Logo Daihatsu
Menu

Ini Tren Aksesoris Mobil 2024, Sudah Punya yang Mana?

Otomotif

2024-02-15

aksesoris mobil

Aksesoris mobil merupakan perangkat tambahan yang bisa memberi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Aksesoris mobil ini biasanya berupa perlengkapan interior hingga eksterior. 

Seiring dengan perkembangan industri otomotif, tren aksesoris mobil pun turut mengalami perubahan serta menyesuaikan dengan perkembangan mobil keluaran terbaru. Di tahun ini, aksesoris mobil apa saja yang lagi tren? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Phone holder 

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula inovasi yang hadir. Phone holder misalnya, aksesoris mobil satu ini wajib dimiliki Sahabat karena fungsinya bisa sangat membantu agar lebih fokus dalam berkendara. 

Phone holder pun tersedia dalam berbagai bentuk dan model. Ada yang ditempel hingga menggunakan magnet. Phone holder biasa dipasang di dashboard untuk meletakkan smartphone. 

2. Layar monitor 

Aksesoris mobil satu ini biasa diletakkan pada bagian belakang head rest jok depan. Fungsinya yaitu menambah fitur hiburan yang ada di dalam mobil. 

Kehadiran monitor dapat membuat penumpang betah selama perjalanan. Khususnya bagi anak-anak, mereka bisa lebih tenang menyaksikan film atau acara favoritnya. Tipe mobil keluarga atau taksi online paling cocok untuk memasang monitor ini. 

Sebaiknya, hindari meletakkan monitor di bagian tengah kursi depan, karena tak jarang bukannya jadi alat hiburan, malah justru mengalihkan fokus si pengemudi. Kondisi ini tentu berisiko tinggi menimbulkan kecelakaan. 

3. Air purifier

Kualitas udara di dalam kabin mobil dapat menentukan kenyamanan sekaligus menjaga kesehatan penumpang. Terlebih jika mengendarai mobil jarak jauh. Saat ini air purifier menjadi aksesories yang cukup ngetren bagi para pencinta otomotif. 

Bentuk dan modelnya juga cukup banyak tersedia di pasaran. Ada yang perlu dicolok ke soket listrik, ada pula yang dipasang pada bagian AC mobil. Bahkan beberapa jenis mobil juga sudah menyematkan air purfifier sebagai fitur bawaan pabrik.

4. Digital sound processor 

Seiring dengan kecanggihan gadget serta sistem audio pada mobil terkini membuat pengendara mengandalkan aksesoris mobil untuk optimalisasi audio. Tren-nya mengacu pada gadget synchronize. 

Artinya, pemasangan digital sound processor yang sudah built-in dengan bluetooth semakin diminati. Pemilik mobil bisa meningkatkan kualitas audio secara signifikan tanpa harus ganti speaker bawaan mobil. 

5. Velg flow forming 

Jenis velg satu ini tengah diminati dan sudah banyak brand yang memproduksi velg flow forming untuk dijual di Indonesia. Flow forming adalah jenis velg pengembangan dari velg casting atau cetak. 

Namanya diambil dari proses pembuatan, yang mana velg ini diproduksi melalui beberapa tahap. Mulai dari proses cetak, di-press dengan roller, hingga ditarik dengan mesin dan jadi sebuah velg. 

Velg flow forming dikenal memiliki kepadatan material yang lebih baik namun harganya cukup terjangkau. Keunggulannya diklaim bisa membuat balancing mobil jadi lebih sempurna. Velgnya juga lebih kuat, bulat dan ringan. 

6. Lampu LED 

Penambahan aksesoris mobil berupa lampu LED juga semakin marak. Penggunaan lampu LED ini dikhususkan untuk foglamp atau headlamp. Lampu LED juga memiliki beberapa keunggulan ketimbang HID atau halogen. 

Lampu LED memiliki pencahayaan yang lebih terang dan memiliki sistem pendingin membuatnya tak cepat panas sehingga usia pakainya lebih panjang. 

Itulah beberapa daftar aksesoris mobil yang lagi ngetren tahun ini. Namun sebelum membelinya, lebih baik pikirkan kembali matang-matang. Pertimbangkan fungsi, kebutuhan dan juga budget yang ada. Jangan sampai uang yang dibelanjakan untuk beli aksesoris mobil malah terbuang sia-sia alias Sahabat nggak butuh-butuh banget.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mobil Parkir Liar? Ini Cara Lapor dan Konsekuensi Pemiliknya

2023-09-29

Mobil parkir liar di wilayah pemukiman padat penduduk seolah-olah menjadi polemik yang tiada hentinya. Bahkan permasalahan tersebut, kerap kali memicu tindakan keker

thumbnail

Tips Hemat Memperbaiki Transmisi CVT Mobil

2022-05-20

Siapa sih yang tidak nyaman dengan kendaraan bertransmisi CVT? Ya, transmisi yang tidak menggunakan girboks ini memang lebih ringan dan banyak digemari oleh pengendara,

thumbnail

5 Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi dan Cara Memperbaikinya

2023-05-09

Klakson mobil tidak bunyi kerap kali terjadi begitu saja sehingga membuat para pengemudi bingung dan panik. Pasalnya komponen yang satu ini memiliki peranan vital ya