Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Inilah Cara Cuci Jok Mobil yang Benar
30 Juni 2021
mencuci jok mobil

Kebersihan mobil adalah hal utama yang tidak bisa disepelekan, apalagi jika mobil digunakan setiap hari. Mobil yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Salah satu komponen mobil yang harus dijaga kebersihannya adalah bagian jok. Jok mobil adalah tempat duduk bantalan yang ada di dalam mobil, fungsinya menopang tubuh dan peredam guncangan. Jok mobil sangat mudah terkena kotoran, baik debu, air yang tumpah, bahkan kotoran-kotoran lain yang sulit dijangkau mata.

Jok mobil yang tampilannya kotor dan dirasa sudah tidak nyaman, perlu dibersihkan. Namun, kebanyakan orang tidak tahu cara membersihkan jok mobil. Banyak dari pemilik bingung, apa yang harus dilakukan. Apakah harus dicuci atau sebenarnya dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner saja sudah cukup. Jika harus dicuci, bagaimana cara cuci jok mobil yang benar?. Sebagai pemilik mobil, Anda perlu tahu cara cuci jok mobil yang benar, agar tidak merusak jok.  

Ada beragam jenis jok mobil, tergantung bahan yang digunakan. Bahan kain, kulit, atau bahan tenun, memiliki cara cuci yang berbeda. Anda harus ketahui terlebih dahulu jenis jok mobil yang Anda miliki, agar bisa melakukan pencucian yang sesuai. Cara cuci jok mobil harus dilakukan dengan aman, tidak bisa asal-asalan. Setiap bahan memiliki sifat yang berbeda, sehingga perlakuanya akan berbeda.

Bagaimana caranya? Yuk ikuti cara cuci jok mobil berikut ini.

Cara Cuci Jok Mobil Bahan Kain

  1. Anda perlu menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Alat-alatnya adalah detergen cair, ember, handuk, spons, dan vacuum cleaner.
  2. Bersihkan kotoran yang ada pada jok mobil dengan menggunakan vacuum cleaner terlebih dahulu.
  3. Isi air ke dalam ember yang sudah disediakan (usahan air hangat).
  4. Tuangkan detergen cair ke dalam ember yang sudah diisi air hangat.
  5. Rendam spons ke dalam ember kemudian gosokan spons ke jok mobil secara perlahan.
  6. Setelah spons digosokkan ke jok, usap jok mobil menggunakan handuk agar air menyerap ke dalam handuk.

Cara Cuci Jok Mobil Bahan Kulit

Jok yang berbahan kulit memerlukan perawatan yang lebih dibanding bahan lain. Tapi tenang, walaupun perlu usaha ekstra, tetapi Anda tetap bisa membersihkannya dengan cara-cara ini. Alat yang diperlukan, vacuum cleaner, kain, deterjen khusus, dan kondisioner.

  1. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan jok.
  2. Gunakan kain lembut yang sudah diberikan deterjen khusus, gosokan pada jok.
  3. Bilas jok dengan air untuk menghilangkan sabun deterjen.
  4. Berikan kondisioner pada jok mobil.

Cara Cuci Jok Mobil Bahan Tenun

Alat yang diperlukan, air, sabun cuci piring, lap, ember, sikat halus, dan botol penyemprot.

  1. Campurkan air dan sabun cuci piring ke dalam ember.
  2. Masukkan campuran tersebut ke botol penyemprot.
  3. Semprotkan cairan ke jok mobil dengan jarak sekitar 15-20 cm dari letak jok mobil.
  4. Gunakan sikat halus dan perlahan-lahan gosokkan.
  5. Lap bersih.

Mencuci jok mobil di bengkel memang bisa menjadi alternatif, tapi tidak ada salahnya mencuci sendiri. Cara cuci jok mobil sebenarnya tidak sulit, namun terkadang kita merasa tidak memiliki waktu untuk membersihkan. Bersihkan jok secara rutin agar jok mobil tetap bersih dan awet digunakan. Kuman dan kotoran yang menempel tidak akan menjadi sarang penyakit, jika dibersihkan dengan benar. Rawatlah kendaraan Anda, baik eksterior kendaraan dan juga interior kendaraan.

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor