Logo Daihatsu
Menu

Ini Dia 5 Kota Besar yang Bisa Menjadi Tujuan Backpacker di Indonesia

Travel

2020-11-20

tujuan backpacker indonesia

Menjadi backpacker berarti harus menyiapkan daya tahan fisik dan mental. Hal tersebut dikarenakan ketika menjadi backpacker berarti harus kuat berjalan kaki untuk menyusuri beberapa sudut di suatu destinasi wisata, berdesakan untuk naik kendaraan umum lokal, hingga jangan canggung untuk berinteraksi dengan warga lokal supaya lebih mengenal daerah yang dikunjungi.

Beberapa persiapan matang selain kesehatan fisik adalah rencana perjalanan. Akan ke kota mana? Destinasinya ke mana saja? Untuk berapa hari? Jangan lupa, rencana perjalanan tersebut harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki ya.

Nah, kalau baru kali ini ingin menjadi seorang backpacker, tetapi bingung akan ke kota mana di Indonesia, jawabannya sebenarnya banyak. Namun, sebagai percobaan, coba sambangi salah satu dari lima kota berikut ini. Kota-kota yang termasuk metropolitan, tetapi harga makanan hingga tempat menginapnya masih tidak membuat kantong kering.

Malang

Goa Pinus, Rumah Hobbit, hingga Taman Labirin sering menjadi destinasi wajib untuk setiap wisatawan yang berkunjung ke Malang. Kota Apel Hijau ini juga menjadi destinasi favorit juga untuk para backpacker karena memang destinasi wisata dan kulinernya yang ramah di kantong. Selain wisata alam, Malang juga kaya akan destinasi wisata sejarahnya loh sehingga selain kenangan jalan-jalan, backpacker-an ke Malang juga menambang ilmu pengetahuan.

Bali

Siapa yang tidak kenal Bali? Ketika di sekolah atau kuliah dulu, Bali selalu menjadi favorit untuk dikunjungi secara rombongan dengan anak satu kelas atau satu angkatan bukan? Sekarang, saatnya untuk mencoba menyambangi Bali secara mandiri dengan menjadi backpacker!

Agak menguras kantong memang jika mengingat Bali yang letaknya di pulau tersendiri sehingga harus menggunakan transportasi praktis semacam pesawat supaya cepat sampai. Namun, jika Sahabat mau rajin mencari promo, tiket kereta api untuk menuju Bali bisa didapat dengan harga sangat terjangkau loh. Harga biasa, jika Sahabat berasa dari daerah Jawa Tengah hingga Yogyakarta, tiket kereta api bisa didapat mulai harga Rp100.000 menuju stasiun Banyuwangi. Untuk menyeberang ke Pulau Bali, cukup membayar Rp7.500 untuk naik kapal feri. Harga makanan di Bali termasuk murah jika tahu mana saja warung makan sederhana dengan porsi banyak. Di Bali banyak homestay atau hostel dengan harga mulai Rp70.000 per malam juga loh. Ramah untuk backpacker pokoknya!

Semarang

Siapa yang tidak kenal Sampokong? Destinasi wisata di Semarang yang terkenal dengan warna merahnya. Tidak hanya itu, jika malam Sahabat juga bisa berjalan-jalan di sekitar Simpang Lima untuk sekadar menikmati suasana Semarang di kala malam atau berwisata kuliner.

Jangan ditanya lagi, Semarang tentu saja ramah dengan kantong para backpacker. Penginapan di Semarang termasuk sangat murah apalagi kulinernya.

Yogyakarta

Aduh, kota yang paling terkenal dengan kenangannya ya apalagi kalau bukan Yogyakarta! Mulai dari sudut-sudut Jalan Sagan tempat tinggal WS Rendra sang penyair romantis dan pemberani hingga titik nol KM yang selalu penuh, tetapi menimbulkan suasana tenang.

Yogyakarta cocok untuk backpacker? Tentu saja! Salah satu kota metropolitan di Indonesia ini terkenal dengan segala harga murahnya, mulai dari kuliner angkringannya hingga oleh-oleh di sepanjang Jalan Malioboro. Jadi, Sahabat jangan ragu untuk berwisata sebagai backpacker ke Yogyakarta meskipun itu baru pertama kali. Arahkan tiket kereta ke Stasiun Lempuyangan atau Stasiun Tugu Yogyakarta ya!

Solo

Salah satu kota besar di Indonesia yang ramah sekali dengan kantong backpacker, tetapi memiliki banyak destinasi wisata bagus dan wisata kuliner enak adalah Solo! Dari Yogyakarta, Solo bisa ditempuh selama satu setengah jam menggunakan kereta Prameks hanya dengan membayar Rp8.000 loh. Memiliki destinasi wisata sejarah mirip dengan Yogyakarta, Sahabat bisa mengenal berbagai petilasan atau keraton di Solo.

Itulah kelima kota besar di Indonesia yang bisa dikunjungi oleh backpacker. Dengan perencanaan perjalanan yang matang dan mengetahui tips backpacker, Sahabat tidak perlu menghabiskan biaya mahal untuk berlibur ke kota-kota tersebut. Jadi, bagaimana? Sahabat tertarik untuk backpacker-an ke salah satu kota tersebut?

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Tidak Mudah Lelah saat Bersepeda Jarak Jauh bagi Pemula

2020-12-15

Bersepeda jarak jauh adalah kegiatan yang tidak biasa dilakukan oleh semua orang, terlebih yang jarang berolahraga, padahal kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Mudah l

thumbnail

5 Tips Jitu Berkemah saat Musim Hujan

2020-11-22

Bagi pecinta alam, berkemah merupakan hal menyenangkan. Bermalam di alam terbuka, menyalakan api unggun, mengobrol semalaman bersama teman atau keluarga adalah tiga dari sekian kegiatan yang dilaku

thumbnail

Sebelum Traveling, Ini 10 Tips yang Wajib Kamu Perhatikan

2020-10-28

Sahabat Daihatsu punya rencana traveling dalam waktu dekat?Traveling memang bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan pikiran seje

thumbnail

Fasilitas Lengkap nan Canggih Terminal 3 Soekarno Hatta serta Deretan Maskapainya

2021-05-10

Terminal 3 Soekarno Hatta merupakan terminal bandara yang berlokasi di timur-utara Bandara Internasional Soekarno Hatta. Desainnya yang modern, berbeda dengan 2 terminal