Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah & Cara Mengatasinya

Otomotif

2022-09-23

Ciri-Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah & Cara Mengatasinya

Apakah kabel busi mobil Sahabat sering bermasalah? Nah, kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai ciri-ciri kabel busi mobil yang bermasalah dan cara mengatasinya. Simak sampai tuntas, ya!

Memiliki mobil dengan performa mesin yang optimal merupakan impian setiap pengemudi. Agar performa mobil selalu dalam kondisi prima, Anda harus selalu memperhatikan kondisi komponen sistem pengapian mobil seperti busi dan kabel busi. 

Fungsi busi pada mobil bisa dibilang penting, namun komponen ini tidak bisa bekerja dengan baik apabila kabel busi bermasalah. Kabel busi memiliki peranan penting untuk menghantarkan aliran listrik dari koil (yang didapatkan dari hasil pembakaran mesin) ke bagian busi mobil. Percikan api pun yang dihasilkan busi dalam ruangan bakar mesin sempurna. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kabel busi mobil bermasalah beserta cara mengatasinya. Selengkapnya, akan diulas seperti berikut.

Baca Juga : Efek Buruk Busi Mobil Jarang Dibuka

Ciri-Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah

Bagaimana ciri ciri kondisi busi harus diganti? ada beberapa ciri-ciri masalah yang ada pada kabel busi. Masalah yang sering terjadi pada kabel busi adalah kebocoran kabel yang diakibatkan oleh buruknya kualitas material, ukuran diameter kurang pas, pemasangan yang kurang pas, hingga jarang melakukan perawatan mobil.

Berikut ciri ciri kabel busi mobil yang bermasalah :

  1. Ketika menghidupkan mobil, mesin mobil sulit untuk menyala.
  2. Suhu pada area kabel busi menjadi lebih panas.
  3. Keluar percikan api di dalam mesin mobil secara berulang-ulang (dengan interval yang sering).

Cara Mengatasi Kabel Busi Mobil Bermasalah 

Setelah mengetahui beberapa gejala busi mobil yang rusak, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kabel busi mobil yang bermasalah, antara lain :

1. Memeriksa Bagian Dalam Kabin

Langkah pertama Anda bisa memeriksa bagian kabin untuk mengecek apakah mobil mengalami storing (suara dengungan tinggi yang disebabkan oleh speaker kabin yang rusak). Sebelum melakukan penggantian kabel busi yang baru. 

2.Ukur Kabel dengan Menggunakan Multitester

Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada kabel busi, Anda perlu mengetahui angka ketahanan kabel.

Komponen yang rusak biasanya ditandai dengan nilai angka tertinggi pada saat pengujian ukuran. Berikut langkah-langkah mengukur ohm meter (resistance) kabel busi menggunakan multitester.

  • Lepas bagian kabel nomor satu 
  • Letakkan kutub (probe) positif dan negatif pada setiap masing-masing ujung kabel
  • Catat nilai ketahanan kabel yang sudah Anda ukur (Standar nilai tahanan kabel busi biasanya mencapai 8 Kilo (ohm) per meter setiap kabel busi dengan ukuran panjang 50 cm).
  • Jika nilai ketahanan kurang dari nilai standar (untuk kabel dengan panjang 50 cm), maka lakukan pengujian ke kabel berikutnya.

Segera ganti kabel busi dengan kabel yang baru, apabila terjadi kebocoran kabel setelah melakukan proses uji ukur ketahanan kabel.

3. Tutup Kebocoran dengan Isolator

Ketika Anda mengetahui adanya kebocoran kabel busi, Anda bisa menggunakan isolasi atau isolator anti panas sebagai perekat untuk menutup kebocoran yang ada. Anda bisa mengetahui kebocoran kabel busi dengan mudah dengan membuka kap mesin dan melihat hasil perbandingan oksigen serta gas karbon (emisi mesin). 

Baca Juga : Busi Iridium Mobil vs Busi Biasa, Ini Perbedaanya!

Efek Kabel Busi Bermasalah dan Sering Bocor

Apa yang terjadi jika kabel busi rusak? Ketika Anda tidak segera mengatasi masalah kerusakan pada kabel busi mobil, maka Anda akan merasakan efek kabel busi mobil bocor seperti berikut: 

  1. Keramik busi retak.
  2. Menyebabkan arus pendek sehingga aliran listrik tidak bisa sampai ke busi.
  3. Kinerja mesin menjadi kurang optimal karena idling terganggu.

Melihat beberapa dampak buruk di atas, tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada Anda. Pastikan Anda selalu rutin melakukan pengecekan kondisi kabel busi mobil Anda. Ganti segera bila terjadi kerusakan. Ganti dengan produk orisinil. Anda bisa membelinya di dealer Daihatsu terdekat atau toko sparepart mobil ternama. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini Penyebab Tapak Ban Cepat Botak Sebelah

2022-09-23

Untuk menunjang rasa nyaman dalam berkendara, tentu saja Anda harus menjaga kondisi mobil Anda apalagi jika untuk perjalanan jauh. Akan tetapi sebagian mobil biasa menga

thumbnail

Bahaya Isi Ulang Air Aki Mobil Pakai Air Zuur

2022-09-23

Tahukah Anda bahwa ternyata sangat bahaya isi ulang aki pakai air zuur, mengapa? Karena air zuur mengandung asam sulfat. Kandungan asam sulfat  ini bisa berbahaya,

thumbnail

Hai Girls, Cek 5 Hal Ini Saat Mobil Mogok!

2022-09-23

Mau berangkat kuliah, lho kok mobilnya nggak bisa dinyalakan? Mobil mogok pasti bikin repot wanita dibandingkan para pria. Alhasil, cuma bisa menelepon bengkel atau tema

thumbnail

Berapakah Batas Toleransi Telat Ganti Oli Mobil? Ini Jawabannya!

2022-09-23

Batas toleransi telat ganti oli mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui, sebelum hendak mengganti oli. Mengetahui batasan tersebut bakal membuat Sahabat terhindar da