahui, saklar seatbelt berfungsi sebagai pendeteksi apakah sabuk pengamanan sudah terpasang atau belum. Jika saklar tersebut bermasalah, maka sistem keamanan mobil membaca bahwa sabuk pengaman belum terpasang meskipun sudah terpasang. Kondisi inilah yang menyebabkan, indikator pada airbag juga menyala.

3. Clock spring bermasalah

Clock spring merupakan komponen yang tersemat di area roda kemudi bagian belakang. Komponen ini berfungsi sebagai penghubung driver module pada roda kemudi dengan unit pengontrolan airbag. Adanya masalah pada komponen ini, akan memicu indikator airbag tiba-tiba menyala. Kondisi ini biasanya terjadi karena pada saat pembongkaran clock spring, ada kabel clock spring yang tidak terpasang dengan semestinya. 

4. Kurangnya perawatan mobil

Indikator airbag yang tiba-tiba menyala, juga bisa disebabkan karena mobil kurang mendapatkan perawatan atau servis. Mobil yang sudah lama tidak di servis tentunya mudah mengalami kerusakan atau keausan. Hal tersebut terjadi karena banyaknya tumpukan kotoran pada komponen-komponen mobil, atau kinerja komponen sudah melewati batas keausannya. 

Baca Juga : Apa itu Airbag Mobil? Begini Cara Kerja & Fungsinya

Cara Mengatasi Indikator Airbag Mobil Menyala

Ketika indikator airbag mobil Anda tiba-tiba menyala, Anda tidak perlu bingung. Anda cukup menerapkan beberapa cara berikut.

1. Mengecek kondisi aki mobil

Kinerja indikator airbag mobil sangat erat kaitannya dengan kondisi aki mobil. Apabila koneksi baterai sudah mengalami korosi atau longgar maka sudah pasti indikator airbag akan menyala. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek kondisi aki dengan memeriksa kabel aki yang terhubung dengan baterai. Apabila terdapat korosi, Anda perlu membersihkannya dengan sikat kawat dan cairan anti korosi agar sirkulasi aliran listrik lancar.

2. Mengecek kondisi saklar seatbelt dan clock spring

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saklar seatbelt dan clock spring yang bermasalah dapat memicu menyalanya indikator airbag. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek kedua komponen ini dengan rutin. Ganti segera, apabila komponen ini mengalami kerusakan. 

3. Reset ulang lampu indikator pada dasbor

Indikator airbag mobil tiba-tiba menyala, kerap kali disebabkan oleh kesalahan kode pada sistem keamanan mobil. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan reset ulang lampu indikator pada dasbor. 

4. Servis secara rutin

Apabila cara-cara di atas, masih belum membuahkan hasil, Anda perlu servis mobil ke bengkel Daihatsu. Sebaiknya Anda servis mobil secara rutin dan berkala minimal enam bulan sekali. Dengan begitu, masalah seperti lampu indikator SRS (airbag) menyala dan masalah mobil lainnya bisa dicegah. Sebab mekanik bengkel akan melakukan penggantian komponen apabila ada yang rusak. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Setting Remote Alarm Mobil Mode Silent & Unsilent

2022-08-03

Ketika mengaktifkan serta menonaktifkan alarm, dari berbagai merek mobil, Anda pasti akan mendengar bunyi bib-bib yang berasal dari klakson serta dibarengi dengan kedipan lampu sein serta

thumbnail

Performa Aki Mobil Drop? Ini Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

2022-01-20

Agar kendaraan dapat berjalan dan bekerja optimal, maka dibutuhkan aki. Komponen tersebut berfungsi sebagai suplai utama untuk kelistrikan mobil, seperti lampu dan bagia

thumbnail

Plat DD Daerah Mana? Yuk, Temukan Jawabannya di Sini!

2024-01-31

Mengetahui dari mana asal plat DD dapat menambah pengetahuan Anda mengenai kode plat nomor kendaraan di Indonesia. Selain itu, hal tersebut dapat berguna bagi Anda u

thumbnail

5 Kiat Cerdas untuk Hindari Montir Nakal

2021-05-06

Memiliki mobil pribadi sebagai kendaraan yang setiap hari menemani ke mana pun merupakan sebuah komitmen yang begitu penting. Hal ini dikarenakan memiliki mobil tidak ha