Logo Daihatsu
Menu

Inilah Penyebab RPM Mobil Naik Turun Beserta Solusinya

Otomotif

2021-02-10

rpm mobil

Salah satu masalah yang umum terjadi pada mobil manual adalah RPM yang sering naik-turun. Naik-turunnya RPM mobil sendiri bisa berpengaruh pada kinerja mobil. Salah satunya bikin mobil sulit dikendalikan, terutama saat berada di kecepatan rendah. Ada beberapa penyebab dibalik naik-turunnya RPM mobil. Beberapa penyebab tersebut adalah:

Mass Air Flow yang Sulit Mendeteksi Massa Udara

Salah satu komponen mobil yang berpengaruh terhadap RPM mobil adalah mass air flow. Komponen ini berfungsi untuk mendeteksi berapa massa udara yang diterima sebuah mobil.

Ada kalanya komponen satu ini tidak berfungsi dengan semestinya. Jika itu yang terjadi, komponen ini tak bisa membaca massa udara yang masuk dengan baik. Hal itu akan mempengaruhi jumlah bensin yang masuk ke mobil, serta bikin RPM mobilnya naik-turun.

Idle Speed Control (ISC) Kotor

Kalau komponen satu ini fungsinya adalah untuk mengatur idle RPM. Caranya, dengan membuka dan menutup saluran idle, agar bisa mendapat suplai udara.

Sahabat bisa menemukan komponen ini pada mobil bersistem EFI. Jangan sampai komponen ini dibiarkan kotor begitu saja.

Sebab, hal itu membuat komponen ini tidak bisa mengatur idle RPM. Akibatnya, idle pun tak bisa mendapatkan pasokan udara yang layak, serta tentu saja bikin RPM mobil tidak stabil.

Throttle Body yang Kotor

Bagi Sahabat yang memiliki mobil bersistem TAC, komponen satu ini bisa Sahabat temukan. Kebersihan komponen ini sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, jika komponen ini kotor, maka RPM mobil akan naik turun, serta sistem TAC tidak bisa berjalan maksimal.

Solusi untuk Masalah RPM Mobil Naik Turun

Tadi kita sudah bahas apa saja yang menjadi penyebab RPM mobil naik turun. Kini, kita bahas apa saja yang menjadi solusi atas semua penyebab tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi semua penyebab tersebut. Cara-cara tersebut adalah:

Bersihkan Komponen Mobil yang Mempengaruhi RPM Mobil

Dari pembahasan sebelumnya, kita bisa simpulkan kalau naik turunnya RPM seringkali dipengaruhi kebersihan sejumlah komponen penting. Terutama, komponen yang bisa mempengaruhi RPM mobil. Semisal ISC dan Throttle Body.

Membersihkan komponen-komponen tersebut adalah solusinya. Untuk ISC, cobalah bersihkan bagian aktuator serta lubang idle. Caranya, Sahabat tinggal buka ISC dan bersihkan bagian-bagian tersebut. Khusus untuk lubang idle, cobalah bersihkan bagian tersebut dengan pembersih berbentuk spray.

Adapun untuk Throttle Body, Sahabat bisa membersihkan bagian katupnya yang menghitam. Sahabat bisa melakukannya sendiri bila mau. Namun, jika kesulitan, Sahabat bisa membawanya ke bengkel resmi terdekat.

Solusi ini juga berlaku untuk Mass Air Flow. Untuk komponen satu ini, Sahabat mesti membersihkan bagian sensornya dengan memakai carbon cleaner.

Lakukan Pemeriksaan Bagian Sensor Pada Mass Air Flow

Solusi satu ini hanya ditujukan pada Mass Air Flow saja. Jika komponen tersebut mengalami masalah, coba periksa terlebih dahulu bagian sensornya. Sahabat bisa langsung membersihkannya, bila sekiranya bagian sensor tersebut kotor. 

Namun, kalau sensornya mengalami kerusakan, Sahabat bisa men-scan bagian tersebut, lalu kemudian diperbaiki. Pastikan untuk mencabut salah satu kabel aki mobil saat melakukan cara ini. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Itulah beberapa penyebab RPM mobil naik turun beserta solusinya. Semoga bisa membantu Sahabat agar lebih mudah melakukan langkah antisipasi. Utamanya, saat RPM mobil mengalami naik turun. Dengan menjaga kestabilan RPM mobil, secara tak langsung Sahabat menjaga keselamatan mobil dan diri Sahabat sendiri.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman Ketika Hujan ala Daihatsu

2022-03-28

JAKARTA (26/1): Beberapa daerah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Dalam beraktivitas sehari-hari di musim hujan membutuhkan persiapan tersend

thumbnail

6 Rekomendasi Kunci Stir Mobil Anti Maling Paling Aman & Terbaik

2023-05-09

Setiap mobil yang diciptakan, tentu sudah dilengkapi dengan fitur keamanan. Namun, faktanya fitur tersebut masih bisa dicari kelemahannya oleh para pencuri sehingga

thumbnail

Penyebab Air Buangan AC Mobil Masuk Ke Dalam Kabin

2022-05-06

Air yang keluar dari Ac mobil biasanya dibuang melalui saluran pembuangan yang nantinya keluar melalui kolong mobil. Jangan heran jika terdapat bekas tetesan air yang ad

thumbnail

Begini Efek Membiarkan Tutup Radiator Rusak

2021-12-20

Radiator memiliki fungsi yang penting untuk menjaga agar suhu mesin tidak overheat. Sistem pada pendingin  radiator membutuhkan komponen yang cukup banyak Lalu bagaimana dengan efek tutup radi