Logo Daihatsu
Menu

Inilah 5 Tanda Busi Mobil Harus Diganti, Yuk Pahami!

Otomotif

2022-11-10

Inilah Tanda Busi Mobil Harus Diganti, Yuk Pahami!

Busi mobil menjadi salah satu komponen penting yang dimiliki mesin. Bila pada tubuh manusia, busi mobil bisa dikatakan sebagai jantungnya. Bila jantung rusak, manusia akan mati. Begitu juga dengan busi, karena fungsi busi ini menjadi pemicu mesin mobil menyala. Dengan pentingnya komponen ini, pastikan Anda mengetahui tanda busi mobil harus diganti. 

Busi pada dasarnya memiliki masa pakai atau life time, sehingga kemampuan yang dimilikinya bisa menurun seiring dengan penggunaan. Namun, Anda tidak harus menunggu busi sampai rusak parah untuk melakukan penggantian. Kenali berbagai tanda apakah busi mobil Anda harus segera diganti. 

5 Tanda Busi Mobil Harus Diganti

Bagaimana ciri ciri busi sudah waktunya untuk diganti? Berikut tanda-tanda jika busi mobil harus segera diganti, antara lain:

1. Mobil Bergetar Saat Idle

Sebenarnya, getaran mobil menjadi hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena mesin mobil yang bekerja dapat menimbulkan getaran. Tetapi, jika Anda merasakan getaran mobil ini terjadi ketika idle, ini menjadi tanda busi harus segera diganti. 

Saat mobil berada dalam posisi idle, umumnya putaran mesin lebih halus sehingga tidak menghasilkan getaran. Sehingga, bila Anda merasa getaran ketika mobil idle, dapat dipastikan putaran mesin terhambat. Ciri lain yang dapat dirasakan adalah pedal gas yang terasa berat. 

Hal ini disebabkan karena busi yang sudah rusak bisa membuat putaran menjadi terhambat. Bila tanda ini sudah dirasakan, sesegera mungkin segera lakukan penggantian busi mobil. 

2. Sulit Melakukan Starter Mobil

Apakah Anda juga sering mengalami kesulitan ketika akan menyalakan mobil? besar kemungkinan hal tersebut merupakan gejala busi mobil rusak.

Busi menjadi salah satu komponen yang berada di sistem starter mobil serta memiliki peran penting yakni memberi percikan api sebagai pemicu mesin yang menyala. 

3. Warna Busi Gelap

Tanda busi mobil harus diganti yang lainnya adalah warna busi menjadi gelap. Busi baru umumnya memiliki warna putih dengan tampilan logam di bagian kepala. Ketika digunakan, busi akan berubah menjadi gelap karena terkena jelaga residu bahan bakar mobil. 

Bila dibiarkan begitu saja, residu pembakaran akan menebal dan menghalangi elektroda serta ujung insulator mobil. tentu saja dampaknya, busi tidak dapat bekerja dengan optimal, selain itu tumpukan residu akan membuat busi tidak bisa menghasilkan api untuk membantu proses pembakaran. 

Saat hal ini terjadi, umumnya asap yang dikeluarkan oleh mobil juga akan berubah menjadi hitam. Oleh sebab itu pastikan segera melakukan penggantian busi saat hal ini terjadi. 

Baca Juga : Busi Iridium Mobil vs Busi Biasa, Ini Perbedaanya!

4. Mobil Kurang Bertenaga

Salah satu tanda busi harus segera diganti yang paling umum adalah menurunnya performa mobi. Busi yang mengalami kerusakan dapat mengganggu performa mobil. umumnya, mobil akan kurang bertenaga jika busi harus diganti. 

Mobil menjadi terasa lemah dan tersendat-sendat. Hal ini disebabkan karena busi tidak bisa menghasilkan percikan api dengan optimal.

Akhirnya proses pembakaran bahan bakar kurang berjalan dengan baik. Mesin mobil juga terasa lemah walaupun masih dapat dijalankan. 

Baca Juga : Ciri-Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah & Cara Mengatasinya

5. Muncul Bunyi Aneh pada Kendaraan

Selain melihat performa, suara yang dihasilkan mobil juga bisa menjadi tanda busi harus segera diganti.

Sebenarnya, suara yang muncul pada mesin mobil adalah hal yang normal, tetapi jika beberapa kali Anda mendengar bunyi seperti “brebet”, utamanya ketika mesin berakselerasi, ini menjadi tanda busi harus segera diganti. 

Dengan mengenali sejumlah tanda di atas, Anda dapat mencegah kerusakan yang lebih lebar lagi. Jika sulit mengenali tanda busi mobil harus diganti, Anda bisa segera membawa mobil ke bengkel resmi Daihatsu. Di sini, sejumlah komponen mobil akan di cek oleh teknisi berpengalaman. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Gampang Banget! Begini Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remote

2020-12-03

Keberadaan fungsi remote tak cuma sekedar membuka dan mengunci pintu mobil. Tapi ada yang disematkan fitur

thumbnail

5 Cara Membersihkan Radiator Mobil agar Senantiasa Awet Tahan Lama

2021-08-01

Pada sebuah mobil, radiator berperan penting sebagai unit penstabil suhu di dalamnya. Inilah mengapa bagian yang satu ini harus senantiasa dirawat dan dibersihkan. Cara

thumbnail

Bahaya Kerikil Menyelip di Telapak Ban Mobil dan Cara Menanganinya

2022-06-24

Mobil menjadi kendaraan yang Anda pilih untuk mobilitas kegiatan sehari - hari? Sudahkah Anda menjaga kondisinya agar selalu dalam keadaan baik dengan performa yang maks

thumbnail

Cara Daftar SIM Online dan Buat Baru Serta Biayanya 2022

2022-09-09

Saat ini, pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) bisa dilakukan secara online. Hal itu tentu kabar baik bagi Sahabat yang mau buat SIM, tapi nggak mau ribet. Pada artikel ini, kami akan memberikan ul