Logo Daihatsu
Menu

Info Pemutihan Pajak Kendaraan JATENG (Jawa Tengah) 2023

Otomotif

2023-04-17

Info Pemutihan Pajak Kendaraan JATENG (Jawa Tengah) 2023

Pemutihan pajak kendaraan JATENG (Jawa Tengah) terbaru 2023, menjadi kabar yang selalu dinantikan. Pasalnya di Jawa Tengah sendiri pemutihan pajak kendaraan tidak setiap tahun diselenggarakan. Lantas apakah tahun ini diselenggarakan apa tidak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk perhatikan ulasan berikut ini. 

Info Pemutihan Pajak Kendaraan Jawa Tengah (JATENG) Terbaru 2023

Pemutihan pajak kendaraan di Jawa Tengah tahun 2023, masih belum menemui titik terang apakah diselenggarakan atau tidak. Program Pemprov yang selalu dinanti oleh masyarakat Jawa Tengah ini tidak selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Sebab pada pandemi covid-19 sempat dihentikan, dan baru diselenggarakan lagi pada 7 September 2022 hingga 22 Desember 2022. 

Untuk mengetahui apakah program pemutihan ini diselenggarakan lagi atau tidak, Anda bisa mencari informasi di media sosial atau situs resmi Bapenda Jawa Tengah yaitu https://website.bapenda.jatengprov.go.id. 

Oleh karena itu, Anda tidak disarankan hanya berpangku tangan mengandalkan program pemutihan pajak kendaraan. Sebaiknya, Anda tidak menunggak pembayaran pajak kendaraan agar tidak terkena denda yang dapat menyusahkan Anda di kemudian hari.

Jauhnya jarak antara tempat tinggal Anda dengan Samsat, bukan menjadi alasan Anda lalai dalam membayar pajak kendaraan tepat waktu. Saat ini pihak kepolisian Satlantas Polri sudah membenahi sistem pembayaran pajak kendaraan di Indonesia. Saat ini Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan beserta cara pembayarannya secara online. Caranya cukup mudah sekali, Anda cukup mencontoh beberapa langkah berikut ini.

  • Buka browser hp Anda lalu kunjungi situs https://e-samsat.id
  • Kemudian, Anda isi data yang diminta oleh halaman situs tersebut. Mulai dari plat nomor kendaraan, nomor seri, nomor rangka hingga provinsi tempat Anda tinggal. 
  • Jika sudah Anda isi semua, Anda tinggal menekan tombol cek sekarang.
  • Tunggu sebentar hingga halaman situs menampilkan besaran pajak kendaraan yang perlu Anda bayarkan. Mulai dari pajak PKB, POK, DEN, SWDKLLJ, PNBP, dan lain sebagainya.
  • Kemudian lakukan pembayaran sesuai dengan besaran denda yang ditagih. Simpan bukti pembayaran tersebut sebagai alat bukti ketika Anda hendak mengambil STNK. 

Selain dengan mengunjungi situs tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan pajak dan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi SIGNAL, ataupun via SMS. 

Baca Juga : Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Jakarta 2023, Yuk Catat!

Cara Melakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Tengah terbaru 2023

Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mengikuti pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jateng (Jawa Tengah). Berikut cara selengkapnya.

1. Melengkapi persyaratan pemutihan pajak

Langkah pertama Anda wajib melengkapi persyaratan pemutihan pajak sebelum Anda mengikuti program ini. Berikut dokumen yang perlu Anda bawa;

  • KTP asli dan fotokopi. 
  • STNK asli beserta fotokopi.
  • BPKB asli beserta fotokopi.
  • Bukti telah melakukan uji fisik kendaraan (bukti bisa Anda dapatkan setelah Anda melakukan uji fisik kendaraan di Samsat, dengan syarat Anda wajib membawa kendaraan Anda langsung). 
  • Kuitansi kepemilikan kendaraan asli atau jual beli beserta fotokopinya.

Baca Juga : Info Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di Berbagai Daerah

2. Mengunjungi Samsat terdekat

Langkah kedua, Anda bawa seluruh dokumen persyaratan tersebut menuju Samsat. Serahkan semua persyaratan tersebut ke bagian loket pendaftaran. Selanjutnya, petugas akan memeriksa semua kelengkapan persyaratan Anda. 

Anda juga perlu melakukan cek fisik kendaraan. Jangan lupa minta bukti bahwa Anda sudah melakukan pengecekan fisik kendaraan ke petugas. Bukti ini merupakan syarat wajib ketika Anda hendak melakukan pengesahan kepemilikan kendaraan. 

Setelah petugas mengesahkan, Anda wajib melakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang ditagih. Tunggu beberapa saat, hingga petugas memanggil nama Anda dan memberikan STNK ke Anda.

Demikian cara mengikuti pemutihan pajak kendaraan Jawa Tengah (JATENG) terbaru tahun 2023. Cukup mudah, bukan? Yuk, bayar pajak tepat waktu, agar Anda terbebas dari denda. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Minyak Atsiri untuk BBM, Bisa Menghemat Penggunaan Hingga 50%

2021-01-20

Minyak atsiri adalah salah satu minyak nabati yang belakangan ini banyak diperbincangkan. Hal tersebut dikarenakan salah satu fungsi minyak atsiri untuk BBM adalah mengh

thumbnail

Cara Menawar Mobil Bekas biar Dapat Harga Termurah

2020-11-19

Membeli mobil bekas bisa jadi alternatif kalau Sahabat mau punya mobil tapi budgetnya terbatas. Selain karena harganya yang relatif lebih murah, performa mobil bekas juga tak kalah bagus asalkan mo

thumbnail

Tips Ampuh Membuka Baut Berkarat

2022-05-13

Baut pada kendaraan lama kelamaan akan berkarat, biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Jika baut sudah berkarat, maka akan sulit dibuka. Simak hingga akhir arti

thumbnail

Apa itu Jenis Mobil LCGC? Simak Rekomendasi Terbaik dari Daihatsu

2023-10-06

Jenis mobil LCGC memang digandrungi oleh masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir. Bahkan, mobil jenis ini sudah menjadi program dari pemerintah RI. Meski begitu